Backpacker · Indonesia · KALIMANTAN - Indonesia · The Journey · Traveling

Fall in Love with Maratua Island

foto (21)
Birunya,…. birunya….. aslinya buat takjub

Biru turquoa, warna lautan yang terbentang di depan sana. Pantulan cahaya terik membuat lautan sekitar Maratua semakin biru mempesona. Saat itu,…. saya berada di Maratua Paradise Resort, sebuah resort sama halnya water villa seperti hotel tapi berlokasi di atas laut agak dekat ke pantai dan ada dermaga kecil untuk singgah.

Tak harus ke Maldives, Indonesia punya Maratua yang pantai dan lautnya sudah indah apa adanya tanpa diedit. Sedihnya,… tempat saya singgah, Maratua Paradise Resort yang indah ini bukan punya orang Indonesia, tapi punya negara tetangga 😦

Agaknya memang tidak terlalu aneh, sebab letak Pulau Maratua sebagai pulau terluar Indonesia yang ada di Laut Sulawesi memang berbatasan dengan negara Malaysia. Tapi,…. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur.

Pulau berbentuk kecil panjang dan berlengkung tajam ini berada di sebelah selatan dari Kota Tarakan. Nah terjawab sudah, kenapa ada juga yang berkunjung ke Derawan lewat Tarakan.

Maratua meneduh
Saking panasnya cuaca di Maratua Island, saya pilih meneduh dulu….

Seperti mimpi bisa sampai ke Maratua. Dalam rombongan trip bersama Derawan Fisheries, Indonesia Paradise, dan Meet and Trip 05 kala itu …

Cuaca panas tak membuat jera. Rasanya matahari betul-betul di atas saya. Tapi menilik keindahan warna lautnya semua jadi terabaikan. Jepret bidikan kamera memotret lautan biru memantul dari tiap silau matahari yang mencoba menyeruak masuk ke air.

Bening,…. dan menenangkan meski di cuaca terik. Dan mungkin, saya yang memang lebih cocok dengan suasana hijau dan sejuk pegunungan tetap merasa kepanasan. Jujur tapi hati ini tetap jatuh cinta dengan keindahannya,… Pulau Maratua.

Maratua memang dekat dengan Derawan, cukup satu jam bila menggunakan speed boat. Nggak heran juga kalau Maratua yang jadi persinggahan pertama saya di hari pertama trip Kepulauan Derawan. Nama Maratua itu sebetulnya juga berarti mertua, semacam nama plesetan seperti Derawan yang sebenarnya perawan, Kakaban artinya kakak, dan Salangaki artinya sang lelaki. Hmmmm bisa aja yang buat nama 🙂

Maratua Blog

Pulau Maratua, di antara Sangalaki, Kakaban dan Derawan – yang membentuk Kepulauan Derawan memang memiliki reputasi untuk menawarkan beberapa pengalaman agak unik.

Di Kepulauan Derawan ini satwa laut, ikan karang termasuk hiu thresher, barracuda, ikan kakap, mackerel Spanyol, jack, surgeonfish, karang abu-abu, dan karang hiu putih, pari manta dapat ditemukan di daerah ini.

Terumbu karang juga rumah bagi variasi yang luar biasa dari karang, beberapa di antaranya sangat langka, dan punya berbagai ukuran seperti kima raksasa (FYI ini dilindungi ternyata, jangan dimakan ya guys kima-kima).

foto (29)
Mengabadikan si biru laut

Pulau Maratua jadi satu pulau yang paling saya suka, … ya walau Kepulauan Derawan itu begitu luas dengan total atol besar tapi hanya memiliki populasi kecil nelayan yang tinggal di lima desa yang tersebar di seluruh atol, lingkungan laut di sini masih dalam kondisi luar biasa.

Sementara Maratua Paradise Resort sendiri yang ada dalam foto-foto di blog ini adalah sebuah resort nyaman untuk ditinggali di pulau Maratua. Mereka memiliki villa air eksotis, aula utama, pavilion penyu, pusat menyelam semua terletak di rumah panggung di atas air.

Resort ini bisa dibilang salah satu resort terbaik di Pulau Maratua, tapi ya kok pemiliknya warga negara malaysia. Tidak banyak pilihan memang di pulau ini untuk tinggal kecuali homestay. Disini tarif yang dikenakan adalah per orang per malam termasuk makan pagi, siang dan malam, karena sulit jika wisatawan harus mencari makan sendiri. Kamarnya sendiri tepat diatas pantai dan menghadap laut.

Maratua
Matarua Paradise Resort dari atas…. dok foto : Maratua Paradise Resort

 

Advertisements

15 thoughts on “Fall in Love with Maratua Island

    1. iya cocok banget buat honeymoon, tapi harus pesan yang private trip dan nginepnya di Maratua Paradise Resort… kalau nginep di Pulau Derawan bisa juga ke Fisheries Eco Villa yang lebih avordable harganya, vila nya juga nggak kalah bagus buat honeymoon dan bisa keliling Pulau Derawan nya naik sepedah terus kulineran seafood… ya kalau mau ke Maratua Paradise Resort tetep bisa berkunjung pakai speedboat yang termasuk paket trip keliling kepulauan Derawan, Maratua, Salangaki, Kakaban 🙂

  1. Asli, blognya cantik banget, ulasannya juga bagus. Jadi tergerak pengen main ke martua hahah padahal gw tinggal di Balikpapan. Salam kenal ya Dyah Pamela 🙂

  2. Maratua dan laut di sekitar Derawan itu memang benar-benar membukakan mata bahwa Indonesia itu cantik. Beruntung ya Mereka ada di Indonesia jadi tidak perlu paspor untuk mendatangi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s