Akhirnya, Mencoba Mi Celor Paling Enak di Palembang

Siapa di antara kalian yang hobi makan mi? Sebagai kuliner populer Asia, sebenarnya nggak perlu ditanya lagi sih.. mi itu kan makanan sehari-hari dan pastinya sebagian besar orang suka. Setuju??? Apalagi nih kalo jalan-jalan ke Bangka dan Jogja pasti wajib nyobain mi khasnya, Mi Bangka dan Mi Jawa. Nah, kalo ke Palembang jangan cuma makan Pempek aja cobain Mi Celor yang juga satu kuliner autentiknya. Mesti, harus, kudu kataku sih….. 😊

Bilangnya begitu, padahal aku baru sempat nyobain Mi Celor saat kunjungan kedua ke Palembang. Pertama kali ke kota Pempek aku pakai muntah-muntah segala karena kebanyakan makan Pempek dan si cuko asam kurang akur banget sama lambung ku. Be careful aja guys, seterkenalnya itu kuliner dan pas banget ada di kotanya ya jangan kalap langsung 3 harian juga makan tiap hari 😂.

Apa sih Mi Celor ini? Mi Celor tuh hidangan mi yang disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi alias udang berikut ada tambahan sayuran taoge dan disajikan bersama irisan telur rebus, ditaburi irisan seledri, daun bawang dan bawang goreng. Hmmm, di Jakarta nggak ada deh Mi Celor. Makanya kalo ada kesempatan ke Palembang kudu, wajib cobain. Fardu ain hukumnya

Ini bagian depan warung Mi Celor Ilir 26 yang terkenal itu

Apalagi Mi Celor H. M Syafei Z 26 Ilir yang katanya paling enak se-Palembang ini, walau sudah kenyang aku bela-belain malem hari makan! Dietnya besok-besok aja. Sebenernya apa sih yang spesial dari Mi Celor ini sampai dibilang paling enak se-Palembang?

Kalo aku cobain, tekstur Mi Celor ini tebal lurus agak bergelombang dan kenyalnya pas. Terus yang unik dan jadi berbeda dari jenis mi lain di Nusantara adalah kuahnya! Kekentalan yang hampir tidak kamu dapatkan ketika mencicipi mi dari daerah lain. Hmmm, bisa dibilang lengket seperti tekstur air yang dipadukan sagu. Tapi kandungan di dalamnya sebenarnya adalah santan dan telur dalam racikan bumbu rempah.

Paduan taburan daun seledri, daun bawang, bawang goreng, potongn tipis udang dan telur di atasnya menambah harum dan lengkap hidangan ini. Rasa khas seafood dari sari atau kaldu udang begitu mendominasi. Slurrrpp, waktu dateng ke warung Mi Celor H. M Syafei Z 26 Ilir kami (aku bersama tim Shopee yang ngundang liputan ke Palembang) langsung disajiin sepiring Mi Celor yang masih panas. Meski penampilannya agak berantakan percaya deh, tetep enak dan habis dengan lahap.

Aku tambahkan kerupuk Palembang yang berasa banget ikannya, jadi makin komplit deh makan Mi Celor

Cuma pas makan aku ngerasa perlu ada kerupuk, jadi aku tambahin kerupuk khas Palembang yang berasa ikan banget. Komplit! Walau malam itu hanya disuguhi Mi Celor, tapi aku merasa nggak sia sia datang ke Palembang. Cuma, rekomendasi aja nih.. kalau perut kamu masih muat pesen juga Es Kacang Merah yang bakal jadi sentuhan terakhir yang manis di mulut setelah menyantap Mi Celor.

Akhirnya, pengalaman kuliner ini bikin aku akan terus mengingat Palembang akan kekhasan Mi Celornya. Jadi ngiler kan kalian? Yuk, sempetin buat mampir dan nyobain Mi Celor H. M Syafei Z 26 Ilir yang katanya paling enak se-Palembang. Anyway, ini bukan promo endorse atau berbayar ya! Tapi beneran karena aku sudah langsung coba dan ngebandingin sama Mi Celor yang aku coba di buffet nya restoran The Alts hotel tempat aku menginap… agak nggak apple to apple gimana gitu 😂.

Kalau ini Mi Celor yang aku cobain di The Alts Hotel Palembang

6 Comments Add yours

  1. Ai says:

    Saya hobi makan Kak 😁 tapi belum pernah nyobain mie celor, nampaknya enak Kak 🤤

    1. Enakk hehe, unik khas banget rasanya harus coba ✌🏻

      1. Ai says:

        Siap Kak. Masukan dalam daftar makanan impian yg ingin saya makan 😎
        Terima kasih utk sharing infonya Kak

      2. Kalau pergi ke Festival Kuliner Nusantara gitu biasanya suka ada, hehe klo lg beruntung ya.. tp cobain ke Palembang langsung deh 👍

      3. Ai says:

        Siap Kak.
        Ke Palembang langsung lebih seru kayaknya
        Semoga bisa ke sana. Aamiin 😇

  2. nanien says:

    Gw ke sini nih, di deket pasar kan? Waktu itu ke Palembang karena temen dapat voucher agen wisata online tapi harus booking tiket dan hotel sekaligus, kami milih Palembang dengan pertimbangan kota kuliner dan ada gojek jadi bisa ngojek atau order gocar aja berdua kemana-mana. Kayaknya rekomendasi banyak mengarah ke si mie celor ini (dan dia dekat sama pasar tempat beli tenun murmer). Amsyongnya waktu itu macet banget dan hujaaan, akhirnya sampai setelah terjebak kemacetan, huft. Temen gw suka banget sama mie celor, tapi buat jujur enak aja tapi bukan enak banget (WALAU MAKANANNYA TETAP HABIS KARENA AKU KAN ANAKNYA GA SUKA MUBAZIR). Entah, buatku kurang nampol dan aku lebih suka mie yang lebih kecil sih, mungkin karena malas ngunyah sampai 33 kali haha. Tapi etlis kalo ke Palembang emang wajib sih ke sini, ibarat ke Jakarta wajib poto di Monas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s