Di Pulau Jeju, Bermula Kosmetik Natural dari Korea

Osulloc, produsen teh di Jeju milik Amorepacific. Ternyata teh di Korea Selatan juga difermentasi lho..

Suatu sore, saya teringat dulu ketika zamannya masih kuliah dan buru-buru untuk bisa cepat sampai rumah supaya bisa nonton drama Korea Jewel in The Palace. Tahun 2005 kalau tidak salah 😂.. masa-masa tokoh utamanya, Jang Geum dihukum paksa, dibuang menjadi budak ke Pulau Jeju.

Pulau Jeju, didominasi pemandangan dengan banyak ilalang, padang luas diterpa syahdu alam lewat semilir anginnya, kanan kiri jalan adalah tanah luas ditumbuhi kebun teh. Tidak terik cuacanya, cenderung sejuk dan seperti yang saya rasakan atmosfernya 16 derajat celcius. Berbaju sweater tebal abu-abu, baru banget beli di Myeongdong semalam, hasil berburu fashion a la jalanan, meski itu harganya cuma 10.000 Won dan dapat 2 sweater yang kalau dirupiahkan cuma Rp. 100.000, hangatnya kerasa banget 😜.

Penerbangan saya ke Pulau Jeju memang siang, tapi dari hotel di Seoul kami serombongan berangkat pukul 09.00 dan menggunakan pesawat Asiana Airlines dari Bandara Gimpo, menempuh sekitar 45 menit. Pesawat take off pukul 11.15 waktu Korea. Hanya butuh 1 jam saja untuk sampai Pulau Jeju, dengan bandara yang cukup modern. Selebihnya untuk menuju Osulloc dan berbagai site wisata museum teh dan gerai kosmetik dan skin care brand Innisfree yang memakai bahan alami dari Pulau Jeju, memerlukan perjalanan dengan bus sekitar 45 menit.

Kebun teh hijau di Jeju jadi tempat berfoto Kosmetik Korea terkenal dengan bahan-bahan alami dari alamnya. Pulau Jeju yang terletak di Semenanjung Selatan Korea ini pun menjadi awal mula bahan alami kosmetik dari Korea. Bahkan, Pulau Jeju memiliki kebun teh terbesar ke-3 di dunia.

Namanya Seokwang Tea Garden, kebun teh ini milik Amorepacific, perusahaan kosmetik terbesar di Korea Selatan. Kebun teh sebagai bahan alami untuk membuat teh dan juga kosmetik baru salah satu saja dari sekian banyak bahan natural yang ada. Masih ada lagi beragam jenis bunga dan tanaman dari pulau Jeju yang berkhasiat baik kemudian dipakai untuk bahan membuat kosmetik dengan penelitian terlebih dahulu.

Diantaranya sekitar 17 bahan alami yang bisa dibuat untuk kosmetik dan skin care seperti green tea, bunga camellia, bija, rumput laut, green barley, canola, volcano cluster, bamboo, cauliflower mushroom, ginger, lava seawater, soybean, forage barley, orchid, dan tangerine.

Saking sejuknya udara dan iklim di Pulau Jeju, tanaman pun tumbuh meski itu di jalan trotoar yang ada semen 😱

“Sejak tahun 1970-an perusahaan kami berusaha mencari tempat yang cocok untuk menanam bahan alami. Pulau Jeju sangat cocok karena suhu dan jumlah curah hujannya,” ungkap Chung Saemi, Global PR Team dari Amorepacific saat global beauty tour di Pulau Jeju.

Karena iklimnya yang baik, pulau ini ditumbuhi lebih dari 1.700 jenis tanaman, sehingga Jeju dijuluki sebagai “Pulau Botani” sebab kekayaan floranya. Yang menjadi kelebihan lain, topografi Pulau Jeju terbentuk dari aktivitas vulkanis sekitar 2 juta tahun lalu.

Di tengah-tengah pulau muncul Hallasan atau dikenal Gunung Halla, gunung tertinggi di seluruh Korea dengan ketinggian 1.950 m. Pulau ini bercuaca hangat sepanjang tahun dan pada musim dingin jarang turun salju, sehingga tanaman-tanaman yang tumbuh di daerah subtropis bisa bertahan hidup.

Jangan salah, di taman dekat ilalang dan tanaman maupun kebun teh harus hati-hati dengan ular walau katanya kebanyakan tidak berbisa

9 Comments Add yours

  1. kunudhani says:

    Banyak yg cocok sm kosmetik dr korea akupun juga, cuma sama kantong gak cocok 😅

    1. Hehehe, sbnrnya klo diitung2 affordable krn dipakainya awet bs 2-3 bulan habis per 1 produk sih,

      1. kunudhani says:

        Klo d bandingin krimku klhtan slisihnya, hbisny ya sgtuan tp lbh murah 😅😅

  2. bersapedahan says:

    kosmetik korea sekarang popular karena pengaruh film2 korea. kalau bahan2 alami artinya bagus ya mba .. tidak merusak kulit …#SokNgerti

    1. Betul banget kok Om 🙂

  3. jonathanbayu says:

    Kosmetik Korea lagi booming ya, adek ku aja doyan amat beli, belom abis aja udah beli lagi..lagi..dan lagi 😀

    1. Hehehe, bahannya natural.. kalo beli blm habis itu kalap ya 😂✌🏻

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s