Tur Virtual – Main Ke Museum Van Gogh Hingga Menara Eiffel dari Rumah!

Hampir dua bulan lamanya cuma di rumah aja karena pandemi virus corona. Kalian merasa mati gaya seperti aku juga? Nonton serial Netflix udah, masak dan mencoba resep udah, terus jogging ke hutan dekat rumah pun seminggu bisa dua kali. Yuk buat masa social distancing lebih bermakna dan sekalian nambah ilmu dengan mengunjungi museum dan tempat keren di dunia lewat tour virtual!

(1) Belajar Kebudayaan Mesir di Louvre Museum, Perancis

Foto dokumen trivium art story

Pergi ke Paris, Prancis masih jadi mimpi yang diawang-awang sih, tapi saat social distancing ini aku justru bisa kepikiran buat datang ke salah satu bangunan terkenal di dunia ini lewat layar laptop! Dari cerita singkat yang aku baca saat membuka situsnya, Museum Louvre mulanya benteng yang dibangun oleh Philip Augustus untuk memperkuat pertahanan yang telah diperintahkan raja saat itu di tahun 1190 untuk melindungi Paris dari serangan melalui sungai Sein.

Di halaman muka lantai dasar kita akan menemukan barang antik Mesir dari ruang bawah tanah berupa Sphinx, patung Nakhthorheb yang berlutut dalam doa, dari periode akhir Dinasti ke-26, pemerintahan Psammetichus II (595-589 SM) dan beberapa benda lain. Oh ya saat masuk ke situsnya, kamu harus meng-klik mouse ke bagian gambar dan membuka informasinya lalu membacanya terlebih dahulu agar tanda panah jalan bisa muncul dan kita bisa melihat benda antik selanjutnya. Kunjungi dengan klik link Louvre Museum dan kamu akan langsung terhubung ke websitenya.

(2) Mengunjungi Museum Van Gogh di Amsterdam

Foto dokumen Get Your Guide

Nama pelukis Van Gogh yang terkenal bahkan dikalangan awam yang enggak ngerti soal art seperti aku ini terdengar menarik untuk disimak. Museum Van Gogh yang berlokasi di Amsterdam memiliki koleksi karya seni terbesar dari sang pelukis (1853-1890). Koleksi tetapnya yang permanen ada lebih dari 200 lukisan, Museum ini juga menyajikan pameran berbagai mata pelajaran dari sejarah seni abad ke-19 terdengar cocok didatangi mahasiswa jurusan seni ya?

Museum tour ini bisa kamu nikmati melalui youtube.com/vangoghmuseum. Pada episode 1 channel ini menampilkan selfportrait gallery sang pelukis di Van Gogh. Lalu ada seri cerita saat Vincent van Gogh painting Sunflowers direnovasi menjadi Van Gogh Museum, fakta mengejutkan tentang Vincent van Gogh dan bagaimana melestarikan lukisan tua berusia 130 tahun. Oh ya kamu bisa ikuti juga via Arts & Culture Google.

(3) Mengetahui Sejarah Peradapan Manusia di The British Museum, London

Foto dokumen Secret London

Sejarah peradaban manusia secara menyeluruh dari semua bangsa di dunia bisa kamu telisik dengan mampir ke The British Museum, London. Berbagai koleksi yang luar biasa ini mencakup lebih dari 2 juta tahun sejarah dan budaya manusia. Setidaknya lebih dari 6 juta pengunjung setiap tahun melihat koleksi, termasuk benda-benda terkenal di dunia seperti Rosetta Stone, patung Parthenon, dan mumi Mesir.

Apa yang dihadirkan di tur virtual The British Museum juga menarik untuk dikunjungi karena kita juga bisa mendengarkan rekaman suara bila tidak ingin membaca semuanya. Kisah bagaimana kepercayaan orang Barat tentang Buddha sebagai agama monolitik juga ada pada tur virtual online dalam penggambaran sistem keagamaan di Myanmar. Ada lukisan indah yang menggambarkan kepercayaan dan penghormatan kepada Buddha dalam kegiatan pemujaan roh, sesembahan, dan ramalan. Penasaran kan? Langsung saja kunjungi berbagai cerita unik peradaban manusia melalui The British Museum London.

(4) Menilik Sejarah ke Memorial Holocaust Museum di Amerika Serikat

Foto dokumen Arts & Culture Google

Holocaust jadi salah satu bagian sejarah yang enggak bisa dilupakan. Makanya tur virtual ke Memorial Holocaust Museum di Washington, Amerika Serikat ini akan nambah pengetahuan tentang seluk-beluk kejadian saat itu. Berbagai dokumentasi dan foto bakal bercerita tentang situasi saat itu, ketika Yahudi meminta suaka perlindungan dari berbagai negara dan bagaimana mereka harus mengungsi. Museum Memorial Holocaust ini dengan kekuatan dan keasliannya yang unik menginspirasi banget sih dan bakal mengajarkan jutaan orang setiap tahun tentang bahaya kebencian yang tak terkendali dan perlunya mencegah genosida.

Ada banyak dokumentasi berupa gambar dan foto koleksi seperti mata uang, seragam di camp tahanan yang dipakai oleh warga bukan Yahudi, dan koper. Dokumentasi seperti passport bagi warga Yahudi dan ada dua babak cerita yang ditampilkan dalam web-nya yaitu online exhibit tentang State of Deception dan online exhibit tentang Voyage of the St. Louis yang merupakan kapal tumpangan dari warga yahudi. Enggak sabar buat langsung mengikuti tur virtualnya kan? Langsung saja kunjungi di Arts & Culture Google.

(5) Main ke Menara Eiffel, Paris

Foto dokumen Planetware.com

Tadinya aku sempat menyambangi website chinatour untuk ikut virtual tour ke Tembok Besar China. Tapi aku lebih rekomendasiin buat ikut tour virtual ke Menara Eiffel aja, karena menurutku lebih terasa nyata. Walaupun cuma punya satu view disekeliling menara namun pemandangan kota Paris yang cantik dari atas Eiffel ini sudah bisa mewakilkan keberadaan kamu di sana.

Biar lebih menjiwai tour ini, baca juga cerita tentang bagaimana sejarah Menara Eiffel dibangun. Mulai dari cerita tentang konstruksinya yang dirancang oleh Gustave Eiffel untuk memperingati 100 tahun Revolusi Perancis. Pembangunan yang memakan waktu 2 tahun, 2 bulan, dan 5 hari itu benar-benar menjadi pencapaian dari sisi teknis dan arsitektur. Capaian teknologi dalam konstruksi bangunan di abad ke-19 dan momen yang menentukan dari era industri. Gambar-gambar hitam putih yang tertera juga menjadikan Eiffel ini salah satu tour virtual yang membawa siapa pun ke masa ketika kemajuan arsitektur dimulai pada saat itu.

3 Comments Add yours

  1. Ai says:

    Wah ini belum dicoba, Terima kasih utk infonya Kak ☺️

    1. Yuk cobain, tapi enak via laptop, tinggal buka link nya aja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s