Buat Susu Almond Homemade Enak #dirumahaja

Mulai kapan ya aku rutin minum susu almond? Lupa… Rasanya yang enak dan nyaman di perut membuat aku ketagihan. Waktu itu aku minum karena ada teman yang suggest kalau susu almond lebih baik ketimbang susu sapi.

Tapi kok ya, berkali lipet banget harga susu almond itu bangkrut kalo tiap hari beli dan kebanyakan dijual sekali minum aja. Eh, pas income nambah bisa buat saving dan nge-treat diri alias ada alokasinya akhirnya aku sering beli susu almond yang di mall gitu, 3 tahunan kayaknya aku konsumsi susu almond walau enggak tiap hari tapi seminggu bisa 2-3 kali, aku sebut mereknya aja ya Rejuve yang paling sering aku beli dengan tekstur lebih kental dibanding susu home made berlabel lain dan ada campuran brown sugar di dalamnya.

Well, sebenarnya aku enggak suka dengan tambahan gula karena kurang suka manis tapi dibanding susu almond selain rejuve belum ada yang better sih, tapi kalau cashew milk alias susu kacang mede aku suka racikan dari Nakedpressjuicery yang biasanya ada di paket detoks aku. Karena harganya lumayan mahal, aku akhirnya inisiatif buat bikin sendiri di rumah. Jadi 500 gram kacang almond yang harganya rata-rata Rp 85 ribu itu bisa buat sebulan.

Kenapa Beralih ke Susu Almond?

Setelah minum susu almond rejuve pencernaanku tuh terasa enak banget, besoknya gampang buat BAB. Beda banget pas aku konsumsi susu sapi yang kotakan itu. Aku dapet pencerahan kalau susu sapi bagus, tapi ya kalau konsumsinya yang sudah diproses vitaminnya hilang lah. Tahu proses pasteruisasi atau pemanasan di atas 100 derajat celcius sebelum dikemas biar awet? Hampir semua produk susu menggunakan metode ini. Yah hilang dong vitamin sama gizinya. Setidaknya hal itu yang makin buat aku keukeuh beralih ke susu almond, karena dengerin dr. Zaidul Akbar seorang ustad sekaligus dokter yang lagi kampanye sehat ala Rasullulah SAW.

Kelebihan dan Manfaat Susu Almond

Kandungan kalori susu almond 50% lebih rendah dibandingkan susu sapi, jelasss! Meski kandungan kalsiumnya tidak sebanyak susu sapi (kalau diminum langsung setelah diperah). Ya memang susu almond tidak memiliki banyak protein atau kalsium untuk menjadi pengganti susu sapi sepenuhnya, kan kalsium tetap perlu dari asupan makanan lain ya. Tapi! Kabar baiknya vitamin D yang ada pada susu almond cukup kaya dan melebihi susu sapi.

Apa Saja Manfaat minum susu almond ?

Menyehatkan jantung

Ini nih alesan lainnya! Aku minum susu almond karena tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Kandungan sodium susu almond juga rendah dan lemak sehatnya seperti asam lemak omega tinggi yang bisa membantu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Membantu menurunkan berat badan

Aku juga beralih karena alesan ini, menurut penelitian 1 gelas susu almond itu hanya mengandung 39 kalori, setengah dari kalori yang tedapat pada susu skim sapi. Wow! Susu almond bisa membantu mengurangi atau menjaga berat badan tetap ideal. TAPI inget ya, pengalamanku kalau buat susu almond suka ditambah madu jangan dibuat jadi dingin tambahin es, karena si madu jadi cenderung menjadi (zat gula) untuk tubuh kita.

Tulang jadi lebih kuat

Walau pada awalnya enggak mengandung banyak kalsium seperti dalam susu sapi, tapi susu almond kaya akan vitamin D yang lebih dari susu sapi, sehingga susu almond diklaim baik untuk mengurangi risiko osteoporosis serta meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Mengurangi risiko diabetes

Susu almond tanpa bahan tambahan seperti gula memiliki karbohidrat rendah, jadi enggak bakal meningkatkan kadar gula darah secara signifikan, makanya mengurangi risiko terkena diabetes. Susu almond juga mengandung indeks glikemik rendah, dan tubuh akan menggunakan karbohidrat sebagai energi, jadi gula tidak disimpan sebagai lemak!

Tidak mengandung laktosa

Hal yang paling penting! Orang yang intoleransi terhadap laktosa dan kesulitan mencerna gula dalam susu sapi akan lebih baik konsumsi susu almond. Kalau sering sakit perut atau diare setelah minum susu, mungkin ternyata kamu juga mengidap intoleransi laktosa.

Takaran aku gelas kaca ukuran 500 ml, memakai segenggam penuh

Cara Gampang Buat Susu Almond Sendiri di Rumah! Btw resepnya dari Chef Marinka di Youtube yang aku tonton sebenernya 🙂

Bahan

(1) Segenggam kacang almond mentah (Raw almond) kira-kira jumlahnya 25 butir almond lah buat takaran per gelas (500ml)

(2) Air matang untuk merendam almond

(3) 500 ml air matang

(4) 1 sendok madu ashifa atau bisa diganti 3-5 buah kurma

(5) Garam Himalaya atau sea salt secukupnya

Cara Membuat Susu Almond

(1) Rendam almond selama lebih kurang 6 jam atau semalaman. Kalau aku sih 8 jam, tapi pernah 12 jam enggak masalah, kacang almond-nya malah empuk nantinya. Perlu diingat ya, rendamnya pakai air matang atau air minum. Soalnya rendaman ini bakal diserap sama kacang almond. direndam semalaman, simpan di kulkas.

(2) Pisahkan kacang almond dengan air rendaman, lalu masukan ke dalam blender bersama takaran air. Kalau aku buat susu almond 500 ml buat diminum per hari, jadi segenggam penuh itu buat 500 ml teksturnya sedang tidak kental juga tidak encer.

(3) Tambahkan dengan sea salt atau garam himalaya secukupnya saja. Dikira-kira aja seperti kalau menaburkan garam pada masakan kamu. Jangan terlalu banyak. Sea salt ini biar rasanya jadi terasa gurih enak gitu, resep dari aku yang beda karena menambahkan sea salt ini dan nambah aromanya lho

(4) Sebagai pemanis alami aku pakai 1 sendok madu atau bisa juga kamu ganti dengan 3 buah kurma. Pilih kurma yang jangan terlalu manis yang kering. Kalau aku pakai kurma yang masih ada batangnya dan enggak terlalu manis. Kalau yang kurma manis banget 3 butir rasanya sudah cukup buat 500 ml.

(5) Blender sampai halus, kira-kira 5 menit dan nanti ada buihnya. Lalu saring susu almond dengan saringan atau kain saring agar tidak ada sisa kulit almond dan terasa smooth di tenggorokan.

(6) susu almond home made pun jadi! Bisa langsung diminum atau didinginkan di kulkas dulu.

NB : Ohya karena tanpa pengawet cuma akan bertahan sehari saja kalau di dalam kulkas. Karena itu aku selalu buat tiap hari susu almond-nya. Meski kelihatannya repot tapi lebih sehat dan terasa fresh tanpa pengawet. Kalau ingin variasi rasa, kamu juga bisa sesekali menambahkan bubuk kayu manis.

2 Comments Add yours

  1. bersapedahan says:

    hmmm … kayaknya saya belum pernah minum susu almond. kalau susu kotakan hampir tiap hari saya minum … biar sehat … hahaha.
    thanks sharing tipsnya cara buat susu almond … bisa di coba nih 🙂

    1. Enakan susu almond bgt Om daripada susu sapi.. tapi lebih enak lagi susu kacang mete, plant base sekarang lagi booming kan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s