story · The Journey · Traveling

Scuba Diving Buat Pemula

 

DSCN8945
Bang Toni lagi menjelaskan alat dan fungsinya

Saya suka “iri” dengan mereka yang jago renang. Saya juga “iri” dengan mereka yang berkantong tebal (atau memang niatin banget nabung buat sekedar diving) dan bisa bolak balik diving menyelami keindahan laut yang tak kalah megah dengan hutan pegunungan.

Ah,,… karena tahu hobi ini mahal, makanya saya jauh-jauh buat menghindar dari menyukai diving. Kalau niat kalau mau, dilatih dan rajin pun bisa kok diawali dengan latihan free dive, tergantung seberapa diri sendiri membuat kegiatan menarik dan menjadi antusias. Tapi bagi saya pribadi snorkling itu sudah cukup buat senang lihat ikan cantik lari-larian. Tak ada ekspektasi lebih, ya daripada patah hati ngarep diving 😀

Sekali seumur hidup aja, kepingin nyobain diving. Dan,…. kesempatan itu pun datang saat terpilih sebagai salah satu traveler yang ikut trip GRATIS ke Pulau Derawan bareng Derawan Fisheries, Meet and Trip dan Indonesia Paradise di bulan Mei 2016 lalu. Hore!!!!

Diving sendiri sebenarnya luas, bukan sekedar nyemplung ke dalam air dengan bantuan alat-alat menyelam. Diving merupakan kegiatan di dalam air, dapat berupa olahraga, penelitian, pekerjaan atau sekedar fun dan hunting foto. Derawan Fisheries  mengundang Toni Sigarlaki yang asli orang Manado, seorang instruktur diving dari lembaga SSI (Scuba School International).

DSCN8948
Latihan didampingi beberapa instruktur

Bang Toni menjelaskan beberapa hal yang harus diketahui oleh pemula untuk kegiatan discovery diving ini. Pertama dia mengenalkan tentang alat-alat yang dipakai untuk scuba diving.

“Paling tidak harus mengenali dulu alat yang akan digunakan di bawah nanti, jadi kita kenalkan dengan alat serta fungsinya supaya paham saat menggunakan,” Jelas Bang Toni.

Kenapa disebut scuba diving? Karena penyelaman menggunakan alat bantu yang bernama SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) yang jika diartikan kurang lebihnya peralatan untuk bernafas dalam air. Beberapa peralatan scuba diantaranya:

1. Tabung = digunakan untuk menyimpan udara
2. Regulator = Selang untuk menyalurkan dari tabung ke mulut
3. Oktopus = Berguna untuk menyembungkan dari selang regulator ke mulut (digigit)
4. Deep gauges = Alat pengukur kedalaman
5. Presure gauges = Alat untuk mengukur tekanan / kapasitas udara dalam tabung
6.  BCD = Alat berbentuk rompi yang berguna untuk menempelkan tabung ke badan kita, untuk menopang tubuh.
7. Weight belt = Alat yang berupa besi dan sabuk untuk menambah berat kita supaya dapat tenggelam
8. Wetsuit = Berupa baju selam yang menutupi rapat tubuh kita
9. Masker = Untuk melihat dalam air
10. Fin = Alat bantu yang sering disebut kaki katak

Paling penting saat scuba diving untuk pertama kali menurut saya, bersikaplah tenang. Perhatikan instruktur ketika menjelaskan. Sebagai pemula ya kenali dulu alat serta fungsinya. Perhatikan bernafas, yaitu lewat mulut dan lupain nafas lewat hidung karena nanti di masker akan muncul cela udara masuk yang akibatnya cela sedikit pun bisa membuat air masuk.

DSCN8947

Terutama penyebab masker bocor juga terjadi karena salah saat memakainya. Biasanya kan tali dibelakang dulu, cara yang benar menurut Bang Toni tempatkan frame masker di wajah dan tahan hingga kedap udara dan tak jatuh meski tali belum dikaitkan.

Lebih lanjut, Bang Toni menjelaskan ada dua jenis diver dalam dunia diving, pertama yang golongan sertifikasi dan kedua yang non serifikasi. Nah, discovery diving bukan termasuk yang sertifikasi.

“Batasnya hanya 6 meter saja karena di kedalaman itu kurangnya resiko terhadap tubuh kita. Dan tujuan discovery diving ini hanya untuk menikmati sensasi diving saja, hanya sebentar memang,” ujar Bang Toni lagi.

Perbedaannya pun besar antara discovery diving dengan kegiatan diver untuk mendapat sertifikasi. Mereka yang mengambil sertifikat tak berhenti mengenal alat, fungsinya dan cara menggunakannya saja. Tapi belajar teknik diving dan ada kelas pengetahuan resiko terhadap tubuh saat melakukan kegiatan menyelam.

Non sertifikasi seperti discovery diving ini rata-rata berdurasi sekitar 1 jam, tapi Bang Toni bilang akan berbeda di tiap peserta. Tergantung bagaimana peserta menggunakan udara di tabung, ada yang merasa dingin saat menghirupnya naik ke tenggorokan, jadi cepat-cepat naik. Ada yang merasa kupingnya sakit disebabkan tekanan udara di bawah air jadi harus sering-sering melakukan equalising dengan memegang hidung.

DSCN8942
Siap-siap buat discovery diving bersama Derawan Fisheries

Sementara untuk mengejar sertifikasi biasanya dilakukan selama 4 hari 3 malam dengan 4 kali praktek diving dan akan lebih banyak kelas. “Tergantung peserta, paling dikit 2 orang jadi lebih mahal. Kalau 5-6 bisa datangkan assisten instruktur,” sebut Bang Toni lagi.

Bang Toni juga sedikit memberi pengetahuan soal lembaga untuk mengambil sertifikasi diving. Yang menurutnya sebenarnya memiliki standart dan cara mengajar yang sama. Hanya saja memang banyak yang lebih memilih PADI (Professional Association of Diving Instructors) karena sudah lebih lama.

SSI dari Australia dan PADI dari Amerika, untuk lembaga yang di dalam negeri ada POSSI. Perbedaannya POSSI masih tahap nasional untuk sertifikasi diving-nya diluar tak bisa tapi kemudian sekarang menurut Bang Toni POSSI sudah bekerja sama dengan lembaga sertifikasi dari Prancis, jadi tak masalah.

Untuk mencoba discovery diving ini kata Bang Toni biayanya sekitar Rp. 500.000 sudah termasuk dengan tempat latihan menyelamnya yang rata-rata sudah ditentukan. Tempat latihan discovery diving biasanya tak bisa terserah murid, begitu juga untuk yang latihan yang bersertifikasi.

 

Advertisements

4 thoughts on “Scuba Diving Buat Pemula

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s