Liputan · MALUKU - Indonesia · story · The Journey · Traveling

Mencicip Sunset dan Bawah Laut Pulau Hatta, Maluku Tengah

Balap ketinting, anak lokal di Pulau Hatta

Di Kepulauan Maluku Tengah ini, Banda Naira, cuaca didominasi gradien matahari yang seolah ada tepat di atas kepala kami. Berlebihan. Bagi penduduk kota yang sehari-hari bekerja di Jakarta. Beruntungnya disini tanpa asap dan polusi atau kepadatan jumlah manusia.

Judul tulisan kali ini panjang banget ya… 😄

Hari ke-3 dari 6 hari di Maluku, seusai beres liputan… Agenda lanjutan adalah piknik colongan. Keliling kepulauan Banda Naira. Makasih kepada Bintang Nutricia yang telah mengundang dan menfasilitasi.

We are the pirates

Btw saya belum pernah singgah ke luar wilayah benua Asia, tapi bisa ke pulau-pulau yang ada di negeri sendiri saja sudah merasa beruntung. Impian saya, bahagia saya juga sederhana saja. Memang bukan menjelajah Eropa, Amerika, atau Afrika. Tapi bukan hal yang mudah juga.. oke tak perlu disebut atau dijelaskan di blog. Rahasia.

Banda Naira masih punya cerita. Ada 11 pulau disini, tak semuanya bisa saya singgahi. Cukup beruntung ada beberapa pulau yang saya datangi bersama teman-teman wartawan dari Jakarta Dwina Republika, Adit Liputan 6.com, mas Ricky Jakarta Post teman-teman wartawan Ambon dan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia, Maluku Membaca, Sea Soldier.. dan maaf yang belum disebut ya ๐Ÿ˜€

Matahari terbenam memang pemandangan yang apik. Siapa saja kalau lagi traveling pasti mencari pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam. Beda-beda lho atmosfer magis dari moment ini.

Sunset yang telat di Pulau Hatta

Nah,.. saya mampir ke Pulau Hatta yang diberi nama demikian dari tokoh perjuangan Indonesia yang pernah diasingkan di Banda Naira, Moh. Hatta. Tadinya nama pulau ini adalah Resungging. Kini jumlah warganya sekitar 600 jiwa. Ternyata lumayan jauh buat kesini, perlu 30-45 menit naik speedboat.

Di Pulau Hatta banyak turis asing Eropa yang menginap. Homestay disini juga lumayan Rp. 250 ribu per malam. Jumlah turisnya banyak, tapi tidak sebanyak Bali juga sih. Ada lah sekitar 50 turis. Padahal disini minus air. Sumber air sangat jauh dan turis itu dilayani pemilik cottage dan guest house yang merupakan penduduk lokal setempat Pulau Hatta dengan membeli air dari pulau lain.

Menurut pak Supri Saidjan, warga lokal Pulau Hatta, sumber air bersih harus diambil di hutan yang tempatnya cukup jauh, ada di daerah kampung baru. No signal. Mungkin itu salah satu ketenangan yang bisa didapat. Selain walau dekat bibir pantai kamu sudah bisa menikmati bawah laut Maluku dengan snorkling.

Anak-anak di Pulau Hatta masih mau main dan minta difotoin

Saya bisa bilang memang unik. Disini 1 meter dari pantai lautnya kelihatan biru dalam. Serius waktu snorkling itu memang dalam dan berarus agak kencang. Biru dalam tapi kamu tetap bisa melihat variasi ikan yang cantik-cantik. Sayang nih saya kan ngga punya kamera underwater jadi nggak bisa pamer dan buktiin.

Terus yang saya suka banyak bocah pantai lagi asik berenang dan main ketinting (semacam perahu kecil). Yang mengejutkan lagi saya ikutan bocah-bocah ini balapan ketinting, saya naik di atas perahu kecil itu dan muat (berarti masih langsing banget ya) terus adek-adek ini yang jadi nahkodanya. Ah seru…

Ditengah capek karena main air, penghujung sore sunset yang dinanti-nanti akhirnya tiba. Walau agak telat, ha-ha-ha.. keasikan snorkling, main, fotoin anak-anak ini dan nggak terasa waktu hampir gelap. Btw gelap di sini mulai jam 18.30 waktu Indonesia Timur.

Usai sore yang magic! Malam itu pun perjalanan kembali ke Pulau Banda Naira langit bertabur bintang-bintang jadi suguhan menawan. Sukkaaaa banget! Sangat jarang di Jakarta bisa menyaksikan serpihan kilau di langit sana saat malam.