BANGKA BELITUNG - Indonesia · Indonesia · Liputan · story · The Journey · Traveling

Menumbing Heritage, Ini Lho …Hotel Bersejarah di Bangka!

Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah, disingkat “Jasmerah”. Ini semboyan terkenal yang diucapkan oleh Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia tanggal 17 Agustus 1966.

Dikutip dari Wikipedia, Jasmerah adalah judul yang diberikan oleh Kesatuan Aksi terhadap pidato Presiden, bukan judul yang diberikan Bung Karno. Presiden memberi judul pidato itu dengan Karno mempertahankan garis politiknya yang berlaku “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah”.

Ngomongin soal sejarah, saya suka banget kalau diiming-imingi buat pergi traveling ke tempat yang menyimpan cerita masa lampau atau bersejarah. Museum salah satunya, tapi selain museum ada satu hotel bersejarah yang akan sayang kalau saya nggak ulas di blog!

Perpustakaan di dalamnya ada buku-buku dan ruang ini bisa serbaguna juga, arisan cantik kali ya 😁

Kalau kamu berkesempatan ke Pulau Bangka, entah itu dalam kesempatan traveling atau bisnis dan dinas luar kota, coba deh untuk booking menginap di Menumbing Heritage Hotel. Terletak di Jl. Gereja No. 5, Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan hotel dengan cerita sejarah di Pulau Bangka.

Berjarak hanya 9 km dari Depati Amir airport dan sangat dekat dengan pasar tradisional untuk melihat dan berbelanja langsung seperti warga lokal menjadi nilai plus untuk menginap di sini.

Saat memasuki lobby Menumbing Heritage Hotel di Bangka, kamu bisa langsung merasakan atmosphere bersejarah dengan konsep bangunan yang modern. Seperti dibawa ke sebuah perjalanan kembali ke era kolonial melalui arsitektur yang beberapa bagiannya masih mempertahankan bentuk aslinya.

napoleon-at-menumbing-heritage
ketemu Napoleon!

Semuanya didominasi warna putih, warna kesukaan saya 🙂 ..

“Awalnya di tahun 1903, bangunan ini merupakan sebuah rumah kapiten yang kemudian direkonstruksi ulang menjadi sebuah hotel oleh kakek saya, Ishak Buntaran di tahun 1980,” ujar Derrick Buntaran Managing Director Menumbing Heritage.

Dan ini merupakan hotel yang pertama kali dibangun di pulau tersebut, Menumbing Heritage Hotel lantas menjadi icon Pulau Bangka yang diakui oleh Badan Pariwisata Daerah. Selain itu, dengan kehadiran hotel ini juga menjadikan kota Pangkal Pinang sebagai pusat bisnis di Pulau Bangka.

Berkeliling ke kompleks hotel yang bekas barak militer ini, buat orang modern mungkin adalah saat foto-foto.. Hahaha jujur aja saya nggak tahan buat nggak jepret sana sini, karena suka dengan sudut-sudut interiornya.

Sejak di pintu masuk, berada di sebelah kiri kamu akan menemukan wall of history yang bertuliskan sejarah tentang hotel ini. Tapi begitu baru sampai tentu aja kamu akan melihat lobby mungilnya dengan design yang berselera entah di abad mana.

Kemudian ada beberapa ruangan di dalam hotel seperti perpustakaan yang bisa dijadikan lounge atau tempat meeting kecil. So, let’s take the picture… sambil ngulik buku-buku yang ada di dalamnya!

Satu tempat yang harus banget dilihat pastinya restoran yang lokasinya dekat dengan kolam renang. Masih dengan nuansa putih Menumbing Cafe dan Bar punya menu-menu khas Bangka, termasuk jus Nanas yang bikin saya ketagihan dan bakmi Bangka.

opening-menumbing-heritage
suka dengan suasana malamnya, habis hujan 🙂

Menjelang sore hari secangkir kopi panggang yang terbuat dari biji kopi lokal Bangka dan roti bakar bisa menjadi padanan yang pas. Kalau ingin sesuatu yang terasa kota sekali kamu bisa menemukan cocktail dan mocktail dari racikan spesial bartender.

Hotel ini memiliki 54 kamar dengan design yang cantik. Cuma saya nggak potret kamarnya, karena berhubung berantakan ketika langsung saya tempati.. hehe. Temukan fasilitas istimewa di tipe signature suite room yang dilengkapi dengan hypo-allergic pillow dan juga personal coffee machine di dalamnya. Adapun fasilitas lain yang dimiliki hotel antara lain kolam renang yang buka setiap hari dari jam 6 pagi hingga 8 malam, laundry service, city tour, penjemputan dari airport dan ruangan meeting untuk 100 orang.

Selain menjadi lokasi favorit untuk foto pre-wedding, Menumbing Heritage Hotel bisa menjadi pilihan tempat resepsi pernikahan yang didukung oleh tim banquet professional yang memastikan acara pernikahan akan terasa memorable. Mungkin lebih ke pesta yang private sekitar 500 orang akan lebih dapet suasananya.

suasana-restoran-di-menimbung-heritage-hotel
suasana cafe dan bar tempat sarapan maupun ngopi sore 🙂

Sayangnya hanya satu aja, ini pun buat saya kaget. Lokasi pintu gerbang hotel tepat di depan pasar. Sekarang masih terlihat kumuh ketika pagi maupun siang, namun kedepan menurut pihak pengelola pasar tetap akan ada di sana namun lebih tertib, bersih dan rapih nantinya.

Advertisements

9 thoughts on “Menumbing Heritage, Ini Lho …Hotel Bersejarah di Bangka!

  1. Noted! Izin bookmark mba Dyah. Klo ke Bangka kayanya ini ga bisa dilewatin deh, cozy parah tempatnya, apalagi ubinnya masih asli gitu yah. Wuhuu
    Btw nice shared Mba, salam kenal 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s