Kuliner Halal di Ubud Bali, Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku VS Warung Mek Juwel

Berkuliner ria di Ubud, tentu nggak boleh kelewatan makan Nasi Campur Bali. Kalau buatku, belum SAH ke Ubud deh pokoknya tanpa mampir nyobain Nasi Campur Bali di dua warung makan berikut ini! Kita patut bersyukur hidup di Indonesia. Kulinernya tuh dari Sabang ke Merauke unik semua. Allah Maha Baik mengilhami manusia dengan segudang daya pikir…

Sunset! Jagung Bakar dan Romantisme Dinner di Pantai Jimbaran Bali

Waktu pertama kali ke Bali bertahun-tahun silam tempat pertamaku adalah Kuta. Pantai Kuta yang cuma beberapa langkah dari Beach Walk itu… zzZzz. So sad pantainya sekarang kotor. Jimbaran, yang sudah terkenal banget jadi daerah turis lainnya di Selatan Bali juga menarik buat disambangi. Sejujurnya pas pertama kali ke Jimbaran di masa pandemi 2020 silam itu…

Meditasi, Jalan Menuju Kedamaian Diri yang Kutemukan di 2020

Eat, Pray, Love kamu pasti tahu kan film yang dibintangi Julia Roberts ini? Film yang salah satunya ber-setting di Bali tersebut mengungkap kegelisahan tokoh utamanya dalam pencarian hidup dan jati diri. Suatu ketika tokoh Elizabeth Gilberth yang diperankan Julia Roberts ini menemukan serangkaian cerita yang akhirnya membawa dia pada rasa kedamaian. Di sana ada proses…

Jajan Kue dan Bakery Klasik di Sumber Hidangan, Kuliner di Braga

Akhir pekan yang biasanya macet, pagi menjelang siang hari itu tampak lebih lenggang di kawasan jalan Braga, kota Bandung. Mungkin karena masih pandemi ya, cuma turis dengan nyali besar yang pada masa corona ini niat banget buat cuti dan berkendara mobil dari Jakarta ke Bandung, 3-4 jam dengan menyetir sendiri lagi. Serius baru kali ini…

Staycation di Amarteraa Villas Bali Nusa Dua

Staycation itu sekarang jadi pilihan gaya liburan aman selama pandemi yang memungkinkan kita untuk bisa refreshing tapi tetap terasa nyaman buat dilakuin. Well, ternyata mesti nyoba berbagai jenis hunian staycation dulu ya baru tahu asiknya di mana. Hotel atau Villa, kamu pilih yang mana? Nah! Akhir Oktober 2020 lalu aku berkesempatan buat nyobain penginapan tipe…

Off Road dan Melihat Ijo-Ijo Rumput Laut di Pantai Melasti Ungasan, Bali Selatan

Di sore terik Bali, sebelum matahari akan tenggelam aku sama rombongan media yang ikut trip undangan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Garuda Indonesia menaiki mobil jeep dari villa tempat kami menginap di kawasan Nusa Dua menuju Pantai Melasti Ungasan. Pertengahan Oktober 2020, kala pandemi covid-19 masih ada di sekitar kita, di saat itulah…

Manusia Labil yang Perlu Istiqarah

Sebagai manusia yang PERNAH labil atau sering bimbang menentukan pilihan, kalian yang muslim pasti pernah melakukan salat istiqarah. Aku pun, dulu waktu memutuskan mau terima tawaran kerja yang mana sampai urusan mau nikah pasti istiqarah. Walau sebenarnya ga istiqarah pasti ada aja pertanda atau mimpi buat bikin aku ragu atau ga memilih sesuatu. Namun, pernah…

Buat Susu Almond Homemade Enak #dirumahaja

Mulai kapan ya aku rutin minum susu almond? Lupa… Rasanya yang enak dan nyaman di perut membuat aku ketagihan. Waktu itu aku minum karena ada teman yang suggest kalau susu almond lebih baik ketimbang susu sapi. Tapi kok ya, berkali lipet banget harga susu almond itu bangkrut kalo tiap hari beli dan kebanyakan dijual sekali…

REVIEW – Staycation New Normal di The Sultan Hotel & Residence Jakarta

Buat kamu yang hobi traveling dan menjadikan jalan-jalan sebagai moment refreshing, pastinya lima bulan belakangan ini merasa jenuh dan penat banget soalnya seolah “dipaksa” buat berada di rumah aja karena aturan social distancing saat pandemi virus corona. Namun setelah masa transisi ke new normal, sudah mulai bisa nih keluar rumah dengan staycation walau masih deket-deket…

Umroh atau Pergi Haji? Alasannya …

Perjalanan spiritual orang tuh beda-beda. Ada yang sedari kecil sudah ditanamkan pemahaman agamanya oleh orang tua tapi ada juga yang harus menjalani berbagai macam ujian dulu lantas justru di situlah menemukan cara mengenal Tuhan nya. Aku yakin tiap orang pun pasti mengalami tes buat sampai ke tingkatan level keimanan tertentu. Sampai ketemu yang namanya rasa…