Backpacker · Indonesia · JAVA - Indonesia · MOUNTAIN · story · The Journey · Traveling

Morning Sunshine Mt. Prau!

 

Morning Sunshine Mt. Prau 1 for blog
Sebelum gelap benar-benar berganti dengan cahaya sinar matahari, ada semburat merah yang menawan di atas sana

Jika ingin menguji keberuntungan, sesekali pergilah ke gunung. Apakah langit cerah dan sunrise menawan yang kamu dapatkan? atau awan gelap mendung dan cuaca hujan? Bisa dibilang cuaca saat kepergian juga akan menggambarkan suasana kehidupan kamu.

Ah,… berlebihan ya, tapi dari beberapa gunung yang ku jelajahi jelas sekali wajah alam  itu menggambarkan suasana hati dan kehidupan setelahnya. Gunung Rinjani yang cerah, panas luar biasa menggambarkan semangat dan gairah hidup. Gunung Semeru yang terasa kelam melow, berkabut sekali saat pulang maupun pergi.

Lalu Kerinci lumayan sejuk, gerimis kecil kadang-kadang, dan asap belerang menghalangi pandangan. Ya… bisa dibilang so.. so.. buat saya bukan the best view sebuah gunung, tapi perjalanannya penuh makna. Terutama selama melewati shelter 3 dan summit attack!

DSCN9797
Mentari sudah betul-betul naik dan langit terlihat secerah-cerahnya 🙂

Yang terakhir banget di tahun 2016 ini, awal Agustus silam saya ke Gunung Prau dan pemandangan indah disana mengesankan suatu kehidupan yang baik. Ada pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing bila sudah sampai di puncaknya, lebih jauh ke sana ada Gunung Merapi dan Gunung Merbabu agak tertutup bias indah awan-awan langit.

Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia. Gunung Prau atau yang sebenarnya tulisan betulnya adalah Gunung Prahu merupakan tapal batas antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo.

Puncak Gunung Prahu merupakan padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Bukit-bukit kecil dan sabana dengan sedikit pepohonan dapat kita jumpai di puncak. Gunung Prahu merupakan puncak tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, dengan beberapa puncak yang lebih rendah di sekitarnya, antara lain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah.

DSCN9796
Pemandangan bisa dari sudut mana saja, tapi kalau agak dekat ke bukit semakin terlihat meski jauh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Setidaknya ada tiga jalur yang dapat digunakan untuk mendaki Gunung Prahu, yaitu jalur Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, jalur Patak Banteng, Wonosob, jalur Kenjuran, Kendal, dan jalur Dieng. Tentu akan berbeda bagaimana indahnya perjalanan di tiap jalur.

Kalau lewat jalur Dieng, kamu akan ketemu Candi tersembunyi. Ini setidaknya harus melewati pemukiman warga sekitar Dieng juga dan menemui semacam perkebunan yang mirip juga dengan jalur Patak Banteng.

Layaknya dataran tinggi lainnya berbentuk terasering, sehingga tatanan tanah dan kebun itu memang yang membuat semua keindhan tercipta dari atas. Mereka para petani kebanyakan menanam kembang kol dan kol serta umbu-umbian kentang, termasuk bawang bombai dan daun bawang.

DSCN9777
Sampai sekarang masih terpukau sama indahnya sunrise di Gunung Prau, enak banget buat tempat kontemplasi

Nah, boleh juga dicoba untuk menggunakan jalan lain yang waktu tempuhnya pun berbeda. Kalau saya, cukup sekali aja ke sebuah gunung. Soalnya masih banyak gunung yang perlu dijelajahi dan belum tentu cukup waktu untuk bisa sampai kesemua tempat itu.

Belum Gunung Rantemario di Sulawesi, belum Merapi dan Merbabu di Jogja, belum beberapa gunung Tambora di Sumbawa dan betul-betul kepingin bisa sampai Gunung Fuji di Jepang. Ah,… ngimpi dulu..

DSCN9823
Jadi awan-awan itu akan naik ketika hari makin siang di gunung
Advertisements

6 thoughts on “Morning Sunshine Mt. Prau!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s