Wajah Baru Kota Jakarta “In Frame”

Teringat beberapa tahun yang lalu, saat jalan-jalan ke Seoul, ibu Kota Korea Selatan. Aku ngiri banget sama tatanan kotanya yang bersih, rapih, dan lebar trotoar untuk pejalan kakinya. Memanjakan sekali, mereka juga punya halte bus dengan informasi kapan bus tiba.

Sekarang pemandangan yang apik itu nggak nyangka bisa aku temui di Jakarta, kota kelahiran ku. Senangnya, tiap kali pulang kerja kadang aku bisa naik Metro Bus nyaman tanpa harus antri di halte Busway. Bahkan juga bisa bayar cash di dalam bus atau pakai kartu Flash atau E-money. Jakarta sekarang juga sudah punya MRT! Kamu udah nyobain belum?

Di tahun-tahun mendatang pohonnya mungkin akan lebih hijau

Coba deh, kalau keluar kantor malam. Perhatiin jalan-jalan, cahaya lampu dari gedung-gedung tinggi di kawasan SCBD Sudirman dan lalu lalang bus. Pemandangannya bagus banget masuk frame kamera aku. Makanya aku rekam dan ini semacam dokumentasi untuk peradaban kota yang baru.

Masih dengan kemacetannya, begitu keluar kantor

Pada kenyataannya, Jakarta bukan hanya terlihat dari kawasan perkantoran yang sudah tampak rapih ini saja. Masih ada “PR” pemerintah buat memperbagus kota. Masih ada bantaran kali yang bau, masih kurang sarana ruang terbuka hijau untuk rekreasi keluarga, juga jangan cuma peradaban tatanan kotanya saja nih yang makin tertata. Peradaban attitude penduduk kotanya juga harus!

Kebiasaan tertib saat antri, buang sampah pada tempatnya, tidak merokok di ruang publik yang dilarang. Ah! Aku generasi yang merasakan Jakarta pernah semrawut dengan kereta masih pakai karcis manual, banyak tukang jualan, sampai kondisi tanpa pintu bakalan punya cerita untuk anak cucu nanti.

Juga akan ada cerita kemacetan yang mengular bahkan begitu keluar dari gerbang kantor. Tapi semuanya akan berubah. Semoga ya, peradaban kota Jakarta semakin baik lagi 😊. Cheers!

Advertisements

4 thoughts on “Wajah Baru Kota Jakarta “In Frame”

  1. Walaupun masih jauh tertinggal dari Seoul, Jakarta sekarang menurutku setaralah dengan Bangkok. Bahkan bandara kita aja peringkatnya udah di atas KLIA sama BKK. Pusat kota Jakarta udah sekelas internasional, tinggal kanan kirinya juga ikut dirapikan 😀

    1. Iya kalau sama Bangkok, hehe tapi Bangkok udh punya MRT duluan dari lebih 10 tahun yg lalu .. dan BTS, agak sedih sih Jakarta baru punya, tapi daripada ga ada.. kita tetap harus bersyukur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s