Backpacker · culinary · Food · Kuliner · MOUNTAIN · story

Makanan Yang Bikin Kangen Ke Gunung

Cuma disaat-saat traveling saya bisa bebas makan apa aja, tanpa memikirkan berapa kalori yang tertera di label makanan 🙂 .. Bahkan Indomie yang saya jarang makan (hanya semangkok mie instan itu 360 kalori, kan harus dibales lari 1 jam!). Kalo inget beberapa makanan ini, saya jadi inget gunung, apa aja coba?????

1. Mie Instant

Mie instant yang mereknya Indomie,… dan terkenal sampai mancanegara, nggak boleh lewat jadi logistik. Walaupun cuma bawa 1 aja… jelas makanan ini nggak sehat sih, karena bergluten, yang susah dicerna lambung kita. FYI, baru tiga hari mie instant bisa dicerna tubuh, oke tapi berhubung jarang-jarang kan,,, selamat datang konstipasi.

Walau wujudnya pas disaji nggak begini sih, mie instant favoritnya semua orang. Dokumen foto : indomie.com

2.Coki-Coki 

Bukan cuma jadi jajanan masa kecil, coki-coki ini juga cemilan iseng waktu di gunung. Tau kan gimana efek cokelat itu buat mood kita??? karena ketika mengkonsumsi cokelat tubuh pun menghasilkan hormon endorfin yang memunculkan rasa bahagia. Diemut-emut perjalanan di gunung jadinya nggak terasa.

Ngemut Coki-Coki itu ya inget masa kecil.
Ngemut Coki-Coki itu ya inget masa kecil.

3. Silverqueen Bites

Sebenarnya saya kurang suka makan cokelat yang kandungan kakao-nya dibawah 50%. Saya suka cokelat yang pait dengan kandungan kakao diatas 60%. Tapi tumben banget waktu terakhir ke gunung kemarin bawa cemilan Silverqueen Bites ini dan langsung suka. Pertama karena makannya nggak ribet, kedua karena bisa diemut, terus ketika di dalam cokelatnya ada kacang. Terutama kacang Almond saya suka banget, yang katanya juga menghasilkan hormon endorfin.

Kalau aku lebiih suka yang kacang Almond dan diketahui kacang Almond itu juga menghasilkan hormon endorfin.
Kalau aku lebih suka yang kacang Almond dan diketahui kacang Almond itu juga menghasilkan hormon endorfin.

4. Bubur Kacang Hijau + Roti Tawar

Merasa nggak sehat dengan menu mie instant?? ide lain bisa coba buat sarapan dengan bubur kacang hijau. Enak banget, pagi-pagi hangat di cuaca gunung yang dingin. Jangan lupa bawa roti tawar juga sebagai sumber karbohidrat penguat, walaupun roti tawar termasuk makanan bergluten, yang susah dicerna lambung, better lah daripada mie instant yang 3 hari baru bisa diproses tubuh.

aku suka kacang hijau yang hangat di pagi hari, terus dicelup roti tawar. nyummm
aku suka kacang hijau yang hangat di pagi hari, terus dicelup roti tawar. nyummm

5. Lauk Kering

Lauk kering seperti kering tempe dan kering kentang dipedesin atau dikecapin itu awet banget loh kalo dibawa ke gunung sebagai campuran nasi dan mie. Jadi inget pas ke Rinjani, hampir seminggu makan campuran nasi dan mie dengan kering tempe, kering kentang, bahkan ayam kering, dan daging kering serundeng. Tiada terkira bosennya…… (tapi tetep dimakan dan bisa buat di sharing ke tetangga kemping)

6. Pisang

Bagi saya buah yang awet, cepet bikin kenyang dan gampang dibawa itu Pisang. Hobi banget makan Pisang, apalagi buat pengganjal perut di waktu sarapan. Pagi-pagi itu enaknya makan dulu Pisang, terus setengah jam setelahnya disusul makan nasi. Pisang buah yang terjangkau, terus kalau bosen dimakan gitu aja, bisa juga dibuat jadi Pisang cokelat keju bakar. Nyum…nyummm

Selain bisa jadi buah di pagi hari, bisa juga dibuat Pisang Cokelat bakar :)
Selain bisa jadi buah di pagi hari, bisa juga dibuat Pisang Cokelat bakar 🙂

Ide makanan di gunung itu sebenarnya masih banyak lho…. bisa buat sarden ikan, kornet, dll. Kalau saya pasti prepare bawa kurma dan madu juga (tetep pilih yang sehat). Cuma ada yang heboh lagi waktu ke Rinjani, soalnya pendaki juga bawa sosis, nugget, bahkan niat bikin tempe atau bakwan.

Abis dari gunung dengan persediaan makanan di atas tadi saya tetep kangen dan histeris (dalam hati) kalau ketemu supermarket macam Indomeret atau Alfamart. Hehehehe, bukan apa-apa sih, saya cuma kanget makan ice cream 😀 😀

Leave a Reply

