Liputan · MALUKU - Indonesia · MOUNTAIN · story · The Journey · Traveling

Pemandangan Gunung Api Banda dari Banyak Sisi

Pemandangan saat kapal hampir mendekat ke Pulau Banda Naira

Pendaki gunung atau sebut saja orang yang suka naik gunung pasti penasaran dengan Gunung Api yang ada di Banda Naira.

Bromo, Semeru, Tambora, atau Rinjani. Ini nama-nama yang familiar, deretan gunung yang ada di sekitar Jawa, Sumbawa, dan Lombok. Tapi Gunung Api yang ada di Banda Naira, siapa sih yang punya cita-cita naik gunung ini?? Tahu saja mungkin tidak. Saya kalau bukan karena undangan liputan juga tidak mungkin bisa sampai sana.

Dari kejauhan Gunung Api jadi pemandangan utama, bahkan sebelum sampai Banda Naira yang pertama-tama terlihat adalah Gunung Api yang disebut Pulau Gunung Api. Megah seperti gunung-gunung lain, menjulang tinggi puncaknya. 

Kawah Gunung Api Banda

Awan-awan bergumul disekitar kawah Gunung Api… Seperti pemandangan di gunung lain di Indonesia. Secara ajaib putih awan bagai kapas-kapas menempel. Mirip cotton candy ya?
Asapnya hanya sesekali terlihat, kalau naik speedboat dan menuju ke lautan di belakang Gunung Api akan lebih terlihat kawahnya seperti apa. Ada gradasi warna bekas letusan terdahulu, seperti warna bata merah maroon dan sisahan pasir yang meluncur ke laut.

Selain itu, dari Benteng Belgica, Gunung Api masih tampak gagah. Begitu pun di dermaga samping tak jauh jika berjalan-jalan mengitari pulau utama Neira.

Pemandangan Gunung Api Banda dari dekat dermaga di hotel Maulana

Paling suka bagian mana? Kalau saya sudah jatuh cinta sejak melihat Gunung Api Banda ini dari kapal. Sebelum mendarat. Dengan awannya di atas.. pemandangan dari jauh ini juga lebih menyeluruh tanpa terganggu background lainnya.

Selain wisata sejarah, lalu explore laut, mendaki Gunung Api Banda sangat direkomendasikan. Hanya perlu 2 jam mendaki saja. Waktu saya kesana sebetulnya bisa saja mendaki, tapi karena teman serombongan urung pergi sebab tanpa persiapan fisik, batal. 

Nekat?? Hehe kan sudah pengalaman. Mendaki gunung itu ibarat rejeki juga. Santai saja, keselamatan lebih penting dan tidak perlu memaksakan ego kita. 

Info dari wikipedia, Gunung Api Banda ini merupakan pulau juga yang ada di Laut Banda. Tinggi nya mencapai 646 meter dari permukaan laut. 

Terdapat 23 jenis burung di Pulau Gunung Api Banda yang merupakan jenis endemik di Kepulauan Banda. Kepulauan ini memang salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki tingkat endemik satwa yang tinggi, terutama dari segi jenis burung.

Saya cukup beruntung bisa berkeliling dengan speedboat menuju bagian belakang Gunung Api. Soalnya bensin di kepulauan itu kan mahal dan tak selalu ada ketika dibutuhkan.

Advertisements

9 thoughts on “Pemandangan Gunung Api Banda dari Banyak Sisi

  1. klo binaiya masih jauh ya kak dari gunung api itu.? bedewei bisa mendekat di gunung api itu aja udah keren bgt, aah pengen..

  2. Ih, mupeng banget deh. Waktu dari Papua kemaren, liat gugusan pulau sama gunung api ini dari pesawat. Langsung terpikir buat ngerencanain traveling kesini.
    Sepertinya jarang ya traveller yang hiking ke gunungnya? Patut dicoba tuh buat cerita baru.

      1. Iya waktu itu lagi cerah banget. Dan waktu itu pas naik pesawat kecil jadi terbang rendah, makanya bisa melihat dgn jelas.
        Ok, lumayan dapet tips nih kalau mau ke Banda ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s