Part I Beli Cincin Nikah dan Cari Paladium di Cikini, Tips Buat Calon Pengantin

Persiapan pernikahan ku waktu itu terbilang singkat, cuma 6 bulan. Menurutku itu pun sangat padat, acara lamaran sederhana diadakan akhir Maret, prewedding bulan Mei, akad nikah dan resepsi Juni.

Bisa dibayangkan bagaimana mengurus semua itu? Jadi setelah pihak keluarga Mas dan aku sepakat sama tanggal lamaran, kami cuma punya waktu 5 minggu untuk persiapan cari cincin.

Satu hal, aku mengusulkan dan sepakat sejak awal bahwa cincin lamaran akan sama dengan cincin nikah dengan alasan ya buat apa punya 2 cincin? Dengan itu aku juga punya alasan agar Mas memberikan cincin yang terbaik.

Sekalian sebagai pengujian, apa Mas bener sayang sama aku? Jadi dari awal aku ajak Mas mampirnya ke toko berlian 😂.. dulu karena sering meliput perhiasan tahulah brand Frank & Co, Goldmart, sampai Mondial. Tapi akhirnya aku dan Mas pilih cincin nikah tersebut karena cocok dan rasanya klop. Sebuah cincin sederhana bermata berlian tidak begitu besar, tapi menyiratkan kesungguhan dia.

Problem hanya satu, kalau dalam Islam tidak boleh pria pakai emas. Jadilah kami membeli secara terpisah cincin Mas di Pusat Toko Emas, Cikini Jakarta Pusat. Kok rasanya saat beli punya dia gampang banget, kami pesan di @weddingring_alampermata khusus cuma cincin Mas aja karena paladium.

Sementara cincin nikah yang sekaligus mas kawin dibeli terpisah di Goldmart, aku kenal toko emas dan berlian ini lokal tapi kredibel dan pelayanan saat itu seperti terasa tulus. Sementara di Frank & Co, meskipun diamond mereka standart internasional tapi saat dicoba rasanya kurang cocok dijariku.

BUDGET CINCIN:

Tentu ini harus jadi pertimbangan, sesuai kesepakatan tiap pasangan. Untuk mendapatkan cincin nikah berlian dengan kualitas setaraf, misal di Frank & Co bisa mulai dari Rp8 juta untuk berlian 0,4 mm. Namun problemnya adalah mereka menjual cincin pasangan, sementara pria muslim tidak memakai emas.

Berbeda di Goldmart, mereka tidak harus membeli cincin pasangan, tapi tetap menjual jenis cincin pasangan. Harganya pun kisaran Rp7,9 hingga Rp15 juta untuk ukuran standar sekitar 3,5 gram dan berlian mulai dari 0,4 mm. Oh ya, satu hal kenapa aku beli di Golmart karena mereka garansi seumur hidup. Aku bisa cuci dan poles lagi cicin nikah aku jadi bisa seperti baru.

Untuk cincin pria, hampir kebanyakan orang rekomendasi untuk membelinya di Pusat Toko Emas Cikini. Sudah terkenal banget, datang ke sana gedungnya memang agak kuno tapi pilihannya banyak. Salah satunya Alam Permata tempat kami beli cincin paladium. Harganya kisaran Rp1,5 juta untuk ukuran standart.

Jadi kalau ditotal budget cincin nikah Rp10 juta sepasang. Worth it, apalagi kalau seperti aku cincin lamaran sekaligus cincin nikah. Tidak perlu beli dua cincin, karena masih ada anggaran yang harus dipersiapkan seperti biaya resepsi.

2 Comments Add yours

  1. mysukmana says:

    semoga sakinah mawadah warrahmah

    1. Aamiinn 🤲🏻

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s