Jalan-Jalan Ke Kota Palembang, Bukan Cuma untuk Kulineran Pempek!

Kalau kamu menyimak perhelatan ASIAN Games yang baru saja selesai akhir pertengahan 2018 ini, mungkin kamu pernah bertanya-tanya. Selain di Jakarta kok ada Kota Palembang sih yang jadi tempat penyelenggaraannya? Hmmm.. kenapa ya kira-kira? … *nanti diakhir coba aku jelasin Nah, kebetulan (padahal di dunia ini semuanya tidak ada yang kebetulan lho). Nggak lama setelah…

Suatu Siang di Kedai Kopi Piltik, Toba Samosir

Cerah matahari terasa agak kontras dengan sapuan angin sejuk, aku agak kaget dengan cuaca di Toba yang walau terik tapi sejuk banget. Sepoi angin membuai pipi lembut, saking sejuknya, hampir mirip di ruang ber-AC suhu 23 derajat. Rasanya seperti perpaduan antara sedang berada di pegunungan dan pinggir pantai sekaligus 😀. Empat jam sebelum keberangkatan pesawat…

Capture Toba Lake

Danau terbesar se-Asia Tenggara itu memang menakjubkan. Selain dengan cerita bagaimana meletus dan membentuk pulau di dalam danau, keistimewaan tempat ini tak lain juga karena sejarahnya bagi orang Batak. Hmmm… rasanya nyaman dan adem banget memandangi Danau Toba, entah mengapa. Untuk mendapati pemandangan yang menenangkan jiwa itu tak butuh susah naik di ketinggian seperti kalau…

Uniknya Pizza Andaliman di Toba Samosir

PIZZA… khas kuliner dari Italia, tapi bukan berarti tak bisa tampil beda dengan cita rasa lokal. Buktinya di Desa Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, pizza menjadi lebih unik rasanya karena menyertakan rempah lokal andaliman yang hanya tumbuh di wilayah Danau Toba.  Akan sayang rasanya, jika berkesempatan berlibur ke Danau Toba tanpa mampir dan mencicipi pizza…

Dibalik Kanibalisme Suku Batak di Huta Siallagan, Samosir

Rumah Bolon, khas dari Suku Batak di Samosir.. waktu datang hujan gerimis, bulan April musim penghujan masih berlangsung  Kapal fery kecil mendarat ditepian Pulau Samosir. Tak lama rintik-rintik gerimis berjatuhan, seolah menyambut kedatangan ku kali itu. Sejak siang langit yang terlihat mendung memang sudah mengirimkan tanda-tanda akan hujan lewat sekawanan awan gelap, bahkan sejak ditengah…

A Journey at Toba Samosir, The Land of Batak

Kali kedua ke Tanah Batak… tak menyangka bahwa saya akan kembali menyambangi Danau Toba di Sumatera Utara. Dan kali kedua ini Alhamdulillah saya punya waktu untuk menyebrang juga ke Pulau Samosir.  Nah yang berbeda dari kunjungan saya pertama, kali kedua ini waktunya lebih panjang bisa mampir juga ke Huta Siallagan. Kebayang gimana dulu tahun 2012…

Sehari Jelajahi Kuliner Khas Bangka

Ibu kota Pangkal Pinang diguyur hujan siang itu, sesaat setelah pesawat mendarat di Bandara Depati Amir. Namun, hujan deras hanya sebentaran lewat karena cuaca kembali panas. Menjelang waktu makan siang sajian menu seafood pun terasa begitu pas dengan panas terik kota yang sempat jadi tempat pengasingan Bung Karno ini. Cukup dekat dari pusat kota, ada sebuah…

Di Ketinggian 3805 mdpl, Gunung Kerinci

Pukul 02.30 pagi, alarm ku berbunyi. Rasa tidur yang nyenyak tadi sekejap terhenti. Baru sebentar rasanya memejamkan mata, sehabis masak air dan makan malam setelah sampai di shelter III tempat berkemah di Gunung Kerinci. Ini waktunya summit. Sudah harus jalan lagi, padahal baru tadi lho… Fuihhh! memang telat, betul-betul terlambat diluar dari ekspektasi. Seharusnya sampai…

Lima Hal Bahaya Mendaki Gunung Kerinci?

Bagi para pendaki, penikmat ketinggian ada beberapa gunung yang wajib dijelajahi. Kalau di Indonesia sebut saja 7 summit yang merupakan gunung tertinggi di wilayah Jawa, Sumatera, Sulawesi. Misalnya Mahameru, gunung tertinggi di Jawa atau Ceremai yang merupakan atap tertinggi di Jawa Barat. Belum pendaki sejati kalau tak menjajal trekking kesana. Gunung terkenal di kalangan pendaki…

Let’s Go! Pendakian Bersama Gunung Kerinci

My nexy journey…. akhirnya sampai juga pada pendakian ke sebuah Gunung berapi tertinggi di Indonesia. Kerinci! InsyaAllah…. Setelah sebulan yang lalu trip bersama group yang lumayan besar (25 orang) ke Pulau Derawan di Berau, Kalimantan Timur. Dan kepergian kali ini juga dengan group yang lebih besar. Nggak tanggung-tanggung sekitar ber-38 orang, pendakian bersama Consina. Kalau belum…