Bye Bye Traveling To China, Cause Corona!

Alhamdulilahirobbilalamin. Awal tahun baru 2020 dimulai dengan semangat dan harapan yang baru. Aku kembali merasa exited untuk mengeksplore dunia yang setahun lalu sementara aku tinggalkan. Traveling around the world!

Dengan pedenya aku booking tiket untuk menjelajahi negeri Tiongkok sekitar 10-12 hari. Mulai dari Beijing buat melihat kemegahan Tembok Besar Cina, lalu bergerak ke Chengdu sedikit ke arah Barat-nya Tiongkok menggunakan moda transportasi kereta.

Rencana yang ku susun itu tampaknya enggak bisa terwujud dalam waktu dekat karena seketika Negeri Tirai Bambu kena Wabah Virus Corona pas akhir Desember sampai akhir Januari dan Februari nampaknya makin parah. Well, sekarang di bulan Maret 2020 bahkan sudah menyebar di seluruh dunia termasuk Indonesia. Fix aku enggak jadi ke China, tapi aku berlapang dada karena semua hal kejadian pasti sudah diatur Allah sedemikian rupa.

Salah satu pemandangan di wilayah daratan tinggi China dekat Tibet

Jadi daripada sayang banget bahan riset aku untuk explore China ini terbuang sia-sia, aku tuliskan saja siapa tahu tahun depan atau kapan bisa benar-benar ke sana! Seperti waktu aku bisa ke Nepal dan menyaksikan kemegahan Everest dari dekat. Aamiinnn πŸ™πŸ»

What I Want To Do in China?

(1) Melihat Kemegahan Tembok Besar China

Belum ke Cina kalau belum ke Great Wall! Jelas banget, tadinya bukan prioritas sih karena tujuannku sebenarnya mau ke bagian desa di sisi Barat China, melewati pegunungan Tibet, terus nyambung ke Yunnan yang katanya dulu tempat asal nenek moyangnya Indonesia. Tapi melihat waktu cutiku, jika pergi 12 hari bisa memungkinkan tetap masuk dari Beijing untuk sehari explore city dan pergi ke Great Wall! Just take a picture with Great Wall background.

(2) Pergi buat melihat Panda di Chengdu

Aku gemes banget kalau ngeliat binatang satu ini. Bulet, matanya item, terus gendut hahaha. Kerjanya bermalas-malasan dan makanannya bambu. Aku kepingin banget bisa melihat panda dari dekat di China langsung. Mudah-mudahan kesampaian ya dan mau bawa oleh-oleh berbagai hal tentang panda dari China.

(3) Nyobain Budaya Teh di China

Katanya Chengdu merupakan salah satu kota gastronomi di China. Tapi kalau mencoba makanan yang ada pork-nya aku enggak bisa pasti bakal pilih-pilih. Nah salah satunya di Chengdu waktu aku riset di sana ada kedai teh gitu yang mesti dikunjungi. So, semoga ya bisa aku centang list destinasi ini dari daftar aku.

(4) Merasakan Hawa Sejuk Deretan Pegunungan di China

China sebenarnya juga merupakan jalan masuk untuk naik ke Everest, tapi kebanyakan orang masuk lewat Nepal. Berhubung berdekatan juga dengan Everest dan ada banyak deretan pegunungan yang cantik dilihat serta desa-desa mirip sepanjang perjalanan aku ke Everest Base Camp, aku mau ngerasain overland menggunakan bus dan memandangi indah semua tatanan grafis bukit dan pegunungan ciptaan Allah itu. Kalau beruntung aku bisa berinteraksi dengan penduduk lokalnya dan tinggal di desa dekat sekitaran Tibet.

Sebenernya setelah dinyatakan wabah corona virus melanda China, aku sempat berfikir untuk sebentaran aja di China dan naik pesawat lagi ke Osaka, Jepang. Tapi kejadian luar biasa terkait virus corona ini sudah luas banget dampaknya, aku enggak mau ambil resiko malah tertular sakit dan menghabiskan biaya banyak ke rumah sakit.

So, buat prepare perjalanan aku suatu kali nanti saat China bisa dikunjungi lagi aku tulis itinerary-nya..

Kalau ini daerah di Yunnan, bagian Selatan China

ITINERARY CHINA – JAPAN 2-12 April 2020

Day 1 (2 April 2020) Jakarta to Beijing

Using AirAsia depart at 14.00 from Jakarta and arrived Beijing at 01.00

Day 2 (3 April 2020) Beijing

Leo Hostel check in at 01.00 am (sleep 01.30 – 05.00)

I check in for 2 days in this hostel (2-3 April 2020)

I plan going to Great Wall 06.00 -14.00

Take a rest. 14.00 – 15.30 (napping) plan to at the night menikmati suasana malam di Wangfujing street. It’s easy way to find, cari Stasiun Subway Line 1 – Wangfujing. Jika sudah sampai tinggal cari Exit B1, saat keluar dari B1 akan terlihat Bijing Hotel, just walk to beijing hotel and just walk jalan terus saja sekitar 500 meter

Day 3 (4 April 2020) Beijing to Chengdu

After breakfast, I plan to walk and beli oleh-oleh

Then i planning going to Chengdu from Beijing with train. Train From Beijing West, Train number Z49 depart at 11.40 from Beijing West and arrived at 08.56 (next day, 5 April 2020) 68 USD for train (21 hours).

Day 4 (5 April 2020)

Going to hostel at Chengdu Lazybones Hostel, drop my luggage and going to Giant Panda or explore the city, tea time, culinary?? But it’s better for looking Giant Panda.

Plan A : booked ticket bus to Jiuzhaigou 158 Yuan atau Rp 315.000 for tomorrow (6 April 2020). Going to bus station (07.00 am), bus will depart 08.00 (7 hours) ini lihat lagi atraksinya bagusan mana? Di Jiuzhaigou atau Kangding. Kalau di Jiuzhaigou ini lumayan mahal untuk tiket masuknya dan daerahnya pegunungan dan bisa jadi menginapnya di

Plan B : booked ticket bus to Kanding 125 Yuan atau Rp 250.000 for tomorrow (6 April 2020). Going to bus station (From Chengdu East at 08.30 am number bus hcdz-kd-2) 5 hours on the way. Berarti sampai sana jam 14 siang, langsung check in di hostel dan keliling kotanya deh. Besoknya balik agak siangan jam 12.00 ke Chengdu buat balik naik pesawat ke HK atau kalau kotanya bagus nginep semalam.

Day 5 (6 April 2020)

From Chengdu to Osaka, Japan. From Osaka, using train to Kyoto.

5 Comments Add yours

  1. What a good plan! Semoga nanti rencananya tergantikan dengan yang lebih seru Kak!

    1. Aamiinn, terima kasih sudah mampir di blog πŸ™πŸ»

  2. Ai says:

    Itinerary-nya menarik, Kak. Saya pun ke China (blm pernah) pengen banget menikmati 3 point di atas.
    Semoga perjalanan ke China-nya bisa terwujud suatu hari nanti. Aamiin

    Plan traveling ke Jepang, masih bisa diwujudkan, Kak.

    1. Iya China tuh luas bgt banyak yang bisa di explore seperti halnya Jepang. InsyaAllah di saat yang tepat bisa terwujud buat ke China dan Jepang. Aamiinn πŸ™πŸ»

      Thanks ya udah sempetin mampir dan baca postingan aku 😊

      1. Ai says:

        Iya, Kak. Buat yg hobby traveling rasanya pengen explore tempat-tempat di China dan Jepang, Insha Allah bisa terwujud di saat yg tepat. Aamiin

        Sama-sama, Kak 😊
        Take care ya, Kak πŸ₯°

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s