Indonesia · KALIMANTAN - Indonesia · story · The Journey · Traveling

Yuk, Singgah Ke Pulau Spongebob!

Matahari masih tinggi siang itu, terik cahayanya menyilaukan pandangan mata. Dari kejauhan di atas speedboat yang saya tumpangi, sebuah pulau kecil nampak terlihat seperti Bikini Bottom. Pulau yang ada di cerita film Spongebob Squarepants.

Saya jadi mengerti kenapa Bang Apoy, guide sekaligus pemilik water villa Derawan Fisheries, tempat menginap sejak kepergian saya ke Pulau Derawan menyebut pulau ini sebagai Pulau Spongebob. Nama sebenarnya pulau ini adalah Manimbora. Sebuah pulau kecil di seputaran Pulau Derawan di Kabupaten Berau, perairan Kalimantan Timur. Pulaunya kecil, saking mininya tak sampai 30 menit kamu bisa mengelilingi seluruh pinggiran pantainya.

“Yang kasih nama itu tamu saya orang German, namanya Sina Hammer. Saat itu kita mau ke Labuan Cermin dan saya bawa mampir ke pulau Manimbora dan dia mengatakan pulau ini seperti spongebob island,” cerita Bang Apoy tentang pulau Spongebob.

Menariknya pulau Manimbora digunakan sebagai tempat pemakaman Suku Bajau yang tinggal di Pulau Balikukup. Tak heran ketika saya berkeliling kemudian menemukan satu situs yang dipagari dan ada beberapa tengkorak yang sudah berserakan serta patok kuburan.

Menurut Bang Apoy yang memiliki nama asli Harry Gunawan, kuburan ini sudah ada sejak zaman dulu. Tahun pastinya tidak diketahui, tapi sebelum Bang Apoy lahir sekitar 28 tahun yang lalu tradisi menguburkan di pulau ini bagi Suku Bajau yang ada di Pulau Balikukup sudah berlangsung.

Di Pulau Manimbora setiap tahun sering diadakan acara ritual tahunan oleh warga lokal yang merupakan penduduk Pulau Balikukup. Bekas sesajen ritual seperti berbicara menyisahkan apa yang terjadi sebelumnya.

Hampir tak percaya dengan pandangan mata sendiri, tengkorak yang berserakan di pulau ini awalnya saya kira merupakan benda properti untuk menarik wisatawan. Berhubung tengkorak terlihat bersih dan ada yang tercerai berai. Namun ternyata kondisi kuburan dan pagar makam yang sudah berantakan ini memang akibat abrasi dan terkena sapuan air laut.

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi Danau Labuan Cermin di Biduk-Biduk menggunakan jalur laut atau dengan speedboat dan berniat kembali ke Pulau Derawan, biasanya akan diantar singgah sebentar ke Pulau Spongebob. Jika berjalan berkeliling Pulau Manimbora kamu juga akan menemukan dua pulau yang lebih kecil di seberang kanan dan kiri.

Pulau Manimbora jadi pulau persinggahan terakhir di perjalanan saya ke Derawan, Kalimantan Timur. Melalui blog saya mau ngucapin terima kasih buat kakak kakak yang sudah baik mengantar dan menemani para peserta selama acara Meet and Trip.

Terima kasih buat :

1. Harry Gunawan, as a owner Derawan Fisheries

2. Ringga prayudha pemilik rambut hits gimbalnya
3. Dhaniel Christian yang punya ilmu kwecheng saat difoto levitasi

4. Angga Ata dari Indonesia Paradise
5. Toni as a dive guide buat acara Discovery Diving kemarin
6. Manta Diving Indonesia
7. Erwin and crew dari Manggaran Film
8. Bang Juri and crew as a driver speed boat

 

Advertisements

15 thoughts on “Yuk, Singgah Ke Pulau Spongebob!

  1. Iya kamu mah rajin ya saking ga bisa diem, padahal serem ada kuburannya tetep dikelilingin sampai 2 kali… itu kl pakai link IG jadi ga kebuka foto saat di share di FB ya jadinya?

  2. Ini maksudnya promosi IG ya?! ((dikeplak))

    Kereenn..udah banyak tau sih tentang Derawan tapi baru kali ini tau nama pulau ini, ternyata mirip banget ya sama yg di spongebob itu..indah!

    1. hehe itu buat hemat quota wordpress jd ga unduh foto lg buat publish-nya… sklian promosi jg sih.

      Nah ini jauh dari Pulau Derawan.. pulau Spongebob tak berpenghuni, buat singgah aja. Ya tapi kl mau nenda disitu malem-malem km se pulau sama makam leluhur jadinya hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s