Asia · Eastern & Oriental Express Luxury Train · Malaysia - Asia Tenggara · overland by train · Singapura - Asia Tenggara · Thailand - Asia Tenggara · Train · Traveling

Overland Singapore – Bangkok by Train, Perjalanan dengan E&O Express

Everyone ready to savour Jonathan's delicious dinner menu
Hari pertama dinner di kereta. Saya bersama tiga teman media yang ikut berpetualang dengan E & O Express. Ming Teoh dari Malaysia, Stephanie dari Philifina dan Jochelin dari Singapura. Photo dok Asian Food Chanel

Denting peralatan makan dan guncangan kereta menemani sajian makan malam saya. Atmosfer yang tak setiap hari bisa saya temukan. Berada di sebuah gerbong kereta mewah dengan interior klasik sambil menikmati sajian menu fine dinning dari chef andalan, tatanan pemandangan di luar kereta yang tak kalah bagus, ikut membuat takjub.

Di Gerbong Malaya, yang khusus merupakan ruang makan. Ikut bercengkraman dengan sesama tamu lain acara makan malam bernuansa glamor ini mungkin menjadi pengalaman yang tak akan pernah saya lupakan seumur hidup. Dalam beberapa menit di sudut sana, Jonathan Phang yang merupakan bintang, pembawa acara di Asian Food Chanel (AFC), melakukan syuting untuk episode perjalanan yang kali ini melintasi Singapura hingga Bangkok, Thailand dengan Eastern & Oriental Express.

Pengalaman menarik dengan kereta mewah yang mirip seperti di film-film Hollywood ketika melintasi berbagai negara di benua Eropa, tentu tak semua orang dapat mengalaminya. Bagaimana bila pengalaman dan atmosfer yang sama berlangsung untuk menikmati sisi lain sebagian kawasan Asia Tenggara?

Di Woodland Station, Singapura
Di Woodland Station, Singapura. Tempat kami boarding pengecekan tiket dan dokumen keimigrasian. Foro dok : Dyah Ayu Pamela

Dalam sebuah perjalanan tiga hari bersama Jonathan Phang inilah, saya bersama 3 jurnalis lain dari Singapura, Malaysia dan Philifina, serta beberapa pemenang kuis dari acara Gourmet With Jonathan Phang berkesempatan merasakan sisi menarik perjalanan kereta mewah Eastern & Oriental Express yang juga beroperasi di Asia Tenggara.

Tak sekedar lewat saja, kereta pun berhenti di berbagai lokasi wisata menarik seperti di Kuala Kangsar, Malaysia dan mengenal sejarah pembangunan rel kereta Thailand-Burma di River Kwai sebelum mencapai Bangkok. Sepanjang perjalanan pemandangan alami khas Asia Tenggara dan pengalaman kuliner di sisi gastronomi menjadi saat-saat memoriable. Terutama setiap harinya kami menikmati lunch dan dinner yang dibuatkan oleh Chef Yannis Martineau dan Jonathan Phang lewat resep rahasia penuh keanekaragaman rempah dari keluarganya.

Day 1 : (Senin, 20 Juli 2015)

Perjalanan dimulai dari Singapura. Setelah berkumpul di Changi Airport, dengan bus besar peserta trip Gourmet with Jonathan Phang diarahkan untuk check in dan melengkapi dokumen di The Raffles Hotel. Bagasi kami dibawa dan tiap penumpang didaftarkan untuk kemudian mendapatkan nomor ruang kompartemen, dimana ini akan menjadi kamar tidur, tempat menikmati pemandangan luar biasa dari jendela kereta dan juga mandi dengan shower layaknya seperti sedang berada di hotel.

E&O Express at the station
Di Stasiun Padang Rangas, Malaysia lalu kami melanjutkan kembali perjalanan menuju Bangkok. Foto dok : Asian Food Chanel

Saat menunggu kami dihabiskan dengan coffee break dan tea time, saling kenal dengan rombongan peserta trip with E&O Express. Hingga menjelang keberangkatan, kami kembali menuju bus yang akan mengantar ke Woodland Station, tempat kami boarding pukul 13.50 waktu Singapura. Disini ada pengecekan dokumen seperti passport dan tiket di imigrasi. Sekitar pukul 15.15 kereta pun mulai berangkat, melewati wilayah Keluang Malaysia dan beberapa stasiun.

Tak berapa lama, setelah menemukan kompartemen masing-masing seorang pelayan bernama Eakachai yang berkewarganegaraan Thailand masuk dan menawarkan sesi tea time di kompartemen saya. Siang itu adalah waktu beristirahat bagi kami semua peserta dari 4 negara, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Philifina, setelah melewati perjalanan yang cukup panjang.

Ruang kompartemen saya dimana ada kursi yang pada malam hari bisa diubah menjadi tempat tidur super nyaman. Lalu ada toilet dan lemari di sisi sebelah kanan. Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Menikmati pemandangan sepanjang perjalanan dari dalam jendela kompartemen sambil menikmati teh dan berbagai jenis roti serta cheese cake seperti sebuah hadiah. Sesekali masinis memberikan pengumuman lewat pengeras suara. Dan sore itu diberitahukan bahwa waktu makan malam kami akan mulai sekitar pukul 6 sore.

Bukan makan malam biasa, di kereta mewah ini baik pria dan wanita memakai pakaian terbaiknya. Pria, termasuk kameramen yang merekam selama syuting untuk program Tv pun ikut mengenakan jas dan dasi, sementara wanitanya memakai gaun dan menata rambutnya lebih apik, tak ada yang memakai jins ataupun sepatu keds disini, tak terkecuali saya.

Atmosfer makan malam di sebuah kereta mewah sungguh amat berbeda. Goncangan kereta, denting suara gelas dan lampu chalender serta temaran lampu yang terkesan romantis malam itu menambah suasana elegan interior dalam kereta. Menu makan malam kami saat itu Amuse Bouche yang merupakan sejenis cream soup, dengan menu utama saya pilih Medalion Beef dengan sayuran bersama saus Vindaloo dan mustard. Untuk makanan penutup kami disuguhkan Medley of Asian Citrus Fruit yang di lengkapi dengan Yuzu Sorbet dan krim kelapa. Sebuah pengalaman gastronomi yang tak terlupakan, di sebuah gerbong kereta mewah.

Jerk Chicken main menu yang saya pilih di hari ke-2 dinner
Jerk Chicken main menu yang saya pilih di hari ke-2 dinner. Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Hari ke-2 : (Selasa, 21 Juli 2015)

Penumpang kereta Eastern & Oriental Express memang sengaja tidak disediakan fasilitas wifi. Karena perjalanan dengan kereta mewah ini dirancang untuk betul-betul menikmati suasana kereta saat melewati berbagai pemandangan eksotik khas Asia Tenggara.

Hari kedua perjalanan bersama Jonathan Phang dimulai dengan aktivitas sarapan di dalam kompartemen tepat pukul 07.00 waktu Malaysia. Ketibaan kami di stasiun Kuala Kangsar, sebagai tempat kami mampir pada malam sebelumnya telah diberitahukan lewat pengeras suara pukul 08.00. Dua buah bus besar menanti di parkiran stasiun, membawa rombongan ke Pasar Kuala Kangsar dimana Jonathan Phang akan melakukan kunjungan dan mencoba kuliner setempat.

Pasar Kuala Kangsar seperti halnya pasar di Indonesia, tak jauh berbeda. Phang pun sempat mencoba Teh Tarik dan Nasi Lemak yang merupakan makanan khas Negeri Jiran. Phang yang bermukim di Inggris juga menghampiri pedagang Duren, membeli buah itu, meminta peserta trip untuk mencobanya.

“Saya selalu suka pasar dan pasar adalah tempat yang menarik meski karena sebelumnya sempat kesini, jadi saya tidak terlalu terkejut,” ungkap Phang.

Guests on the train observatory deck taking in the view
Pemandangan di bagian belakang kereta, ini indah banget bisa menikmati perjalanan dengan cara yang berbeda mengenal sebagian Asia Tenggara. Foto dok : Asian Food Chanel

Selepas dari kunjungan di Pasar Kuala Kangsar, bus membawa kami ke salah satu mesjid termegah di distrik Perak salah satu wilayah Malaysia. Peserta rombongan tak sembarangan untuk masuk ke masjid ini, karena wanita harus berpakaian sopan dan memakai jilbab. Tapi pihak masjid pun menyediakan sejenis pakaian penutup dan scarf untuk pengunjung.

Masjid Ubudiah yang telah selesai di bangun pada 1917 silam didesain dan dibangun oleh Arthur Hubback seorang arsitek Inggris. Di dekat masjid juga ditemukan Bamboo Palace, bangunan yang dibuat pada 1926 merupakan istana sementara.

Tur dilanjutkan dengan mengunjungi Galeri Sultan Azian Shah, Sultan ke-24 yang telah direstorasi dimana sebelumnya merupakan Istana Ulu atau Istana Kota bekas bangunan istana. Di dalam galeri terdapat foto keluarga, tropi, dokumen dan berbagai penghargaan dari negara sahabat termasuk hadiah yang dipersembahkan untuk Sultan.

Pertunjukan tari tradisional Thailand di atas kereta sambil menunggu dinner.
Pertunjukan tari tradisional Thailand di atas kereta sambil menunggu dinner. Foto dok : Asian Food Chanel

Memasuki jam makan siang, pukul 10.15 kami diarahkan kembali ke bus yang kemudian membawa rombongan ke Stasiun Padang Rengas, tempat kereta kami menunggu. Kembali ke kompartemen, ini adalah acara bebas sebelum menunggu sajian makan siang. Tapi tentu tak berlaku untuk saya yang sebelum makan siang punya jadwal wawancara sekitar 25 menit dengan Jonathan Phang. Sesi wawancara one by one ini berlangsung di ruang baca secara bergantian.

Bila pada hari sebelumnya pemandangan di luar jendela berupa pohon kelapa sawit, di hari kedua ini suguhan yang lebih indah yang saya temukan berupa bukit-bukit. Suasana yang berbeda ini menjadi atmosfer selama makan siang. Tepat pukul 15.00 kami tiba di Stasiun Padang Besar, kereta berhenti cukup lama karena disini ada pengecekan dokumen keimigrasian sebagai formalitas. Waktu lokal pun sudah berubah menjadi zona waktu Thailand yang tak berbeda dengan waktu lokal di Indonesia.

Galeri Sultan Azlan Shah, di dalamnya ada berbagai benda seperti foto keluarga hingga tropi dan benda pemberian negara sahabat. Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Usai makan siang menjadi waktu yang panjang untuk beristirahat atau memilih untuk menikmati hiburan yang dijadwalkan sore hingga malam hari itu, termasuk tea time sebelum makan malam pukul 21.00. Ada hiburan di piano bar dimana Jonathan ikut serta. Persembahan tari tradisional juga ikut mengisi waktu kami sebelum menikmati makan malam yang pada hari itu dibuatkan khusus dari resep Jonathan.

Sajian pembuka makan malam kami adalah Salt Fish Cakes dengan Manggo Salsa dan Red Pepper Mayonnaise. Kemudian ada soup, Spiced Pumpkin dan Seafood Soup dengan menu utama Jerk Chicken dilengkapi Nasi Biryani. Sebagai hidangan penutup Coconut Pineapple Crumble Cake dan Vanilla Ice Cream yang manis menjadi penawar rasa pedas makanan pembuka dan utama kami, cita rasa kaya rempah dan bumbu dari Jonathan.

Kembali syuting, ini suasana dinner di hari ke-2 kami bersama Jonathan Phang. Menunya pun kaya rempah dan semuanya pedasssss :D
Kembali syuting, ini suasana dinner di hari ke-2 kami bersama Jonathan Phang. Menunya pun kaya rempah dan semuanya pedasssss 😀 Foto dok : Dyah Ayu Pamela.

Disela acara makan malam itu salah satu pemenang Trip dengan Jonathan Phang dari Singapura, Lim Sepk Ee memberikan cheers untuk Mr. Jonathan karena telah berbagi resep warisan keluarganya. Lalu semua yang hadir di ruang makan itu memberi uplause juga, Jonathan pun mengajak keluar para koki di dapur yang ikut membantunya memperkenalkannya kepada para tamu.

Hari ke-3 (Rabu, 22 Juli 2015)

Guncangan kereta tak hanya menemani saya saat menikmati sajian makan di gerbong Malaya, tapi juga harus saya rasakan ketika tidur. Beberapa teman bercerita sedikit terganggu dengan kondisi ini, namun karena lelah beraktivitas seharian mengikuti agenda trip mulai malam kemarin semuanya telah terbiasa dan bisa tidur nyenyak.

Jonathan Phang mencoba Belimbing Bulu, di Inggris sepertinya dia nggak pernah ketemu buah ini. HHahahaha :D
Jonathan Phang mencoba Belimbing Bulu, di Inggris sepertinya dia nggak pernah ketemu buah ini. HHahahaha 😀 Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Pukul 05.30 kami sudah tiba di Hua Hin dan jadwal sarapan kembali sesuai permintaan saya agar diantar pukul 07.00 di dalam kompartemen. Sekitar pukul 09.00 pagi kereta kembali berhenti di Stasiun Ban Pong, disinilah kami memulai perjalanan kembali dengan bus tempat wisata Thailand, River Kwai bride.

Singkat cerita, perjalanan dengan bus tingkat dari Stasiun Ban Pong menuju lokasi River Kwai bridge yang ditempuh sekitar 40 menit itu berakhir dengan penjelasan panjang dari guide yang memaparkan sejarah River Kwai bridge. Setelah mencapai daratan di seberang sungai, kami kemudian dibawa menuju Thailand-Burma Railway Centre.

River Kwai bride, rombongan menaiki perahu kemudian menerima penjelasan sejarah tentang pembangunan rel kereta di masa Perang Dunia ke II itu. Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Sebuah museum yang memaparkan sejarah pembangunan jalan kereta di masa Perang Dunia II tahun 1942 – 1945 yang memakan sekian banyak korban. Kunjungan ke makam korban pembangunan Thailand – Burma Railway selanjutnya menjadi akhir dari kunjungan hari itu di Kanchanaburi, Thailand.

Bus pun kembali membawa rombongan ke Stasiun Ban Pong, bersiap makan siang dan mengepak barang-barang kami ke koper karena di pukul 16.45 waktu Thailand kami sudah dijadwalkan sampai di Bangkok.

Suasana Ketibaan di Stasiun Bangkok, setelahnya untuk sampai ke hotel kami kena macet hampir 1,5 jam lebih. Ini hampir mirip Jakarta banget. Foto dok : Dyah Ayu Pamela

Luar biasa, setelah tiga hari di kami hidup di atas kereta, nggak terasa sudah sampai Bangkok. Kami dijemput agen tur untuk di antar ke Dusit Thani Hotel yang merupakan tempat menginap. Jarak dari stasiun kereta Bangkok ke hotel sih sebenarnya dekat, tapi karena macet sekali kota Bangkok sore itu, kami yang kena macet hampir 1,5 jam sampai hotel ketika langit hampir gelap.

Bangkok sendiri, mirip dengan Jakarta. Yeaaah ini touch down saya pertama kalinya di kota ini. Dulu tahun 2013 agenda traveling saya ke Phuket, bagian Thailand lain. Cukup shock juga ya, karena nggak jauh beda seperti ada di Jakarta (macetnya).

pemandangan kota Bangkok yang mirip seperti di Monas.
pemandangan kota Bangkok yang mirip seperti di Monas. cuma ya nggak ada Monas disana 🙂 Foto, dok : Dyah Ayu Pamela.

One thought on “Overland Singapore – Bangkok by Train, Perjalanan dengan E&O Express