culinary · Kuliner · Liputan · MALUKU - Indonesia · story

Maluku dan Cerita Kuliner Khasnya

 

img_20161130_165847
Pisang Goreng di Maluku, Ambon… bedaaa

Sepanjang liputan di Banda Naira, Maluku, hampir tiap hari ketemu segala macam seafood. Berhubung dekat laut, harga ikan dan kawan-kawanan laut juga lebih murah. Pagi sekali begitu tiba di Bandara Patimura Ambon, mobil jemputan pun cussss cari sarapan di pinggir jalan sebelum sampai Pelabuhan Tulehu.

Tak sekedar ikan saja, disini yang beda adalah ketika makan bersama nasi kelapa. Mirip nasi uduk tapi beda rasa gurihnya, dilengkapi sambal colo colo yang khas Maluku. Sambalnya asam pedas, karena memakai perasan jeruk nipis, potongan tomat dan cabai.

Ikan yang begitu saja dibakar tadi karena masih segar terasa manis dagingnya. Sudah pas pokoknya bila dipadu sambal colo colo yang asam pedas. Semua terasa segar, walau sebenarnya kalau sarapan menu lengkap seperti ini terlalu kebanyakan buat saya.

img_20161126_070800
Ikan batu batu yang cuma dibakar, lalu ada nasi kelapa dengan tambahan potongan ikan tongkol dan bakwan, yang segar juga sambal colo colo dengan tambahan daun kemangi.

Kuliner yang buat saya mikir saat memakannya adalah kue Suami. Mikir aja, ketika tahu itu namanya suami. Kenapa juga ya dikasih nama itu. Unik memang namanya, Β makanan ini dibuat dengan bahan dasar kasbi (singkong) yang dicampur dan diolah dengan bumbu-bumbu khas lainnya.

Saya mencicipi saat mampir ke Pulau Banda Besar, di Desa Waer (disini nggak ada sinyal sama sekali) yang untuk kesana perlu naik speed boat 30 menit dari Pulau Naira. Buatnya unik, bukan sekedar singkong tapi ketika memeras airnya dengan cara manual di tindih batu kali.

Selain suami, yang buat saya meleleh sampai sekarang adalah waktu mencicipi kue Cara waktu sarapan di hotel. Nambah dong, nggak ngambil hanya satu. Tapi makan 2 saja sudah kenyang.

Kue Cara ini seperti kue talam atau kue lumpur menurutku, versi gurih tapi. Rasanya perpaduan gurih santan dan taburan ikan tongkol di atasnya yang buat enak. Karena memakai tambahan irisan cabai, kue ini seperti nyelekit pedas walau sebentaran.

img_20161130_165553
Rujak Natsepa, rujaknya beda bumbu kacangnya lebih banyak dan dominan πŸ™‚
img_20161128_142617_1480332241514
Kue suami, yang warna putih. Jadi kalau ditanya kapan punya suami? jejelin aja ini kue ke yang nanya πŸ™‚

Lalu pisang goreng di Ambon juga beda sama pisang yang ada di Jakarta. Rasanya manis matang di pohon dan besar-besar ukurannya. Coba aja kalau lagi di Ambon atau Banda Naira, pisang ambon disini digoreng tepungnya juga seperti dibalut gula jawa, padahal nggak sama sekali. Metode masak orang Maluku yang membuat rasa sama warnanya jadi beda.

Tapi kalau spesialnya, Maluku itu terkenal dengan buah Pala, bahkan sumber penghasil Pala di abad ke-16. Terutama di Kepulauan Banda Naira. Jadi kalau ke Maluku terlebih mengunjungi Banda Naira, harus banget nyicipi aneka olahan buah Pala.

Meski di Pulau Jawa kita biasa menemukan manisan buah pala. Masih banyak olahan Pala, seperti selai Pala, sirup Pala. Kalau di cafe sekitar pulau Naira kamu bisa menemukan yang menjual pancake nutmeg (nutmeg bahasa Inggris Pala). Rasanya beda, ada asam dan aroma pala.

Dan yang terakhir saya coba sebelum take off ke Jakarta .. Rujak Natsepa. Ini rujak buah-buahan sebenarnya, namanya menjadi Natsepa karena dijual di pinggir Pantai Natsepa. Yang membuat rujak ini beda, bumbunya diuleg bersama kacang yang mendominasi bikin gurih. Jadi bayangkan saja, saat panas cocok banget makan Rujak Natsepa ini sambil kepedasan.

kue-cara
Kue Cara, rasanya gurih enak dari kelapa dan taburan ikan tongkol, ada pedas cabenya pula πŸ™‚

Advertisements

10 thoughts on “Maluku dan Cerita Kuliner Khasnya

  1. aduh lihat makanan2nya bikin ngecesss
    unik unik ya makanannya … tapi bagi saya yang paling bikin penasaran pisang gorengnya … hehehe .. soanya saya suka banget pisang goreng πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s