culinary · Food · Indonesia · story · SUMATERA - Indonesia · The Journey · Traveling

Uniknya Pizza Andaliman di Toba Samosir

Rempah andaliman yang hanya tumbuh di Toba

PIZZA…

khas kuliner dari Italia, tapi bukan berarti tak bisa tampil beda dengan cita rasa lokal. Buktinya di Desa Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara, pizza menjadi lebih unik rasanya karena menyertakan rempah lokal andaliman yang hanya tumbuh di wilayah Danau Toba. 

Akan sayang rasanya, jika berkesempatan berlibur ke Danau Toba tanpa mampir dan mencicipi pizza yang ada di gerai Pizza Andaliman. Tepatnya sekitar 15 km dari Bandara Silangit menuju Danau Toba cobalah untuk singgah sebentar ke tempat ini. Terletak di jalan Tanjung No 100 Balige, Pizza Andaliman bukan sekedar kedai pizza biasa, disini kamu akan merasakan pizza dengan rasa rempah khas Batak. 

Imelda, sang pemilik mengungkapkan telah membuka Pizza Andaliman sejak 2015 dengan ide menyertakan ciri khas bumbu rempah Andaliman. “Andaliman itu hanya tumbuh di daerah sekitar Danau Toba, rasanya cukup unik, ada sensasi getir pedas, asam dan membuat lidah sedikit kebas,” sebut Imelda.

Pizza andaliman yang menggunakan saus mayones ditambah andaliman

Pizza diberi saus, ditaburi topping berupa irisan sayur seperti wortel, jagung, keju mozarella, lalu ada sosis, cincangan ayam panggang, serta taburan keju cheedar dan tentu saja taburan cincangan andaliman. Rasa getir pedas dan asam itu utamanya tak sekedar tersaji di atas pizza, namun juga pada bumbu saus mayonese yang dicampur dengan rempah andaliman dan ada saus sambal dengan andaliman yang biasa dimakan orang Batak sebagai sambal cocolan ikan bakar dan lauk lain. 

Ketika mencicipinya, ada sensasi yang berbeda dari rasa pizza ini, terutama semakin terasa pedas unik bila menambahkan cocolan sambal andaliman maupun mayonese yang berpadu merica khas Batak tersebut. Ada aroma khas rempah andaliman yang berbeda ditambah rasa pedas getirnya.

Semua bahan saus maupun isian topping menggunakan bahan yang tumbuh di Toba Samosir. Perbedaan mencolok, pizza khas Batak ini tak menggunakan paprika seperti pizza Italia. Kemudian sausnya berbeda dibuat home made, hasil racikan oleh Imelda. 

Kedai Pizza Andaliman, ada di dekat pinggir jalan dari dan menuju arah Bandara Silangit, sekitar 15 Km jauhnya

Adapun tekstur roti terbilang tidak tebal dan tidak sepenuhnya matang sempurna. Menurut Imelda hal ini sebenarnya tak disengaja, pemakaian alat panggangan yang belum begitu modern, bukan panggangan listrik untuk panggangan pizza menjadikan rotinya tak keras dan gosong. 

Sayangnya untuk rasa, hanya ada satu jenis topping disini. Menurut Imelda memang kreasi topping pizza Batak ini untuk sementara belum dikembangkan lebih lanjut, tetapi masih mengunggulkan penggunaan rempah andaliman yang membuatnya memiliki rasa khas lokal. 

Sebelum akhirnya membuka gerai Pizza Andaliman, tempat ini dulunya dia buka untuk menjual nasi dan ikan bakar. Namun kuliner dengan rasa khas lokal dirasa akan lebih menarik minat wisatawan mencobanya. 

Rasanya unik berkat rempah andaliman, pokoknya beda dari pizza Italia, sayurnya pun beda tanpa paprika

“Awalnya juga tidak sengaja ada ide membuat pizza andaliman, karena saya pikir dengan adanya Bandara Silangit menuju Danau Toba sekarang lebih mudah dan sebagai penduduk lokal pariwisata disini juga akan maju dan siap kedatangan wisatawan dengan kuliner khas Toba,” ungkap Imelda lagi. 

Kalau sudah mencicip pizza andaliman yang unik, coba juga kopi lintong atau jus terong Belanda yang khas ada di Toba Samosir. Gerai Pizza Andaliman juga menjual sambal andaliman botolan home made dari UKM warga setempat dan mango wine yang dibuat dari fermentasi mangga di Tanah Batak.

“Mangga disini saking melimpahnya sering busuk, jatuh dari pohonnya sampai ada ibu warga lokal yang berfikir untuk dibuat menjadi mango wine dengan rasa berbeda dari wine lainnya dan harga jual lebih baik, sekarang cukup banyak peminatnya,” tambah Imelda. 

Wine mangga diolah penduduk lokal karena mangga begitu melimpah di Toba


Advertisements

4 thoughts on “Uniknya Pizza Andaliman di Toba Samosir

  1. Banyak sekali kuliner yang harus dicicipi kalau nanti sampai saya ke Samosir dan Danau Toba. Pengen makan pizza andaliman dan kuliner khas lainnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s