Asia · culinary · Eastern & Oriental Express Luxury Train · Food · story · The Journey · Train · Traveling

Fine Dining di Atas Kereta Bareng Jonathan Phang dan AFC

Jerk Chicken-1
Jerk Chicken main menu yang saya pilih di hari ke-2 dinner

Pengalaman menyantap makanan di sisi gastronomi dalam konsep fine dining di sebuah restoran mungkin sudah biasa kita temui. Bagaimana jika suasana jamuan makan resmi itu terjadi di atas sebuah kereta mewah?

Dalam sebuah kesempatan perjalanan dengan kereta mewah Eastern & Oriental Express yang melintasi Singapura, Malaysia, dan Thailand belum lama ini, saya sempat mencicipi suasana fine dining berbeda dengan resep dari chef Jonathan Phang yang merupakan koki bintang di acara Gourmet with Jonathan Phang, disiarkan di saluran Asian Food Chanel (AFC).

Denting gelas dan peralatan makan serta guncangan kereta menjadi atmosfer yang begitu dominan terasa saat menikmati suasana fine dining di atas kereta. Breaded Cod Manggo Salsa Red Pepper Mayonnaise atau ikan Cod yang dilapisi tepung dengan padanan irisan mangga dan saus merah lada menjadi sajian pembuka menu makan malam yang khusus dibuat Phang.

Rasa pedas dari berbagai campuran rempah langsung terasa di mulut ketika mencicipi sendok pertama. Cita rasa itu berasal dari lada dan saus mayonnaise berikut tepung yang melapisi ikan Cod.

Harmoni rasa segar mangga dan tomat yang berasal dari Manggo Salsa menjadi penawar rasa pedas tadi sehingga ketika memakannya secara keseluruhan semuanya terasa pas dan tak berlebihan. Hanya saja rasa pedas dan aroma rempahnya terasa dimulut agak lama dan lumer.

Everyone ready to savour Jonathan's delicious dinner menu
Foto favorit pas dinner ❤

Saya mulai merasa kepedasan.. dan itu lumayan lama hilangnya. Sejak hari pertama baru malam terakhir itu, saya dapati masakan dengan dominan bumbu pedas. Dan itu masakan yang diracik oleh Jonathan Phang.

Kalau soal hidangan laut, saya nyerah deh! Kalau bukan karena ikan segar pasti akan terasa amis. Tentu saja untuk sajian makan ini semuanya yang terbaik, jadi saya nggak khawatir dengan ikan amis atau duri sebagaimana selama ini begitu dihindari.

Ikan Cod yang jadi bahan utama menu pertama ini begitu populer dikenal sebagai makanan dengan rasa ringan dan padat, memiliki daging putih bersisik. Di Inggris, Atlantic cod adalah salah satu bahan yang paling umum untuk ikan dan keripik. Hati ikan Cod sendiri biasanya diproses untuk membuat minyak ikan cod, merupakan sumber penting dari vitamin A, vitamin D, vitamin E dan omega-3 asam lemak (EPA dan DHA).

Lanjut dengan hidangan selanjutnya, ada sup yang terasa asing dilidah Indonesia saya. Spiced Pumpkin dan Seafood Soup dengan menu utama Jerk Chicken dilengkapi Nasi Biryani. Rasa pedas begitu mendominasi, tetapi berkat bahan dasar sup yang merupakan labu yang manis, ini menjadi paduan unik ketika dimakan.

“Kuharap semua orang menikmatinya, selamat makan,” ujar Phang saat memberi sambutan sebelum acara makan malam dimulai.

Di pertengahan, menu utama kami datang. Bertambah kuat cita rasa rempah yang pedas di acara makan malam saat itu, Jerk Chicken yang dilengkapi Nasi Biryani masih memiliki nada pedas dari lada hitam. Terutama untuk nasi, terasa sekali bahwa ada banyak tambahan rempah lain sehingga kaya rasa pedas yang menyatu. Untuk ayamnya, rasa pedas itu hanya saya dapatkan dari bumbu, kurang meresap sebagaimana kalau mencicipi masakan Indonesia dengan bumbu kuning.

Sebagai hidangan penutup Coconut Pineapple Crumble Cake dan Vanilla Ice Cream yang manis menjadi penawar rasa pedas makanan pembuka dan utama kami, cita rasa kaya rempah dan bumbu dari Jonathan. (dyah ayu pamela)

Advertisements

One thought on “Fine Dining di Atas Kereta Bareng Jonathan Phang dan AFC

  1. keren bangettt mba …
    sering dengar dan lihat foto2 gastronomi … tapi belum pernah sekalipun nyoba 😦
    apalagi ini makannya di gerbong kereta api mewah ..ckckck …
    saya mau juga beruntung kayak begini 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s