Kuliner Ajiiiib KL – Bukit Bintang – Petaling Street

Traveling it feels incomplete if You do not try regional specialties. Instead of culinary is also include as part of the tourism eksplosure?

tmp_IMG_20130405_170553-1018140710 Big Portion Chiken Tandoori, Not Spicy But Lemonade

Region famous tourist crowds in Malaysia is Bukit Bintang. No wonder that a row of restaurants here, my friends told me culinary at Jalan Alor also must try, because there was a lot of street food, who knows a cheap and tasty. But my hotel is located around Bukit Bintang, so dinner for three nights, i’m choice around here.

Ganti mode. Capek juga ya mikir kosakatanya biar Bahasa Inggris, hehehe. Baru aja cek in hotel, tapi habis itu perut rasanya udah kruyuk-kruyuk minta diisi. Maklumlah kan memang jam makan siang, jalan sekitar 500 meter, sederetan jalan di Bukit Bintang menawarkan berbagai macam restoran. Yang menarik, ada sebuah restoran India bertuliskan Nasi Kandar dan Ayam Tandoori, tanpa pikir panjang langsung pilih makan di sini.

Apa sih sebenarnya kedua menu ini? agak bawel dan skeptis, maklum wartawan 😜.. habis makan saya nanya kenapa ayam Tandoori bisa merah, dari mana warna merah tadi. Mungkin resep rahasia, si bapak Indian berkulit gelap dan tinggi kurus nggak mau kasih tahu. Dia cuma bilang itu dari bumbu khas di India.

tmp_IMG-20130405-00432956293978 I recommend you to visit this restaurant. Restoran Nasi Ayam Hainan yang Favorit Saya Banget di Bukit Bintang

Siapa yang tidak tergoda penampilan Ayam Tandoori warnanya merah, kirain rasanya pedas padahal justru seperti ada campuran resapan lemon, jadi asem gitu. Ayam Tandoori ini juga dilengkapi saus yang nggak pedas, campuran yogurt, rasanya sama asamnya.

Saya kurang paham sih, kenapa kalau ke restoran India pasti dikasih porsi yang besar banget. Mungkin orang India kalau makan bener-bener mirip kuli 😂. Makanya lebih baik beli seporsi untuk berdua biar nggak mubazir.

Setelah ayam tandoori, saya juga memesan Nasi Kandar, sebagai teman makan si ayam. Rasanya mirip dengan nasi kebuli yang suka dibuat mama dirumah. Paduan berbagai rempah-rempah dan rasa kambing.

FYI.. guys, sebelum berangkat ke Jiran saya sudah ancang-ancang mau nyobain Nasi Lemak, salah satu makanan khas nya dan ternyata agak mirip Nasi Uduk kalau di Indonesia. Bedanya, nasi ini nggak direndam dan dimasak dengan santan, tapi hanya daun salam, lalu ada orek-orek kacang, telur mata sapi, dan sambal. Blaaaaah cuma ini ternyata, *penonton kecewa* Oke nggak apa-apa, itu harganya cuma 2 Ringgit dan biasa aja rasanya. No tasty.

image Air Mata Kucing di Petaling Street

Dimana pun kamu berada, kalau nggak mau kecewa, pilihlah tempat yang kelihatannya ramai dikunjungi. Bisa jadi restoran itu memang punya taste yang sesuai. Seperti kalau di Bukit Bintang, malam harinya kita makan di Nasi Ayam Hainan Chee Meng, nggak kecewa deh sama menu disini. Nasi Ayam beserta Lauk Ayamnya ajiiiibbb, gurih tapi nggak seperti pakai MSG. Ayamnya juga juicy.

By the way saking sukanya, malam besoknya saya sama travelmate kesini lagi dan nyoba menu berbeda, Mie Goreng Hokian-nya yang ternyata juga enak. Kalau biasanya makanan dengan taste nggak mengecewakan, pasti mahal. Di restoran ini tuh rasionable banget. Seporsi Nasi Ayam Hainan sekitar Rp 30 ribu atau RM 7 . Menu lain juga rata-rata seharga RM 7-10. Cuma kalau dibandingkan, dengan restoran diluar jalur Bukit Bintang seperti Jalan Alor, harga ini terbilang lebih mahal. Kan disini site nya turis. So, yang pergi ala backpacker lebih baik ke Petaling Street aja atau Jalan Alor.

Bila cuma ingin aman cari makanan pasti enak ya pilihannya restoran India aja, yang di berbagai sudut kota juga ada. Kalau di Indonesia mirip Restoran Padang yang tersebar dan jadi favoritnya orang-orang, termasuk kalau kamu ke Papua sekalipun, restoran nasi padang ada disana. Di dekat Stasiun Komuter, KL Central ada Suriah Teh Tarik yang makan berdua cuma menghabiskan RM 7 padahal porsinya banyak dan sudah termasuk minumnya. Juga Restoran Nasi Kandar dekat Gedung Mydin, meski ada teman yang berkomentar di warteg lebih murah 10 ribu juga dapet (itu kan tapinya cuma sepiring).

tmp_Bandar Kuala Lumpur-20130406-00487-1573114232 Buah Di Petaling Street

Hampir tiap hari makan berlemak atau berkuah santan di restoran India, kasian perut rasanya. Buah adalah menu wajib, carilah ke pasar seputar Petaling Street. Disini tersedia banyak macam buah, tergantung kamu sukanya apa. Oh ya, kalau kesini jangan lupa beli Air Mata Kucing sebagai pelepas dahaga. Unik ya namanya, katanya Air Mata Kucing juga berkhasiat untuk panas dalam. Rasanya mirip-mirip kalau kita minum liang teh.

Sepenggal perjalanan, pertama kali backpacker 2013

(Dyah Ayu Pamela)

2 Comments Add yours

  1. Jalan alor ya, jalan yang selalu bikin pengen balik dan balik lagi 😀 makan apapun tinggal milih disini, dan rasanya sedap semua euy!

  2. kalau balik lagi ke KL mau ke jalan Alor ahhh….. mau kulineran juga cari yang seru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s