Berwisata Ke Pulau Jeju? Sempatkan ke Osulloc Tea Museum

Pulau Jeju, beruntung sekali rasanya bisa ke tempat seindah ini di daratan Korea Selatan. Sejuk udara, ilalang yang diterpa angin, dan kebun teh. Karena Jeju punya kebun teh besar (yang terbesar ke-3 katanya), sempatkan mampir ke Osulloc Tea Museum.

Museum Teh O’sulloc, yang terletak di sebelah O’sulloc’s Seogwang Tea Planation di Pulau Jeju, ini merupakan museum teh pertama yang dibuka oleh Amore Pacific pada 2001 untuk mengenalkan dan menyebarkan teh Korea dan budaya teh tradisional Korea.

Museum menjadi ruang budaya Barat dan Timur, modernitas dan tradisi hidup berdampingan secara harmonis. Museum ini memiliki galeri teh, area peristirahatan ramah lingkungan, dan kafe dimana pengunjung dapat menikmati aneka makanan penutup berbasis teh yang lezat.

Nah, saya sempatkan dulu untuk mengikuti kelas teh di area tea stone. Saya bersama teman jurnalis dari Jakarta diajarkan bagaimana tata cara minum teh orang Korea, bagaimana menyeduhnya dan menyajikannya. Btw kata teman yang pernah ikut kelas teh Jepang, kelas teh Korea jauh lebih sederhana dan tidak serumit Jepang.

Dan… saya termasuk beruntung lagi, karena untuk ikut kelas teh ini perlu bayar 30.000 won atau sekitar Rp 370.000 (untuk 2 orang). Selain harus melakukan reservasi minimal 2 orang dengan batas peserta maksimal 20 orang per sesi yang berlangsung sekitar 50 menit. Coba telpon saja ke + 82-10-2661-5312 untuk tur keliling per orang, 10 orang atau lebih dan mengikuti kelas teh.

Setelah kelas teh, mendekati sore main lah ke kafe yang ada. Isinya dessert semacam es krim dan kue-kue, selain makan dan nge-teh kamu juga bisa sekalian beli oleh-oleh belanja teh produksi Osulloc. Varian rasa teh premium mereka macem-macem, bahkan ada rasa blossom. Saya karena memang pecinta teh, langsung beli teh hijau dan teh rasa plum, teh rasa jeruk khas Jeju. Di Indonesia minum teh hijau mereka jadi semacam detok ya, dan nurunin berat besok paginya 🙂.

Setelah kenyang nge-dessert es krim rasa teh hijau yang pekat, keliling lagi masih sekitaran kafe. Seperti umumnya museum ada pajangan benda peninggalan terkait teh. Ada piring, cangkir teh ala British tapi ini dari era kerajaan Korea. Lalu ada banyak macam pengetahuan teh tradisional Korea juga di dalamnya. Kalau yang kurang suka main ke museum atau tidak tertarik dengan sejarah mungkin akan bosan ya.

Ada taman-taman yang bisa dikelilingi di sekitar museum, cocok buat piknik keluarga dan study tour 🙂

So, tertarik buat mampir ke Osulloc Tea Museum? Sempatkan waktu satu atau minimal setengah hari buat keliling ya. Walaupun di Jeju wisata alamnya memang banyak sekali yang menarik seperti air terjun atau pun ke laut.

Osulloc Tea Museum

Alamat : 15, Sinhwayeoksa-ro, Andeok-myeon, Seogwipo-si, Pulau Jeju

Telp : + 82-10-2661-5312

setelah berkeliling dan mengikuti kelas teh di Osulloc Tea Museum

2 Comments Add yours

  1. bersapedahan says:

    hebat ya .. teh aja bisa dikemas seperti ini … menjadi museum teh yang menarik banget dkunjungi

    1. Iya ini tujuannya utk edukasi juga Om…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s