LIFE · story · The Journey · Traveling

Sedikit Curcol Tentang Traveler 

Traveling itu sekarang jadi gaya hidup dan entah gimana kok malah menurutku kadang membuat si traveler-nya ngerasa hebat hanya karena bisa posting foto keren di INSTAGRAM. Hehe tulisan ini memang tulisan baper, unek unek aja sih.

Sampai pernah aku dicela “mainnya kurang jauh” karena punya pandangan kalo Indonesia itu lebih indah, tapi karena tidak memadai infrastruktur jadi mahal. Buat menjangkau daerah seperti Flores aja butuh 2 kali naik pesawat. Sama halnya pas ke Derawan, butuh dua kali terbang dan perlu naik bus perjalanan darat selama 2 jam ke pelabuhan tempat menyebrang.

Ongkos mahal, hampir setengah dari budget traveling bisa dibilang. Makanya tiket murah jadi incaran banget. Cuma beda cerita lagi kalau perginya ke tempat wisata dengan traffic yang hectic hampir di tiap season macam Bali dan Jogja. Tiket pesawat nya aja cukup modal Rp. 1 juta pulang balik dan nggak perlu jauh menelusuri lokasi dengan pesawat kecil lagi.

Jadi traveler yg menghina aku itu merasa hebat gimana udah berkali-kali ke Korea. Itu sih selera ya. Sampai berkali-kali ke destinasi udah pasti suka banget artinya. Jauh panggang dari api, kalo aku traveling biasanya sih aku cukup sekali aja, buat tempat sulit macam harus naik pesawat 2 kali dan ongkosnya mahal. 

Masih banyak destinasi yang mau dikunjungi soalnya. Dan selagi muda sekarang, Indonesia yang agak sulit infrastruktur nya belum memadai bikin aku berfikir untuk nuntasin beberapa destinasi macam Pulau Komodo di Flores sana sebelum jelajah Hongkong, Jepang, dan Korea yang sudah modern penuh fasilitas buat pejalan usia berapa pun.

Kalaupun mau main jauh rencana saya mau pergi ke Nepal, Himalaya. Ya ini sepertinya harus ditunda sampai tahun 2018.. ah atau sekalian sampe basecamp Everest aja deh kalo gitu, tanggung. Melihat musim dan cuaca kepingin ketemu salju pertama disana paling pas saat Winter.

Meski begitu ternyata hati lebih milih untuk umroh dulu.. malu sama Allah, bisa keliling dunia belum pernah umroh. Disana enak, surga trekking banget. Tapi ego diri harus banget ditekan. 

Jadi masih nggak ngerti juga kalau ada orang suka petualangan ala trekking mendaki gitu dibilang sombong. Yang sombong menurutku adalah justru mereka yang bangga banget sama luar negeri. Sama Korea. Apalah, aku juga suka nonton film Korea dan pilih-pilih mana yang bagus. Tapi makin kesini-sini budaya Indonesia itu udah bener- bener spesial, unik, kaya… So kenapa nggak lebih cinta sama lokal??? 

Sampai rasanya pernah keucap dimulutku, betapa pinter nya nenek moyang dahulu bisa menemukan obat-obatan herbal yang keren dan betapa indahnya tenun yang dibuat dengan kegigihan dedikasi kesabaran berbulan-bulan. 

Aduh, nggak kegambar lagi suka dan terharunya kalau lihat dari Sabang sampai Merauke, Indonesia itu unik, plural, dan sangat Indah, kaya dalam hal apapun. Kulinernya belum lagi, apalagi wisata alam yang aahh.. aku fall in love banget sama negeri sendiri. 
Udah ah jangan baper bacanya,,.. tulisan ini nggak bermaksud nyinyir atau menghina siapa pun ya. Sekedar uneg-uneg dengan apa yang terjadi di era kekejaman social media untuk menghakimi. 

La hawla wala quwwata Ila billah

Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah semata-mata. Mana mungkin aku bisa kesana kemari tanpa Ridha dan izin-Nya. Semua karena dimampukan oleh-Nya. Rezeki dan kesempatan itu jangan sampai membuatku sombong dan lantas bisa dengan mudah menghakimi orang yang nggak begitu ku kenal. 

Advertisements

2 thoughts on “Sedikit Curcol Tentang Traveler 

  1. waduh kalau trip mba Dyah aja di bilang “mainnya kurang jauh”
    saya yang mainnya di jabodetabek .. dibilang apa dong ….
    prinsip mba Dyah keren … umrah dulu yang utama, bukan kemana mana dulu …biar barokah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s