Pengalaman Pertama Ikut Jakarta Marathon

Niat banget tahun 2019 ini buat ikutan Jakarta Marathon! Dan Alhamdulilah keinginan itu pun terwujud dengan segala persiapan dan latihan konsisten via aplikasi Nike Run. Tiga bulan persiapannya, nggak terlalu mepet tapi pas lah moment-nya jadi bisa fokus banget nggak keteteran antara tugas-tugas kantor dengan latihan buat marathon!

WELL… Aku bukan anak lari yang ikutan klub atau punya geng komunitas lari. Aku cuma hobi banget sama olah raga kardio ini buat bikin tubuh fit dan sekaligus menjaga berat badan stabil seperti sekarang. Dulu sempet lho beratku 62 kg, overweight hampir 10 kg jika dihitung dari berat idealku yang seharusnya 52 kg dari tinggi yang sekitar 155 cm. Beruntut setelah konsisten 5 tahun olahraga lari beratku bisa agaknya stabil 55 kg walaupun mesti review-review restoran dan harus icip-icip makan tiap pekan.

So, olahraga lari ini memang sangat mengubahku. Makanya sekali seumur hidup aku niatin banget buat ikut marathon, paling tidak di event internasional di Jakarta masih di negara sendiri. Jadilah aku niatkan ikut Jakarta Marathon! YES.. aku daftarnya agak mendesak, 3 bulan sebelum lomba. Karena berkali-kali nggak berhasil dan gara-gara nungguin temen juga biar ada barengan sih untuk sign in di situs resmi Jakarta Marathon. Mungkin semesta kesian dan akhirnya mengabulkan keinginan ku karena aku orangnya gigih banget kalo ada maunya jadilah aku secara mudah terdaftar di Jakarta Marathon karena mendaftar via aplikasi Fit Co, aku tahu aplikasi ini karena follow dan pantau terus Instagram Jakarta Marathon.

TERNYATA ada baiknya gagal terus buat sign in daftar di situs resmi Jakarta Marathon, soalnya nih lewat aplikasi Fit Co justru aku malah dapet diskon buat beli slot di Jakarta Marathon 2019. Yess… ternyata memang gagal sekilas membawa hikmah lain, lumayan banget lho aku beli HM (Half Marathon) hanya dengan harga Rp 500.000, sementara kalau beli aslinya Rp 750.000… terasa seperti berkah gagal berkali-kali beli lalu ditolak dan malah dapet diskon 😂🙏🏻. Jadi memang sabar aja deh, pasti ada jalan buat sesuatu yang kamu ingin pasti dikasih yang terbaik untuk orang yang selalu gigih mau berusaha.

Jadi apa yang aku pelajari dari ikutan marathon?

(1) Aku lihat antusiasme yang besar banget dari orang-orang yang suka lari seperti aku. Bayangin aja, buat ikut event lari kita mesti bangun pagi banget. Yesss! Mulai larinya aja jam 5 pagi teng! So, jam 4 pagi salat subuh dulu terus nyiapin diri, sarapan pisang dulu. Effort sih…. tapi bahagia 🙂

(2) Mungkin ini bakal jadi sekali-kalinya aku ikut event marathon di Jakarta. Kenapa? Ya sayang aja sama kulit dan pari-paru. Jakarta panas dan debunya karena lagi banyak proyek pekerjaan LRT dkk debunya minta ampun mirip di Nepal dan Banglades 😂. Aku agak kapok karena seminggu sebelumnya sempet treatment laser, biar warna kulit rata eh terus jadi keling lagi karena ikutan marathon.

(3) Rasanya garing ikut marathon kalau belum ikut komunitas lari manapun karena nggak ada yang nyorakin kamu di garis finish. Hahaha ya iya ga kenal… makanya anak lari memang mesti ikut komunitas.

(4) Apa bangganya dapet medali ya? Buat eksis aja sih bisa punya foto sekali di ajang marathon yang diupload di Instagram. Hahaha. Yaudah aku sih melihat bahwa ikutan Jakarta Marathon salah satu resolusi aku tahun 2019 ini yang tercapai. Alhamdulilah aku berhasil melaluinya. Dari 21 Km, aku sukses lari stabil di pace 8 hingga 17 Km meski sisanya 4 Km aku jalan karena kaki terasa kram dan daripada cedera makin parah ku putuskan bersabar dengan jalan saja yang penting waktu tempuhku masih masuk sebelum cut of time.

(5) Aku belajar buat disiplin latihan seperti atlet. Konsisten sama apa yang diyakini dalam hati dari tiap disiplin latihan kalau aku bisa nih melewati marathon dengan berhasil. Spirit-nya aku dapet banget, makanya aku salut deh sama atlet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s