Indonesia · JAVA - Indonesia · The Journey · Traveling

Senandung Laut di Pantai Yogyakarta

Hamparan air biru pantulan dari langit menyambut, meski belum benar benar sampai di ujung pantainya. Menuruni bukit dengan jalan kecil meliuk hanya muat satu mobil, pemandangan kanan kiri adalah bebatuan karts khas Gunung Kidul.

Ombak meliuk-liuk, cukup besar gumpalan-gumpalannya. Siapa yang akan berani berenang di pinggir pantai dengan ombak seperti marah ini? Palang peringatan pun tak memperbolehkan pengunjung pantai untuk berenang, karena siapa yang berani mendekat bisa saja tertelan senandung riuh ombak di Pantai Pok Tunggal ini.

Kalian pasti sudah tahu, kalau wisata di Jogja bukan cuma candi. Pelancong yang sengaja datang ke Jogja juga kini tak hanya mengenal Jl. Malioboro saja. Wilayah di selatan pulau Jawa ini terkenal akan pantai-pantai cantik berpasir putih dan tersembunyi juga.

Di tahun 2012 silam saya pernah menulis soal Senja Eksotis di Pantai Indrayanti . Waktu itu tak sengaja kesana karena liputan jelajah gizi dan tak lama membujuk ayah saya buat liburan kesana.

Nah, tak jauh dari Pantai Indrayanti, ada juga pantai bagus yang untuk menuju kesana hanya ada jalanan kecil sehingga bus rombongan besar tidak bisa masuk (jelas ini keuntungan pantainya ga begitu rame). Karena memang liburan kilat (saya cuti hanya sehari), hanya satu pantai ini saja yang kami singgahi, selebihnya explore Kota Jogja dari kuliner hingga candi yang belum sempat dilihat.

Pantai Pok Tunggal punya satu tebing yang bisa dinaiki, ketinggian sekitar 300 meter mungkin ya soalnya naiknya sebentar. Dari atas tebing kamu bisa melihat pemandangan laut yang lebih luas. Bunyi ombak yang berdesir-desir pun kedengaran sempurna 🙂

Cuacanya panas terik meski ini bulan Oktober! Jangan lupa pakai sunscreen dan bawa sunglasses dan lebih baik jika berjalan tanpa alas kaki. Rasakan,… bulir-bulir dari pasir pantai, lalu abadikan birunya laut itu dalam frame kamera kamu.

Pantai bagus bukan cuma ada di Bali, Jogja juga punya sederetan pantai pasir putih tersembunyi. Kalau bingung rute kesana gunakan GPS gmaps, berkendara sekitar 50KM dari pusat Kota Yogyakarta atau 1,5 jam waktu tempuh ke arah Wonosari, kamu bisa menemukan satu di antaranya.. Pantai Pok Tunggal ini. Lumayan tak begitu padat soalnya jalan masuknya cuma muat mobil kecil.. Rombongan se-RT bus gede yg suka menuhin site bagusss gakan bisa kesini, kecuali mau jln kaki 😂😂💦💦🌈🐢🐢🐢💨💨. . #familytrip #beach #blue #sky #nature #jogja #tripjogja #nikon #nikon_photography #instanusantara #jalanjalanmen #jalanjalanjogja #jalanjalandijawa #jalanjalanterus #traveling #travelingindonesia #indonesia #yogyakarta

A post shared by Dyah Ayu Pamela (@dyah_pamela) on

Pantai yang relatif sepi, padahal itu hari Minggu.. ya mungkin karena jalan masuknya kecil rombongan bus tak bisa sampai sini, kecuali bus kecil kapasitas 50 orang. So, mau foto-fato cantik nggak akan ada yang ganggu juga.

How To Get There ???

Berkendara mobil dari Jakarta ke Jogja mungkin bagi sebagian besar orang berat ya? tapi kalau acara liburan keluarga selalu begitu. Kami overland ke Jawa Tengah, menempuh perjalanan sekitar 8-10 jam.

Bila sudah sampai pusat kota Jogja kamu bisa pakai GPS, Gmaps.. lalu jalan ke arah Wonosari. Perjalanan menempuh sekitar 1-1,5 jam. Ada banyak plang tanda petunjuk jalan menuju lokasi. Sebelumnya akan melewati kawasan Gunung Kidul, berbagai kawasan wisata seperti Goa Pindul.

Berdampingan dari lokasi juga masih ada banyak pantai kalau memang punya banyak waktu lama. Biaya masuk ke kawasan ini Rp. 10.000 per orang dan ketika masuk kawasan tiap pantai pasti diminta retribusi seikhlasnya.

pantai-pok-tunggal

Berikut peta nya :

Advertisements

8 thoughts on “Senandung Laut di Pantai Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s