Indonesia · LIFE · MOUNTAIN · story · The Journey · Traveling

Peralatan Penting, Kemping Ke Gunung

IMG_7509.JPG
Siapa yang nggak kangen gunung, semua atmosfernya, udara dan pemandangannya 🙂

Belakangan, setelah beberapa kali naik gunung dan suka. Akhirnya saya memutuskan untuk melengkapi peralatan kemping. Kepikiran punya tenda dan perlengkapan masak sendiri, kebetulan juga ada banyak temen yang suka join-an mendaki bareng.

Karena kalau nggak ikut open trip dipikir-pikir lumayan dananya bisa banyak dipangkas, sebisa mungkin saya sekarang pergi mandiri, tanpa potter. Lagi pula kalau mau punya temen barengan ada banyak di social media betebaran, terutama di Instagram. Be careful aja selama perjalanan.

Sekedar sharing, saya jadi kepikiran untuk menulis di blog peralatan apa aja sih yang perlu kamu bawa kalau ke gunung? Ini daftarnya lengkap dimulai dari body equipment, standart equipment, cleaner equipment, dan general equipment yang penting untuk disiapkan. Intisari daftar ini diambil dari beberapa kali persiapan ikut open trip sebelum ke gunung. Beberapa peralatan mungkit tak diperlukan, nanti di paragraf selanjutnya coba saya jelaskan. Check it out!

No.         Qt           Body Equipment             

1              1              matras

2              1              sleeping bag (pilih sleeping bag berbahan polar)

3              1              jacket inner

4              1              jacket outter

5              1              kaos tidur lengan panjang

6              1              kaos ganti (tergantung lama kemping)

7              1             celana pendek untuk tidur

8           1              celana dalam (tergantung hari)

9           1              kaos kaki sesuaikan hari mendaki

10           1              sarung tangan harian

11          1              sarung tangan dingin

12           1              buff

13           1              handuk kecil

14           1              bantal tiup

15           1              topi

16           1              sajadah

17           1              kacamata

————————-

deuter-aircontact-65+10-review
Benda paling penting dari mendaki gunung itu, tas carrier yang nyaman. Jadi rekomendasinya pilih dari merek yang memang bagus. Kalau saya suka merek Deuters, merek Columbia juga bagus tapi lebih mahal, kalau merek lokal pilihannya Consina.

No.         Qt           Standart Equipment                                      

1              1              lampu tenda

2              1              head lamp

3              1              kompor gas atau kompor parafin

4              1              gas

5              1              korek api

6              2              tracking pole

7              1              power bank

8            1              camera

9            1              kantong plastik sedang

10           1              kantong plastik kecil

11           1              sepatu gunung

12           1              sandal

13           1              tas carriel

14           1              tas kecil

15           1              charger

16           1              tempat telur

17           1              gunting

——————————

DSCN2360.JPG
Nah buat melindungi tas carrier kamu perlu cover bag, harganya sekitar Rp. 50.ooo tapi kalau beli tas baru biasanya sudah termasuk. Terus kamu juga butuh trekking pole untuk membantu berjalan sebagai kaki ketiga kamu.

No.         Qt           Cleaner Equipment                                                                                       

1              1              sabun cuci muka

2              1              sabun mandi

3              1              parfum/body cologne

4              1              lotion

5              1              tissue basah

6              1              tissue kering

7              1              sikat gigi

8              1              pasta gigi

9              1              anti septic

10           1              betadine/hansaplas (P3K)

11           1              minyak kayu putih

————————————-

IMG_7563
Masker perlu banget soalnya debu dimana-mana apalagi pas muncak. Topi, sarung tangan dan kacamata untuk melindungi dari terik matahari tapi bisa pilih yang stylist supaya eyecatching kalau di foto hahaha. Ohya kalau ke gunung harus banget pakai lengan panjang dan celana panjang biar nggak hitam pulang-pulang.

Untuk general equipment di bawah ini kalau ikut open trip biasanya sudah disediakan. Tapi kalau pergi mandiri ya kamu harus nyiapin atau bisa sewa di toko outdoor untuk tenda.

No.       General Equipment                    

1 . Tenda

2.  Flysheet

3 . Tali

4 . Pisau

5 . Nesting

6 . Sendok

7 . Garpu

8  . Gelas

9  . Piring

Buat yang baru mulai mencoba naik gunung, pasti harus mengeluarkan budget lumayan besar untuk melengkapi perlengkapan kemping ini. Kalau ikut open trip peralatan seperti tenda dan alat masak sudah pasti disiapkan penyelenggara ya. Tapi paling utama kamu harus punya…..

  1. Tas carrier ukuran minimal 40L tapi disarankan yang 50 L karena walau pergi sehari kamu perlu bawa barang dan makanan. Jadi bisa sharing tempat juga sama teman untuk bawa peralatan seperti nesting misalnya.
  2. Sleeping bag, buat tidur kan nggak mungkin satu sleeping bag berdua temen. Belilah yang berbahan polar supaya tahan cuaca dingin.
  3. Matras, ini untuk alas di tenda baiknya punya sendiri.
  4. Trekking pole, karena akan sangat membantu saat berjalan.
  5. Sepatu gunung, ini sangat dianjurkan karena akan lebih nyaman memakai sepatu daripada sendal gunung.
  6. Headlamp untuk penerangan di malam hari, saat terpaksa harus tetap jalan malam.
  7. Jaket Inner dan Outer, ini penting untuk menahan cuaca dingin. Kalau siang di gunung enak pakai kaos lengan panjang, karena ketika trekking kita akan banyak berkeringat akan basah.
  8. Kalau mau muncak kamu butuh tas gemblok kecil lipat yang suka dijual di toko sport, sebaiknya bawa untuk tempat minuman kamu dan benda-benda penting seperti handphone dan kamera juga snack.
  9. Geiter, untuk melindungi pasir masuk ke dalam sepatu, bila sepatu kamu pendek. Untuk muncak ke Mahameru yang banyak debunya ini harus bawa.

 

IMG_7324
Kabutnya……. di depan danau Ranukumbolo

 

Advertisements

8 thoughts on “Peralatan Penting, Kemping Ke Gunung

  1. Hehe sebetulnya iya, tapi kalau ikut open trip tenda dan perlengkapan umum di sediain penyelenggara tinggal bawa perlengkapan body aja. Yang wajib yang diparagraf terakhir itu.

  2. Celana dalam 1 biji doang, Pam? Itu side A,B,C,D ya? Salah ketik kali. Hahahahahaha…
    Mungkin sedikit tips mencari keril:
    1. Nggak usah sok kuat, sok perkasa. Sesuaikan kapasitas keril dengan kapasitas pribadi.
    2. Kalau ga biasa bawa beban berat, hitung berat keril 1/3 berat badan.
    3. Usahakan mencoba keril yang diinginkan dan atur senyaman mungkin.
    4. Lirik kocek. Lebih baik sabar menanti diskon khusus dan beli keril yang mereknya sudah teruji (mis: Deuter, Berghaus, Karrimor) dari pada menyesal dikemudian hari dengan membeli yang abal-abal. Jika tidak memungkinkan untuk membeli, carilah teman yang suka naik gunung sebanyak mungkin atau bisa juga menyewa di tempat penyewaan (banyak referensinya di Mbah Google).
    5. Ingat, tulang punggung kita lebih berharga dari apapun juga.

    Untuk sleeping bag, saran sih mending beli yang mahal sekalian. Merk Karrimor model pocong. Itu nyaman banget. Yang pernah aku pinjemin pas ke Semeru itu, Pam. Harga boleh mahal, cuma buat invest penting banget. Sementara ini masih minjem bos dulu yang itu. Hehehehehehe… Saya mah punyanya merek lokal dengan baju berlapis ketika tidur di dalamnya.

    1. Waaahhh maaaciiiii ditambahin tulisannya. Hahahaha emang tu nulisnya belum detail-sederail nya sih. Tambah panjang paragrafnya hahahaha nti ku revisi lagi info nya.

      Nah tu bener banget mending nabung buat beli tas atau sleeping bag yg nyaman dan enak di punggung. Apalagi sleeping bag butuh yg anget biar nyenyak tidur. Huhuhu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s