REVIEW – Pengalaman Beli Sepatu Online di Web Nike Global

Percaya enggak kalau segala sesuatu di dunia ini nggak ada yang kebetulan? Kutipan yang aku dapet dari seorang penulis kenamaan Paulo Coelho. Hmm.. kata-katanya dalam dan buat siapa pun bisa jadi terbawa perasaan.

Ini nggak ada hubungannya sih sama perasaan, tapi kok seperti nyambung aja di kehidupan nyata. Kita sering mengafirmasi keinginan kepada semesta lalu entah bagaimana semesta mengirimkan apa yang jadi keinginan itu ke kehidupan kita. Serius nih nggak bohong, karena aku memang sudah lama banget kepingin beli Nike Cortez tapi di store offline mereka susah cari ukurannya, ada sih di online store macam Zalora tapi bahan yang aku cari ga ada.

Lama setelah keinginan itu diabaikan justru datang lewat sebuah email promosi diskon yang tumben-tumbenan aku kesempetan baca. Padahal sedang sibuk-sibuknya. Apakah itu kebetulan? Percaya nggak sih kalau itu juga bukan kebetulan?

Akhirnya berkat news letter Nike aku lihat-lihat web mereka dan membandingkan harga di situs belanja online lainnya 😂. Klik demi klik, ukuran, zoom in zoom out bahan sepatu sampai bandingin juga sama model sepatu Nike lainnya.. akhirnya ku putuskan untuk ambil resiko membeli di situs Nike Global.

NOTE PENTING TAMBAHAN :

Setelah postingan blog ini berbulan-bulan dibaca orang.. yang visitornya tiga ratusan orang per minggu, banyak yang nanya itu pake pajak?? Asli aku gak dikenain pajak waktu beli bulan April dan Mei 2019 lalu. Tapi setelah nyoba mau beli lagi ada tagihan pajak yang jumlahnya lumayan besar juga Rp 300-500 rb-an. Entah ini kenapa bisa berubah?? Beruntung dong dulu 2 kali bisa free tax. Oh ya satu lagi untuk pengguna baru yang daftar di Nike.com memang akan gratis ongkir sekitar 3 kali beli… tapi setelah itu ada ongkir, tapi so far sepertinya orang tidak masalah harga karena bisa dapet sepatu Nike yang dimau dan itu original, soalnya aku pun merasakan agak sulit mendapatkan model yang dimau sesuai ukuran kalau beli offline. 😂😂😂

Cara Belinya di situs Nike Online :

(1) Punya akun Nike, bisa daftar dulu dan log in dengan email yang lagi aktif.

(2) Pilih sepatunya, ukuran, warna, bla bla bla

(3) Isi alamat lengkap, nomor telepon bla bla bla pokoknya ikutin intruksi di web

(4) Bayarnya ternyata pakai Kartu Kredit hahaha, VISA atau MasterCard, atau PayPal, btw karena aku enggak punya kartu kredit pakai Jenius BTPN buat bayarnya, alias pakai debit cash. Kalau punya credit card ya pakai aja kan bayarnya tagihan bulan depan. Plisss yang sering DM ke Instagram aku buat nanya gimana cara pakai kartu debit Jenius untuk pembelanjaan ini, ya ampun kalian begitu aja nanya? Kan ikutin instruksi di web aja, just do it jangan kebanyakan nanya. Belajar!

Ini form saat pemesanan

Jangan lupa kalau sudah pilih, pesan dan bayar pantengin juga email kamu. Karena pemberitahuan apakah barang sudah terkirim dan informasi lainnya hanya diberikan via email. Tapi mereka punya costumer service yang bisa dihubungi dan tentu saja komunikasinya dengan bahasa Inggris. FYI aku baru tahu setelah lihat track order ternyata barang dikirim dari Nike Global yang base-nya di Singapura. Pantes lama banget

Ini sepatu pesananku saat sudah sampai, nggak ada cacat hanya salah ukuran jadi aku return

REVIEW aku :

Positifnya

(1) Keuntungan beli di online store Nike Global menurutku kamu bisa dapetin koleksi sepatu Nike yang di toko offline mereka sudah jarang ada dan sesuai dengan ukuran kaki kita.

(2) Selain itu ini gratis ongkos kirim ya kawan, jadi walau jauh di antah berantah kamu nggak kena biaya tambahan hanya harga sepatu saja. Eh btw ini ternyata untuk pengguna akun Nike yang baru aja.

(3) Kamu juga bisa dapetin harga promo dan barangnya dijamin asli dong, iya sering ada notifikasi kalau Nike ada koleksi baru atau buat promo diskon via email.

(4) Selain itu barang kamu kalau tidak sesuai bisa di return dan refund, jadi aman banget transaksinya. Seperti kejadian aku beli kemarin, salah ukuran belinya 5 untuk US kan kekecilan. Pihak Nike juga nggak bikin harus susah payah return kita diterima.

(5) Saat return, ada instruksi di email caranya bagaimana. Jadi aku nggak usah repot kirim ke Nike Global lagi yang ada di Singapura. Kurir mereka yang akan datang ke rumah buat jemput barang yang akan di return. Jadi kemarin aku hanya tinggal print saja return page yang ada di email lalu tempel di kardus Nike.

Anyway meski salah ukuran dan sudah aku rerurn dan refund uangnya aku nggak kapok belanja. Malah aku bakal beli bulan depan Nike yang sudah lama aku incer tapi dicari di toko offline tidak ketemu, sabar-sabar aja mungkin setelah lebaran baru sampai di rumah dan bisa dipakai.

Track record barang dari pemesanan hingga sampai

Negatifnya:

(1) Barang pesenan kamu lama banget sampainya, aku hitung bisa 2-3 minggu ya sampai rumah. Terhitung 1 bulan kalau ternyata kamu return dan refund sampai pengembalian uang. Tapi semua sudah diperkirakan di track record pengiriman, jadi tenang aja.

(2) Dengan resiko males return dan ganti beli yang lain mungkin akan merepotkan bagi sebagian orang. Kalau aku santai aja, waktu harus refund uang aku dikembalikan lagi walau nunggu sekitar 3-5 hari kerja. Itu aja sih sisi nggak enaknya di luar itu menurutku beli sepatu di situs resmi Nike Global bisa jadi pilihan untuk orang yang sabar. Hehe ✌🏻

67 Comments Add yours

  1. bersapedahan says:

    baru tahu ternyata service-nya bagus banget, terutama ga ada ongkir .. saya pikir bakalan kena ongkir jadi tambah mahal … eeee ternyata gratis .. dan return-nya praktis banget ya

    1. Iya baru tahu juga kemarin pas coba beli, tapi lama aja sampainya kwkwkw

    2. Pratama Putra says:

      Permisi kak saya frans, saya mau beli sepatu pakek debit kok gk bisa ya seperti yg kakak bilang pake debit bisa?

      1. Tentu ga bisa pakai debit, kecuali debit Jenius BTPN utk transaksi.

      2. myouisan says:

        aku pake debit bni bisa kak

      3. Kalo bisa share ke temen2 nya di sini gimana caranya pakai debit

  2. agam says:

    mau lihat menu track your package dimana ya ?

    saya sudah order mau lihat proses pengiriman a

    1. Coba utak atik cari di bagian track your package. Biasanya buka dari link di email dari Nike juga

  3. Arti says:

    Mba untuk tau kapan kurirnya bakal jemput barang refund-an kita gimana ya?

    1. Saat pengajuan refund sudah ada estimasi waktunya, misal tgl 23-24. Lalu nti ada yang telpon dulu sebelum kurirnya ambil.

  4. syahrul says:

    mba,,pembayaran pake debit itu bagaimana yah mba,secara gw jg ngga punya cc atau paypall nihh,,gw terkendala d pembayaran aja,,tolong bantuanya

    1. Zaman sekarang memang mesti punya CC atau alat pembayaran sejenis. Kalau mentok, gampangnya buka rekening Jenius aja kan sekalian punya tabungan bisa buat transaksi ke luar negeri. Pergi ke Kokas, cuma tinggal registrasi dan bawa KTP. Penting lho, klo mau booking tiket atau pesawat dan transaksi di luar negeri. *bukan endorse*

      1. nurulyunk says:

        Mba, aku udah punya rekening Jenius BTPN tapi ga ngerti cara pakai waktu mau payment 😅
        Step2nya gmn mba? 🙏😄

      2. Tinggal input nomor kartu (di bagian depan), trs masukin tanggal validnya smp kapan, dan nomor CGV .. yg dkt authorized signature yg di belakang kartu (3 angka)

  5. Papo says:

    No tax? Free shipping?

    1. No tax, free shipping cuma bayar produk yang dibeli aja

  6. Hadi Indra says:

    ada biaya tambahan dr cukai gak?

    1. Sudah ditanyakan pembaca sebelumnya. Tidak ada tambahan cukai.

    2. Rey says:

      kalo di atas 75 USD kena cukai mas. Soalnya tadi pas mau beli dengan sepatu yang harganya di atas 1jutaan kena bea masuk impor, zzzz

      1. Kemarin saya beli 1,2 jt lebih gak kena bea cukai kok, wong bayar harga sepatunya aja.. itu bayar dimana bea cukainya? Saat pakai kartu kredit apa tagihan di rumah? Kalo pengalaman saya ga ada kena tagih bea cukai.

  7. Mau nanya, itu courier nya mereka pakai apa ya setiba di indo?

    1. Pakai kurir Nike sendiri, jadi mereka dari Singapura connect sama kantor stok barang nike Indonesia jg

      1. Mantap… sama satu lagi.. itu serius saat pesan bisa 3 minggu? Krn estimasi di web saat gw coba2 order 6-8 hari (reguler) dan 3-4 hari (Express)

        Atau jangan2 mbaknya domisili di luar jakarta? :))

      2. Iya itu tergantung kondisi hari kerja sama ada lebaran waktu itu pesannya

      3. Di Jabodetabek kok

      4. RALAT. Mereka memakai jasa pengiriman ARAMEX

  8. dhani says:

    mau tanya, ini bener tanpa tax ya? kok saya coba pesan di nike.com indonesia tetap ada tax & duites

    1. Mungkin tergantung dari harga sepatunya ya, waktu itu saya beli yang 1,2 juta an blm pakai tax, munggin di atas brp dollar bisa kena tax

  9. Iqbal Buchary says:

    kak di luar jabodetabek barapa hari ya baru sampai kak

    1. Bisa diliat track order nya kalau sudah pesan

      1. Herti says:

        Kak sy beli sepatu utk pertama kalinya di nike global, tp saat di track itu kurir pengirimannya kok menggunakan Aramex dan sudah nyampe di Indo. Nah nanti dikirim ke alamat sy nya bagaimana ya? Sedangkan sy tgl di daerah, ga ada kancab Aramex ataupun kantor/toko Nike.

      2. Iya mmg Aramex.. dia bakal kirim sampai rumah kok dikirim kurir Nike nya

  10. iqi says:

    cara bayarnya g mna kak….?

  11. RM10 says:

    halo, mau nanya kalau beli dari web nike, barang bakal ketahan di bbea cukai ga ya?
    thx guys

    1. Sepengalamanku ga ditahan, mereka pakai pengiriman Aramex. Di antar langsung ke rumah. Di tlpon dulu saat akan datang ke rumah.

      1. RM10 says:

        oh gitu, oke thx infonyaa

  12. iChon says:

    Thx Kak berbagi nya, mohon diperjelas, maxudnya salah ukuran gimana : Nike mengirim sepatu berukuran BUKAN yg Anda pesan, atau Anda yg memesan ukuran yg ternyata GAK PAS untuk kaki Anda?

    1. Karena aku yang salah pesan ukuran hehehehehe

  13. Ikhwan says:

    Refund di nike lama juga ya, ini 6 hari belum ditransfer uangnya

    1. Pakai cc atau debit apa? Waktu saya pakai Jenius juga sama sekitar 6-7 hr baru direfund uangnya

  14. Ikhwan says:

    Refund dari nike 6 hari belum ditransfer juga 😔

  15. Grace says:

    Hallo kak, mohon info, website nike global itu apa ya kak? sama atau berbeda dengan website nike yang ini https://www.nike.com/id/ ? pembayaran lewat CC ada bunganya gak kak? terima kasih sebelumnya

    1. Nike global, maksudnya internasional http://www.nike.com

  16. Ga ada bungga kan gak minjem uang 😂

  17. jawal says:

    maaf mau nanya ini baru pertama kali saya pesan lewat nike global. Mau nanya untuk pengisian alamat nya menggunakan alamat dengan bahasa indonesia atau harus di ubah jadi bahasa inggris ya? maaf masih awam belanja online diluar negeri

    1. Alamat lengkap sesuai yang asli aja

      1. jawal says:

        maksudnya sesuai kalo kita beli di store indonesia ya?

      2. jawal says:

        ok tks infonya . sangat membantu

  18. tika says:

    hai mba, kalo mau tuker ukuran bisa ga sih? atau hanya bisa return uang saja?
    ternyata yang aku beli sepatunya gede banget.

    1. Coba bs hub costumer service. Kalo aku pas kemarin salah ukuran sepatu kekecilan jd aku return sepatunya terus buat order baru lagi di situsnya sesuai ukuran ku yang bener.

      Jadi pas pesen coba pastiin bgt ukurannya bener untuk ukuran US atau EU karena beda banget bisa di cek di situs ada guide nya.

  19. Allan Nur Liansyah says:

    size nya sesuai ketersediaan aja ya kak? klo udah abis size nya gabisa pesen lagi yaa??

    1. Karena ini internasional aku sih lihat size mereka ada semua. Cuma kalo ga ada size biasanya ga bisa dipesen kan seharusnya di sistem otomatis..

  20. Donny says:

    padahal dari singapore yah, kok bisa lama banget sampe 3 minggu. saya pernah beberapa kali pesan barang di alibaba, sebulanan juga, itu dari china loh

    anyway, thx infonya sis, lumayan buat referensi harga dan belanja online di blog saya 🙂

    1. Ya krn gratis ongkir lama

  21. rakhmat says:

    mau tanya kak, kalau saya pengen beli sneakers nike yang hanya ada di america apa bisa pakai nike global? dan dikirim ke indonesia terimakasih

    1. Ya bisa cek aja di websitenya Nike.com kalo memang ada sepatunya disitu bisa dibeli

  22. nano says:

    beli sepatu online perlu banyak pertimbangan, belinya harus di toko online yg benar2 recommended 😀

  23. dkpratama says:

    Halo mau tanya, metode pembayaran bisa pake debit BCA ga yaa?

    1. Ga bisa kak pakai Debit manapun udah coba. Hanya kartu kredit, kalau gak Jenius bisa jadi penggantinya tapi ada isi saldonya ya.

  24. Khairul says:

    Thanks dari sini akhirnya jadi tau ternyata itu barang emg dikirim dari luar indo, pantesan pas checkout ada tax & duties.
    Emg belum ada web store resmi indonya ya kyk Adidas?

    1. Iya memang di luar. Toko offline ada di Indo, tersebar tapi koleksi lengkapnya dan warnanya jarang ada sih ya. Jadi beli di luar.

  25. elga says:

    jadi gima caranay beli sepatu nike biar gak kena pajak??? srius nanyakkk

    1. Kalau baru daftar akun Nike sih dulu saya ga kena pajak ga kena ongkir

  26. Yusup says:

    Wah makasih banyak dah share pengalamannya!! Kebetulan ane ada rencana buat beli di site Nike global, yang bikin suka itu soalnya bisa custom warna dimana di offline store gak bisa wkwkwk 🤣

  27. Martin says:

    Waktu retur sepatunya dikirim ke Nike Singapore lg ya? Proses refundnya tunggu sampai sepatunya sampai di Singapore lg?

    1. Kalau itu kurang tau, ga dijelaskan di sistem. Tau-tau sepatunya diganti yang baru.

Leave a comment