Manusia Labil yang Perlu Istiqarah

Sebagai manusia yang PERNAH labil atau sering bimbang menentukan pilihan, kalian yang muslim pasti pernah melakukan salat istiqarah. Aku pun, dulu waktu memutuskan mau terima tawaran kerja yang mana sampai urusan mau nikah pasti istiqarah. Walau sebenarnya ga istiqarah pasti ada aja pertanda atau mimpi buat bikin aku ragu atau ga memilih sesuatu.

Namun, pernah ada suatu kondisi aku tetap aja bingung haha.. karena udah istiqarah tapi ego cenderung mengikuti keinginan pribadi alias ngeyel. Aku kepingin pengalaman aku ini buat jera dan jadi pelajaran berharga dalam hidup. Ceritanya banyak banget soal istiqarah ini sepanjang sepuluh tahun terakhir, dari yang aku nurut sampai ngeyel tuh ada.. aku cuma mau bilang ke diriku kalau bakalan percaya semua rentetan kejadian sudah disusun rapih sama Allah. Kita dibelokin dulu, tapi dikasih ilmu supaya ke depan jadi lebih belajar.

(1) Istiqarah Waktu Memutuskan Kerja Di mana

Sebenernya aku tuh mau banget pindah dari kantor aku yang sekarang. Kan mau juga ya berkembang dan naik jabatan secara instant ceritanya.. tapi tiap istiqarah aku tuh selalu dikasih petunjuk untuk stay.. jangan pindah. Petunjuknya hadir dalam keraguan di hati dan mimpi, juga pernah jadinya hati malah nerima tawaran freelance jadi tetep bisa kerja di tempat aku sekarang. Wah, bener banget keputusan ini.. sampai sekarang berasa bersyukur banget.. karena di kantor yang nawarin aku kerja di sana saat pandemi covid-19 ini PHK banyak banget pegawai, padahal perusahaannya disokong grup besar gitu.

Well, update di tahun 2021. Nggak nyangka juga tanda tanya ku atas semua keinginan pindah kantor dengan gaji lebih besar atau keinginan lompat naik jabatan terjawab di akhir 2020 lalu. Jadi tiba-tiba aja aku dimutasi ke media yang masih satu group holding coorporate. Nggak cuma dipindah aku dapet promosi. Ini semacam doa yang terjawab karena selama 10 tahun aku liputan lapangan ke sana sini udah semua kucobain. Mikirnya someday pas punya suami dan anak waktuku nggak habis di jalan, aku tetap bisa berkarier datang ke kantor atau kerja di rumah.

(2) Gak Patah Hati, Tapi Bersyukur Diberitahu Allah Ga Baiknya Di mana

Dulu tuh jaman masih main ke sana kemari aku memang sering banget hang out sama temen dan punya geng traveling gitu. Ada lah cerita kalau akhirnya aku deket sama teman sepermainan. Singkat cerita yang aku tahu orang ini baiknya aja, soleh, solat dibanding yang lainnya secara kasat mata. Tapi ya ternyata terungkap aja kalau dulunya dia Gay (meski udah tobat sih, tapi mana tahu kan di masa depan) ini ada bukti chatnya yang mengungkap itu semua jadi enggak bisa aku sangkal. Parah sih itu, kelihatannya baik padahal? makanya memang kita tuh ya harus istiqarah dan selalu minta petunjuk supaya deketnya sama orang bener.. tau-tau ada aja informasi sampai ke kita karena istiqarah. Alhamdulilah Allah melindungi aku dan aku pun enggak patah hati walaupun dia nikah sama orang lain, aku justru bersyukur sampai sekarang.

(3) Ngeyel Jawaban Istiqarah Waktu Mau Ke Nepal

Aku tuh pernah beberapa tahun yang lalu saat mau pergi trekking ke Nepal istiqarah dulu karena dapet temen barengan cowok yang baru dikenal. Aku istiqarah dulu karena khawatir kenapa-kenapa di sana. Tapi aneh jawaban istiqarah aku tuh malah kejadiannya terungkap sisi buruk pacarnya temen trekking aku itu. Kok aneh ya hahaha? Sampai sekarang masih ga habis pikir karena tiba-tiba dapet petunjuk kalau pacarnya temanku itu ternyata dulunya lesbian. Kalo diceritain rumit, karena pacarnya pacar (sama-sama cewek ini) temen trekking aku yang lesbian ini tau-tau add Instagram aku dan aku jadi nge-cek IG dia dong. Wuihhhh. Feed-nya isinya foto-foto lesbian mereka. Langsung aja aku cerita ke temenku dan yap! Ketahuan juga kalau hah parah deh, pacarnya banyak.. ya yang dideketin temen trekking aku ini bederet orang.. terus dia agak malu gimana jadinya terus jadi canggung. Ya gimana gak canggung.. cuma aku tetep pergi ke Nepal bareng dia sih, karena ngetest juga apakah orang jahat atau gimana dengan ketemu langsung. Ya bad news-nya memang aku hanya disuruh hati-hati supaya jangan mau digombalin. Tapi memang kepergianku ke Nepal agak gak nyaman, jadinya.. tau gitu pergi open trip aja walau bayar lebih mahal. Tapi sampai sekarang aku masih temenan baik aja sama temen trekking aku ini dan mungkin ya dia terima kasih kali karena aku jadi tau pacarnya lesbian. Hahahaha aibbbb!

Sampai sekarang kalau mau apa-apa otomatis aku istiqarah, walau itu hanya satu pilihan. Ya intinya aku khawatir kalau hidup yang sekali ini ternyata aku tersesat macam misal salah pilih suami. Wah bisa menderita seumur hidup tuh! Hanya saja sebenarnya walau tidak istiqarah pun kalau ada hal yang gak baik pasti ada aja pertandanya. Mimpi sih paling sering,.. paling terakhir aku belum istiqarah padahal, dimimpiin binatang apa ya waktu itu.. mirip kalajengking apa .. pertanda gak bagus banget kalau di search di google, walau aku gak terlalu pikirin, kejadiannya baru pas Maret 2020 ini. Allah bener-bener melindungi dan klo faktanya ga baik pasti aku dijauhin selalu dengan orang-orang tertentu, apalagi yang baru dikenal. Ya kurang sayang apa lagi Allah sama aku. 😢

5 Comments Add yours

  1. bersapedahan says:

    kadang kita melupakan hal ini … yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad saw. tapi lebih mempercayai logika dan perasaan kita saja, padahal mungkin keputusan tersebut tidak di berkahi Allah swt.

  2. Iya Om, semua permasalahan dan pertanyaan sebenarnya sudah ada cara menjawabnya dari zaman Rasullulah SAW ada tuntunannya 🙂

  3. nanien says:

    Gw pernah sih instan dapet jawaban dari doa, soal cowok mulu nih wkwkkw. Pas lagi deket sama orang, gw langsung doa kalau emang he’s meant to be, lancarkan jalannya…. abis kelar itu doa ku membuka Facebook…jengjengjeng ada pengumuman he’s in relationship with my friend. Ow ow ow. Deketnya bersamaan. Bye! Kejadian serupa juga, deket sama X, ku berdoa minta petunjuk yang nyata kalo emang gak meant to be, jreng jreng muncul lagi poto sama pacarnya (temenku juga!). Goks.

    1. Hahaha brengsek emang cowo. Udh rahasia umum mereka deketin 1-5 perempuan baru deh dipilih-pilih makanya males ya .. dideketin yg emg jalannya aja deh.. tp klo serius dari awal emg mereka bakal ke rumah nience, minimal speak speak nganterin pulang mau cek ombak dan kenal keluarga….

  4. Mba mau travelling ke Banda Naire ada perusahaan touringnya dak ya ? mau dong biar segala sesuatunya serba mudah…soalnya bawa anak dan Isri….sekaligus pengen tahu biaya keseluruhannya dan yang terpenting ni…kalo gak enak ada tempat buat tumpahain ketidak enakannnya ke traveler itu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s