Backpacker · Indonesia · JAMBI · MOUNTAIN · PADANG - Indonesia · story · SUMATERA - Indonesia · The Journey · Traveling

Let’s Go! Pendakian Bersama Gunung Kerinci

DSCN9532
Pagi sebelum mendaki Gunung Kerinci di kebun teh, masih belum kucel, habis mandi

My nexy journey…. akhirnya sampai juga pada pendakian ke sebuah Gunung berapi tertinggi di Indonesia. Kerinci! InsyaAllah…. Setelah sebulan yang lalu trip bersama group yang lumayan besar (25 orang) ke Pulau Derawan di Berau, Kalimantan Timur.

Dan kepergian kali ini juga dengan group yang lebih besar. Nggak tanggung-tanggung sekitar ber-38 orang, pendakian bersama Consina. Kalau belum tahu, Consina itu brand outdoors termasuk alat-alat gunung. Kebetulan ada teman yang ngajakin buat gabung, ah pas banget karena buat ke Kerinci itu perlu tim handal dan tahun depan agendanya beda! Sepertinya sudah nggak memungkinkan pergi seminggu full buat ke gunung.

Sebenarnya sebelum ke Derawan saya juga sudah berencana ke Kerinci di bulan Mei 2016 kemarin, tapi karena sempat ada pemberitaan Kerinci status waspada pada April lalu ya nggak jadi. Menurut panitia sekarang sudah aman nih Kerinci, semoga saja ya… berjodoh dengan Kerinci.

Seperti biasa saya tulis di blog cerita persiapannya sebelum berangkat, gimana dan apa saja rencana-rencananya. Gimana pun ke gunung itu beda, butuh persiapan fisik lebih tentu saja ๐Ÿ™‚

Sekilas dulu ya soal kenapa memilih Gunung Kerinci untuk didaki dan dimanakah Gunung Kerinci berada??? Gunung Kerinci, dikenal sebagai Gunung Gadang, Berapi Kurinci, Kerinchi, Korinci, atau Puncak Indrapura. Sebuah nama untuk gunung tertinggi di pulau Sumatra, merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia, dan puncak tertinggi di Indonesia di luar Papua.

Terletak di Provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat, di Pegunungan Bukit Barisan, dekat pantai barat, dan terletak sekitar 130 km sebelah selatan Padang. Gunung ini dikelilingi hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra. Uhuhuhu semoga nggak ketemu Harimau di hutan-hutannya ๐Ÿ™‚

foto (8)

Puncak Gunung Kerinci berada pada ketinggian 3.805 mdpl, ini dia bagian yang menantang bagi saya pribadi sebagai seorang pendaki (amatir). Dari ketinggian ini tentu saja kita bisa melihat di kejauhan membentang pemandangan indah Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu.

Bahkan Samudera Hindia yang luas dapat terlihat dengan jelas. FYI menurut sumber wikipedia Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Hmmmm, keren kan??? lebih keren dari Gunung Rinjani nggak ya?? kita lihat nanti…

Dengan jadwal pendakian sekitar 4 hari naik dan turun (kurang lebih seperti ke Gunung Rinjani), tapi beda juga kali ini transportasi yang akan saya gunakan adalah bus. Kebayang gimana? dua hari perjalanan bus… pulang dan pergi. Tapi tim Consina menurut teman yang merekomendasikan sudah oke banget kalo buat trip pendakian. Terakhir bos-nya temenku itu ikut pendakian bareng ke Rantemario di Sulawesi dan katanya oke banget sudah pengalaman.

Seperti biasa kalau mau pendakian saya jogging lebih rajin, paling tidak seminggu 3-2 kali buat latih stamina. Tapi dari pengalaman sebelumnya menurut saya ya paling penting soal antisipasi cuaca dingin. Jangan lupa jaket bahan polar sebagai jaket anti dingin buat muncak. Buat penghangat juga perlu baju thermal, termasuk kaos kaki tebal, dan sarung tangan thermal biar nyaman saat tidur.

foto (26)
trekking di shelter 3 yang aduhai, menantang dan beda dari gunung lain di Indonesia

Sekedar sharing aja, trip ini mencakup untuk fasilitas :

Bus Pariwisata, medium (31 seat), AC, kursi2-2 (tanpa toilet). Penginapan Home stay Paiman Kersik Tuo, 2 malam. Makan peserta sebanyak 7X selama di homestay. T-shirt PBC Kerinci 2016. Tiket masuk TNKS dan Danau Gunung 7 Wisata Danau Gunung Tujuh,Asuransi perjalanan (Jakarta โ€“ Jambi) Pemandu pendakian, Sticker Consina Outdoor Services, Free Jersey Event Consina dan Door prize Consina.

Tapi biaya Rp. 1.750.000 belum termasuk konsumsi diluar yang ditentukan, peralatan camping (tenda, sleeping bag, matras) dan peralatan masak. Hehe kalau yang ini kebetulan sudah punya semua jadi tidak masalah.

Seperti biasa kalau ingin mendaki ada perlengkapan pendakian pribadi yang harus dibawa seperti : carrier 50-80 liter (sesuai kebutuhan), tas 15-20 liter, jaket (bahan polar disarankan), jas hujan atau ponco, sleeping bag, matras, sepatu trekking (lebih dianjurkan), pakaian secukupnya (sekitar 3 pasang), sarung tangan, kupluk atau multifunctional headware, senter atau headlamp dan baterai cadangan, obat-obatan pribadi, kaos kaki secukupnya (sekitar 3 pasang), sandal, trekking pole, kamera dan baterai cadangan, pisau Lipat atau multifungsi, botol air minum (thermos), alat makan (piring, sendok, garpu dan gelas), perlengkapan mandi, sunblok, lip balm, sunglass, topi rimba (jika ada), dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.

Sementara untuk perlengkapan pendakian kelompok ada tenda, fly sheet, alat masak dan bahan bakar, konsumsi selama pendakian, tali rafia, tissue basah dan kering, trash bag dan kantong plastik.

DSCN9584
Kalau ini saat sudah hampir puncaknya

Itinerary Gn. kerinci

DAY 1. (Sudah di Jambi) homestay Paimanan

05.00 Bangun, sarapan dan persiapan pendakian (B, L) re packing
06.00 Berangkat menuju Pintu Rimba
07.00 Start Pendakian (Pintu Rimba, pos 1, pos 2, pos 3, shelter 1)
12.00 Makan siang di Shelter 1 (jika memungkinkan)
17.00 Tiba di Shelter 3 dan bermalam
Atau kalau jalannya memang lambat baru sampai jam 19.00 malam

DAY 2

SHELTER 3 โ€“ PUNCAK KERINCI โ€“ KERSIK TUO
03.00 Bangun, sarapan dan persiapan pendakian
03.30 Start pendakian menuju Puncak Kerinci
06.00 Tiba di Puncak Kerinci, menikmati pemandangan dan foto-foto 07.30 Turun kembali menuju Shelter 3
09.30 Tiba di dishelter 3, Istirahat, makan pagi dan packing
11.00 Turun menuju Pintu Rimba

13.00 tiba di shelter 2, solat zuhur makan siang,

15.00 tiba di pos 3
18.00 tiba di pos rimba
Malam sebelum jam 20.00 sudah di basecamp Paimanan

DAY 3

05.30 Bangun solat dan makan pagi
06.30 Berangkat menuju pos registrasi Danau Gunung Tujuh 07.00 Start
(Pilihan lain ke Danau Kaco)

19.00 Berangkat pulang menuju Jakarta

Ohya, kalau memang tidak tertarik buat ikutan pendakian bareng Consina, kamu bisa pergi sendiri bareng kelompok kamu. Hubungi aja Mas David, kenalan guide lokal saya yang juga saudara (masih keluarga) dari pemilik Homestay Paimanan di Jambi : no telpon 082185335453

Meski pergi dengan group besar ber-38 orang, tapi kami dibagi beberapa kelompok dan tenda supaya teratur dan nyaman dalam pendakian. Satu kelompok terdiri dari 8 orang yang juga bisa mengatur untuk menyewa porter selama pendakian. Tidak ada salahnya pergi dengan banyak orang, buktinya kepergian ke Derawan kemarin justru fun dan makin bisa belajar dari banyak orang dengan perbedaan usia serta karakter.

 

Advertisements

3 thoughts on “Let’s Go! Pendakian Bersama Gunung Kerinci

    1. Iya, kalau follow instagram mereka ternyata sudah beberapa tahun adakan event serupa, bahkan pendakian ke Luar Negeri seperti Gunung Kinabalu dan puncak tertinggi dunia.. kalau jumlahnya sih memang bawa rombongan se-RT hehehe. Tetep nyaman karena dibuat kelompok ๐Ÿ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s