culinary · Food · Liputan · story

Yuk Buat Homemade Bagel Rainbow!

foto (10)
Nah, bagel bisa juga dijadikan roti isi atau sandwich yang dikreasikan sesuai selera

Dunia kuliner sedang diramaikan dengan tren rainbow bagel. Dipopulerkan oleh sebuah toko roti The Bagel Shop di Brooklyn, New York. Tak kalah menarik dengan rainbow bagel yang ada di Amerika, sebuah cafe dan bakeshop di Indonesia pun belum lama ini membuatnya.

Kempideli yang membuat berbagai jenis roti dari Eropa, menjadi yang pertama menjual jenis rainbow bagel ini di Indonesia. Bakeshop yang terletak di Grand Indonesia, East Mall lantai 2 tersebut tak hanya menjual rainbow cake begitu saja tetapi pengunjung dapat menikmati langsung dengan permintaan dibuat menjadi roti isi untuk brunch maupun teman minum kopi dan teh.

Central kitchen untuk membuat bagel rainbow sendiri ada di Hotel Indonesia Kempinski. Penasaran dengan cara pembuatannya, saya pun akhirnya liputan karena diajak reporter Okezone.com sekalian dong disini ikutan sesi cooking class pembuatan bagel rainbow bersama chef Romadun Kamis (14/4/2016) lalu.

Chef Romadun membuatnya dalam adonan yang terdiri dari tepung, telur, mentega, susu segar dan susu bubuk, penguat adonan, gula, garam dan ragi. Setelah semua adonan diuleni, chef membaginya menjadi 6 bagian dengan memberi pewarna makanan yang berbeda. Ohya mungkin untuk membuat roti bagel dengan pewarna biasa, akan tak terlalu mencolok. Nah agak susah juga untuk yang di rumah. Karena Kempideli meng-import langsung dari Amerika untuk pewarna makanannya.

Ini resep bahan takarannya :

  • Tepung terigu protein tinggi, 500g, diayak
  • Gula pasir, 1 sdm
  • Ragi instant, 2sdt
  • Susu segar, 350ml
  • Dua butir telur
  • Soda kue, 1/2 sdt
  • Minyak goreng, 1 sdm
foto (4)
Step by step membuat rainbow bagel

Adapun cara membuatnya :

  • Campurkan tepung terigu bersama gula pasir, air hangat, susu, ragi instan dan minyak sayur dalam wadah yang besar. Aduk rata dan kemudian masukkan garam. Aduk lagi sampai rata.
  • Pindahkan adonan ke atas permukaan datar bertabur tepung. Uleni selama 10 menit hingga tidak lengket di tangan. Kembalikan ke dalam wadah, tutup dengan plastik lengket dan diamkan selama 20 menit. Jika dirasa adonan sudah mengembang, sisihkan.
  • Proses berikutnya adonan pipih yang sudah ditumpuk tadi kemudian dipotong menjadi tiga per potongan sekitar 2 cm. Potong lagi persegi panjang dengan menimbang per satuan dengan berat 100 gram.

“Merah, biru, kuning, hijau, ungu, orange, lalu dipipihkan menggunakan rolling pan. Setelah pipih tumpuk tanpa dilapisi, taruh warna paling cerah di tengah agar tak kalah dengan warna lain,” ungkap Romadun, Bakery Chef di Hotel Indonesia Kempinski.

Untuk proses pembentukannya dibentuk seperti mirip donat namun diplintir. Sebelumnya loyang dilapisi tepung terlebih dahulu agar adonan tidak menempel. Setelah itu ada proses pengembangan adonan lagi sekitar 30 menit.

Adonan yang telah dibentuk roti bagel kemudian direbus sebentar sekitar 1 menit dalam air yang mendidih. Hal ini menurut Romadun agar warna pelangi menjadi keluar dan adonan lebih kenyal. Tahap akhir, adonan yang telah direbus sebentar dipoles dengan telur lalu dipanggang sekitar 11 menit dengan suhu 220 derajat celcius.

Bagaimana rasanya mencicipi roti bagel rainbow yang baru saja matang dipanggang? Teksturnya kenyal dan lembut.  Menikmati bagel rainbow ini bisa diolesi dengan cream cheese yang ditambah campuran gula, butter, dan sedikit lemon.

Untuk mendapatkan roti bagel rainbow ini kamu hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp. 15.000 saja untuk satuannya. Yang menjadikan spesial, semua roti di Kempideli termasuk bagel rainbow ini selalu baru dan dibuat tanpa bahan pengawet. Selain itu bagi penggemar berat roti kamu bisa mendapatkan berbagai jenis, lebih dari 30 varian yang bisa dikreasikan sendiri sebagai roti sandwich ataupun roti selai berbagai rasa.

Sebelumnya roti bagel sudah terkenal sebagai salah satu roti untuk sarapan orang Amerika. Warna yang menarik dari rainbow bagel tentu saja semakin membuat orang ingin memakannya. Adapun bagel tradisional sering diberi perasa seperti garam, bawang bombay, bawang putih, telur, roti pumpernickel dan gandum hitam (rye) yang dicampurkan ke dalam adonan. Adonan bagel modern biasanya ditambahkan perasa seperti tomat dan rempah-rempah dill, bumbu masakan cajun, kayu manis dan kismis, keju, sejenis jintan yang disebut caraway, blueberi dan muesli.

Kulit gandum (bran), adonan masam (sourdough), telur ayam, tepung gandum tanpa buang kulit (whole wheat atau whole meal), tepung multi serealia (multigrain), atau muesli juga sering ditambahkan ke dalam adonan sebagai penambah tekstur.

(dyah ayu pamela)

Advertisements

6 thoughts on “Yuk Buat Homemade Bagel Rainbow!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s