LIFE · story · The Journey

Ceritanya Biar Semangat Lari!

IMG_0775
Pemandangan kalau lari sore di GBK… jadi tempat favorit GBK itu. Sore agak sepi tapi malah rame kalau jam 10 malam!

Ini lari beneran, bukan lari dari kenyataan lho…

Sudah hampir 2 tahun sejak saya rutin jogging, dimulai tahun 2014 lalu tepatnya bulan Agustus. Tujuan awal memang untuk menurunkan berat badan yang sudah melewati 60 kg. Bayangkan waktu itu bisa tembus angka 61 kg, overweight banget dan jauh dari kata sehat.

Ini gimana ceritanya coba? belum nikah, belum hamil tapi sudah segendut ini. Sungguh sangat tidak menarik. Akhirnya dengan semangat “memantaskan diri” sebelum nikah, semua halangan rintangan itu terlewati.

Dari mulai nggak punya sepatu lari “beneran”, sampai niat beli segala pakaian olah raga yang dry fit. Terus download aplikasi Nike Running, nah makin kebantu catatan harian jogging saya. Terima kasih yang telah membuat aplikasi bermanfaat ini *peluk bahagia*

Hal yang paling saya ingat kenapa akhirnya bertekad buat konsisten dengan olahraga lari ya karena terinspirasi sama seorang teman. Waktu itu lagi liputan luar kota di Jogja dan si mbak PR yang mengundang saya saat itu tetap membawa sepatu lari kesayangannya buat jogging, jadi sedih sebenarnya kalau mengingatnya karena dia sudah almarhum sekarang. FYI dia bisa nurunin berat hingga 30 kg dengan lari yang konsisten.

Kalau dihitung-hitung, ternyata saya perlu meluangkan waktu kurang lebih 60 menit di setiap sesi jogging harian. Iya, walaupun itu hanya untuk lari berjarak 3 km yang biasanya bisa ditempuh dalam 24-27 menit, dengan rata-rata 8 menit per kilometer. Ini dibulatkan waktunya menjadi 60 menit dengan streching sebelum dan setelah lari yang penting supaya tidak mengalami cedera.

Pada akhirnya jarak tercepat saya ya sekitar 7 menit-an per satu kilometer dan itu pun kalau larinya di GBK.. Entah kenapa, bisa lebih cepat waktu tempuh saya kalau lari di Senayan?

image (11)
Kalau lagi keluar kota atau lagi dinas dan traveling ke luar negeri, sengaja banget bawa sepatu jogging biar bisa touch down di Nike Run,,, karena peta nya kan merekam jejak lintasan lari kita.

Pasti pada kesel, ini inti judulnya dimana? kok nulisnya induktif, kesimpulan utama atau inti pembicaraan di akhir.. Ya biar betah bacanya sampai akhir.

Belakangan karena mungkin mulai agak jenuh. Rekor lari saya menurun 5 bulan belakangan. Padahal juga karena baru pindah liputan khusus di food jadi nambah berat 5 kg. Sekarang harus berjuang lagi dari kondisi berat 55 Kg buat balik ke 50 Kg hingga 48 Kg.

Juga punya goal baru pencapaian lari seperti awal lagi bisa sekitar 50-30 Km per bulan, nggak seperti sekarang yang malah dibawah 20 Km. Iya, pertama sepertinya karena saya belum update musik terbaru. Lalu sepatu lari juga belum ganti-ganti, hahaha tapi akhirnya minggu lalu beli juga karena baru menang lomba nulis lagi. Hihi… Alhamdulilah

Kondisi lain yang menghambat lari itu bersifat teknis seperti kaki yang cedera kalau kebanyakan lari dan masalah waktu. Aduh klasik banget.

Nah saya sudah ketemu caranya, supaya semangat lari lagi!

IMG_0997
Jarang banget saya bisa lari bareng temen. Kebanyakan lari sendiri karena temen lari yang diajak konsisten nggak ada.
  • Update musik terbaru yang memotivasi kamu buat semangat lari, aliran nge-beat bakal cocok banget. Senaiknya sih, sering ganti sebulan sekali di rotasi. Rekomendasi ya, saya kemarin memasukan lagunya Naughty Boys yang feat sama Sam Smith, terus lagu Sorry dari Justin Beiber, dan Lacth dari Discloser feat Sam Smith yang iramanya cukup tenang tapi memompa semangat.
  • Harus ada alasan kuat kenapa kamu lari. Itu di awal ya, tapi kalau sudah rutin lari seperti saya pasti bakal ketagihan terus, nggak dibujuk-bujuk pun. Kenapa? soalnya ada perubahan drastis ketika sudah menjadi rutinitas. Tubuh terasa lebih fit, jarang sakit, dan lebih merasa bahagia aja setelah lari. Ya ini sebabnya ketika kita berolah raga tubuh ikut memproduksi hormon endorfin. Habis itu ketagihaaann… coba tanya aja pelari lain.
  • Buat dirimu kangen sama setiap perlengkapan lari kamu. Sepatu jogging kamu yang lucu, warna pink neon misalnya. Ah kalau saya sih kurang suka yang neon neon. Lagi suka warna menenangkan hati seperti biru laut atau hijau daun.
  • foto (7)
    Capaian terakhir Nike Run! aduhhh harus semangat lagi walau puasa…
  • Pakai Nike Running, ini juga yang memacu kamu untuk konsisten lari. Soalnya kalau sudah berteman dan lihat capaian teman kamu lebih unggul itu pasti akan memotivasi. “Waduhhh, aku baru 4 K minggu ini, lari ahh,”
  • Pakai target, segala sesuatu kalau punya tujuan jadi lebih semangat. Nah begitu juga lari. Target kamu apa? Bisa ikut lomba maraton 8 K? atau ingin punya body sekece Agnes Monika? Ya semua sah sah aja, selama membawa ke arah positif kan.

 

Advertisements

4 thoughts on “Ceritanya Biar Semangat Lari!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s