Indonesia · Liputan · story · SUMATERA - Indonesia · The Journey · Traveling

A Journey at Toba Samosir, The Land of Batak

Kita lagi memutar untuk prosesi mengulosi saat hampir di akhir menari Sigale-gale

Kali kedua ke Tanah Batak… tak menyangka bahwa saya akan kembali menyambangi Danau Toba di Sumatera Utara. Dan kali kedua ini Alhamdulillah saya punya waktu untuk menyebrang juga ke Pulau Samosir. 

Nah yang berbeda dari kunjungan saya pertama, kali kedua ini waktunya lebih panjang bisa mampir juga ke Huta Siallagan. Kebayang gimana dulu tahun 2012 saya harus melewati 7 jam-an perjalanan darat dari Medan ke Danau Toba. 

Kemarin karena sudah via Bandara Silangit dari Medan, Kualanamu perjalanan relatif lebih singkat sekitar 3 jam-an. Presiden Jokowi akhir tahun 2016 lalu sempat datang ke Danau Toba jadi Bandara Silangit lumayan dibenahi. Walau ya, kantin bandaranya masih ngedusun banget.

Masih dengan tariam Sigale-gale, rombongan wartawan ikut-ikut 😅😅😅

Perjalanan ke Danau Toba ditempuh dari Jakarta dengan singgah ke Medan terlebih dahulu. Lewat bandara Kualanamu, kami melanjutkan perjalanan udara sekitar 1 jam dengan pesawat ATR ke Bandara Silangit, Borong-borong. Dari Silangit masih ada perjalanan darat sekitar 20 km (kurang lebih 1,5 – 2 jam) menuju Parapat, Danau Toba. 

Sepanjang jalan menuju Danau Toba kita akan melewati Tapanuli Utara, hingga Desa Balige.. sebenarnya ada banyak objek wisata di desa-desa ini. Kamu bisa trekking dan ke air terjun, tapi karena waktu lumayan singkat 1 hari di Parapat, jadi kami hanya nyebrang ke Samosir saja. Menurut saya ini sudah lumayan, dengan agenda padat tour bandara dan fasilitas di Kualanamu, liputan saya 3 hari di Medan dan Danau Toba ini dari pagi jam 05.00-21.00 sudah di luar jam kerja banget dan buat tubuh cukup drop.

Cuaca agak mendung, sayang sekali.. so capture kamera saya tidak terlalu membidik danau Toba sebagus aslinya dengan penglihatan mata. Setelah makan siang, agenda lanjut nyebrang ke Pulau Samosir menggunakan kapal feri. Anginnya kencang banget dan ditengah perjalanan sempat hujan gerimis. Bahkan sampai di Huta Siallagan, kami hujan-hujanan. 

Ini moment lucu, kita ngikutin tarian Sigale-gale

Huta Siagallan ini merupakan sebuah desa wisata yang dulunya kerajaan kecil. Lokasinya dibatasi tembok batu 2 meter. Di dalam yang tinggal hanyalah keluarga raja. Rakyat biasa tinggal di luar tembok itu. 

Horas.. horas.. horas (3 kali) sapaan akrab untuk orang Batak. Di Huta Siallagan kita akan menemukan rumah bolon sebagai tempat bermukim suku Batak. Kabarnya rumah aslinya berukuran 3 kali lipat lebih besar. Desa ini dulu sempat kebakaran hingga menghanguskan seluruh rumah di tahun 1940. 

Diceritakan bahwa ada pohon di depan rumah bolon yang umurnya 500 tahun (namun sudah tumbang dulu), pohon yang sekarang ada umurnya baru 80 tahun. Didekatnya ada meja batu tempat diskusi raja dengan penasehatnya. 

Pintu masuk Huta Siallagan

Pohon ini dipercaya sebagai pohon kehidupan yang didalamnya konon bersemayam roh leluhur. Kalau diperhatikan, di antara rumah bolon itu ada satu rumah yang beda, dengan tanduk.. inilah rumah yang ditinggali Raja. 

Orang Batak zaman dahulu percaya pada dukun dan ilmu sihir, mereka tiap kampung bahkan punya datuk atau dukun sendiri. Di Samosir sendiri ada tiga raja, yang lain merupakan raja kecil. Fyi kawasan Huta Siallagan ini sudah masuk cagar budaya lho, tapi pemeliharaan masih dikelola keluarga. 

Cerita menariknya, selain percaya sihir, dulu raja Batak disini tidak punya agama. Raja baru memeluk agama sejak datangnya seorang misionaris dari Eropa ke pulau Samosir di tahun 1865. Sejak misionaris Jerman datang ke sini kanibalisme juga berhenti. Itu terjadi 500 tahun yang lalu.. Raja Henrik itu yang terakhir diakui pada zaman penjajahan… Dengan kebaikan penjajah Belanda, dulu tahun 1920 raja Batak di Samosir sudah punya foto.

Advertisements

2 thoughts on “A Journey at Toba Samosir, The Land of Batak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s