Backpacker · Indonesia · LOMBOK - Indonesia · MOUNTAIN

Berbagi Itinerary – Pendakian Gunung Rinjani, Lombok

Sunrise di Rinjani 3726 MDPL
Cakrawala, serasa ada di dunia yang lain….. seperti sedang berada dalam lukisan paling indah…. Sunrise di Rinjani sekitar pukul 05.30 WIT ketinggian 3726 MDPL

Merasakan keasikan dari nge-trip yang didesain sendiri lewat pengumpulan informasi di internet atau by googling, dibanding dengan ikut open trip lewat travel agent itu membuat kita jadi pejalan yang mandiri. Deg-deg an jelas iya! kalau-kalau dijalan nggak sesuai dengan rencana, tapi belakangan justru ini lebih seru lho….

Dan ketika akan nge-trip ke suatu tempat yang belum kita kunjungi, pengalaman atau cerita orang-orang yang pernah kesana dari blog atau web selalu jadi informasi yang bermanfaat banget. Makanya, melalui blog juga saya yang suka nulis akhirnya sharing. Kali ini sharing itinerary pendakian ke Gunung Rinjani di Lombok, Indonesia.

Buat yang kepingin banget ke Gunung Rinjani, tapi nggak mau nunggu open trip yang biasanya harus ber-20 an orang, bisa juga memberanikan diri untuk pergi dengan sedikit teman. Asalkan bisa bangun tenda aja dan punya pengalaman mendaki gunung sebelumnya. Kalau belum bisa belajar ya di youtube, terus pemanasan dulu ke Papandayan atau kemana yang deket-deket. Soalnya lumayan banget trek disana, perlu juga bahkan persiapan jogging minimal sebulan sebelum berangkat supaya body fit.

IMG_6007.JPG
Istirahat makan siang, masih jauh guys perjalanannya ke Pos 1, butuh 3 jam dari Desa Sembalun.

Baiklah tak perlu lama-lama, ini dia itinerary pendakian ke Rinjani. Saya tulis dalam perjalanan sekitar 4 hari. Ohya sebetulnya dari Rinjani kamu bisa sekalian ke Sumbawa berhubung hanya perlu menyebrang Selat Alas sekitar 2 jam menggunakan kapal. Next di ulasan blog selanjutnya ya 🙂

DAY 1 (Sabtu, 9 Mei 2015)    

03.00     04.00                     Debi house – Bandara, Taxi Rp. 200.000  @ Rp 50.000 per orang (kami ber-4) berhubung kalau naik Bus Damri sama terhitungnya per orang, jadi kita ber-4 naik taxi dan jemput di titik-titik satu jalur menuju bandara. Terhitung lebih hemat tenaga dan waktu.

04.00                                    Check in, Soekarno – Hatta Rp. 40.000  Tax Bandara @40.000

05.00                                    Take off, Bandara Soekarno Hatta

08.00                                    Landing at Lombok, Praya Airport

08.00     08.40                    Antri Bagasi dan out from Praya Airport

08.50     10.00                    Perjalanan melengkapi perbekalan, Rental mobil Rp. 550.000, @ Rp. 137.500

10.00     10.30                    Belanja Perbekalan, beli makanan dan minuman

10.30     11.30                     Perjalanan menuju Gerbang Sembalun

11.30     12.30                     Pendaftaran, ISOMA @Rp. 25.000 per orang

12.30                                    Berangkat (Dari Sembalun, ketinggian 1156 mdpl)

12.30     15.30                     Sembalun menuju POS 1 (Pos Pemantauan) savana mendaki, menurun, menyeberangi sungai kecil. Perjalanan perlu 3 jam, ini buat pemanasan sebelum besoknya hari ke-2 akan menempuh lebih dari 5 jam perjalanan melewati 9 bukit.

15.30     16.00                     Istirahat sekitar 30 menit di POS 1 (1300 mdpl) tidak ada sumber air.

16.00     17.30     90           POS 1 menuju POS 2 (Pos Tangengean) dengan trek savana mendaki, menurun, menyeberangi sungai kecil, bekas aliran lahar, dilalui sekitar 1,5 jam perjalanan.

17.30                                     Istirahat POS 2 (1500 mdpl), Camp. Disini ada sumber mata air tapi tak terlalu banyak.

IMG_6011.JPG
Cuaca menjelang sore, disaat itu hampir sampai Pos 2 untuk mendirikan tenda. Ini adalah hadiah pemandangan langit dan rumputnya.

DAY 2 (Minggu, 10 Mei 2015)  

05.00     08.00                    Bangun pagi, sholat, foto-foto, sarapan, persiapan berangkat.

08.00     11.00                    Perjalanan menuju POS 3, sekitar 2,5 jam menemui jalan persimpangan, Bukit Penyesalam di sebelah kanan & Bukin Penderitaan di sebelah kiri.

11.00     11.30                     Istirahat POS 3 (2000 mdpl) istirahat sekitar 30 menit dan mengambil persediaan air.

11.30     13.30                     Perjalanan sejauh 2 jam menuju Plawangan Sembalun (sesi 1) tanjakan bukit 9, dibutuhkan daya tahan tubuh dan mental yang prima, jarak jauh.

13.30     14.30                     ISOMA, sekitar 1 jam

14.30     16.30                     Perjalanan 2 jam menuju Plawangan Sembalun (sesi 2) melewati tanjakan bukit 9, dibutuhkan daya tahan tubuh dan mental yang prima, jarak jauh.

16.30                                     Tiba di Plawangan Sembalun, Disini kita nge-camp (2639 mdpl) melihat puncak sembalun, segara anak, area datar cukup luas, sumber air, toilet, ada banyak monyet, hati-hati karena monyet sering merebut makanan.

16.30     19.00     180         Foto-foto, mendirikan tenda, persiapan dinner, istirahat sambil menunggu sunset.

19.00                                     Tidur, tapi kenyataannya masih beres-beres hingga jam 9 malam.

IMG_6158
Belum sampai puncak nih, tapi keburu mataharinya mulai muncul. Bagus banget dan terasa dingin hangat di atas sana dengan angin berhembus menampar-nampar saja juga.

DAY 3 (Senin, 11 Mei 2015)  

00.30     01.00                    Bangun dini hari, persiapan summit sekitar 30 menit

01.00     05.00                    Perjalanan menuju puncak, sekitar 4 jam

05.00     07.00                    Enjoy summit sekitar 2 jam

07.00     10.00                    Puncak kembali ke camp di Plawangan Sembalun, sekitar 4 jam

10.00     13.00                     ISOMA

13.00     15.00                     Plawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak (sesi 1)

15.00     15.30                     Istirahat, sekitar 30 menit.

15.30     17.30                     Plawangan Sembalun menuju Segara Anak (sesi 2)

17.30                                     Segara anak, nge-camp, bersih-bersih, dinner 

IMG_6302
Di dekat Danau Segara Anak, ada yang lagi mancing. Kalau kami nggak sempat karena harus melanjutkan perjalan pulang menuju Plawangan Senaru.

DAY 4 (Selasa, 12 Mei 2015)

05.00     10.00                     Bangun pagi, sholat, foto-foto, sarapan, persiapan berangkat

10.00     17.00                     Segara Anak – Plawangan Senaru. Trek melewati hutan, padang edelweis, jalan kecil berbatuan terjal, jurang.

17.00      02.00                    Kami masih berusaha untuk sampai di Pos 3 setelah sampai Plawangan Senaru, tapi memaksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan, berhubung ada dua tim lain yang bisa bareng. Melewati malam gelap, ketemu kuntilanak, tapi akhirnya sampai jam 02.00 di Gerbang Senaru… Huffttt hufff.

Kami nggak menginap di guest house, bahkan juga nggak nenda, karena bareng teman-teman yang berjumlah sekitar 15 orang tidur di semacam balai bambu terbuka. Hemat kan, hehe sudah nggak punya tenaga juga buat diriin tenda. Beruntung juga di depan balai bambu ada warung, jadi pagi-pagi udah ada pisang goreng aja sama cemilan, nggak perlu masak.

Berapa sih biaya untuk ke Rinjani?

Kalau ini agak sulit dikalkulasi, soalnya saya sekaligus mengunjungi Pulau Sumbawa, termasuk Kenawa dan Moyo. Kalau total dengan tiket pesawat sekitar Rp. 5 juta. Tapi kalau hanya niat ke Rinjani aja bisa diperkirakan biayanya bisa cukup dengan budget Rp. 3,5 juta.

Tergantung apakah naik pesawat seperti saya yang PP dengan Lion dan Batik Air termasuk airport tax Rp. 1,8 juta. Tentunya biayanya akan lebih murah kalau naik kereta, tapi konsekuensinya harus meluangkan waktu cuti lebih banyak, jadi kurang efektif dan lebih lelah berhubung mendaki gunung perlu stamina saya sarankan agar naik pesawat saja.

Ini diluar dari biaya beli peralatan gunung loh ya. Karena peralatan gunung macam senter, sarung tangan dingin, jaket kadang harus beli lagi kan bagi yang belum punya.

_DSC5574.JPG
Temen barengan pas turun, hahaha gila sih ini malem-malem nggak tidur, ketemu kuntilanak, terus sedingin itu tapi tidur di balai bambu terbuka.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s