Traveling

Berkirim Postcard, Souvenir Kala Traveling

IMG_0712-0.PNG

Postcard dan hobi traveling berkorelasi positif ketika di zaman sekarang ini, generasi kita rindu sama yang namanya berkirim-kirim benda pos. Entah itu surat, kartu ucapan, dan postcard yang ada gambarnya. Kan seru!

Di antara kita pasti sudah jarang kan yang pergi ke kantor pos kalau cuma untuk kirim surat?. . padahal dulu zaman SD saya suka banget nulis surat dengan sepupu yang tinggal di daerah ataupun kenalan teman di luar kota. Bahkan saya nggak cuma punya satu atau dua sahabat pena.

Bisa dikatakan, anak-anak yang lahir di era setelah teknologi sudah maju seperti sekarang, nggak pernah merasakan gimana deg-deg an dan antusiasnya ketika dapat kiriman surat dari teman. Yey selamat, kamu yang masih sempat tau rasanya nerima kiriman pos di rumah. . . 😀

Seperti sebuah masa yang kembali lagi, ketika berada di dunia yang penuh kecanggihan komunikasi lalu saya menemukan lagi perasaan yang sama deg-deg an dan antusiasnya menerima kiriman dari pak pos. Ya, bukan surat sih, tapi postcard. Terus terang ini saya alami lagi saat berada dalam komunitas traveler, baik melalui social media dan temanan secara nyata.

IMG_0716.JPG

Sekedar say hello aja touch down di suatu negara. Postcard juga jadi cara paling berkesan untuk ngasih oleh-oleh ke temen yang samaan hobinya, “melancong”…. ZzzZzzzzzz

Pernah beberapa kali gagal ngirim postcard, karena nggak punya kenalan orang lokal yang mau nganter atau nunjukin lokasi kantor pos. Memang, penuh perjuangan banget lah buat ngirim postcard di negara orang, kan kita bukan orang sana. Itu dia tantangannya dan asiknya….

So, how?

1. Pastiin kita sudah beli postcard nya dulu pas ketemu toko yang jual jangan nunggu beli di kantor pos. Karena belum tentu ada, ini kejadian sama saya waktu di kantor pos di sebuah Mall di Orchard. Postcard yang udah dibeli ketinggal di apartemen temen plus alamat temen yang mau dikirimin.

IMG_0731.JPG

2. Kita harus cari tahu lokasi kantor pos lewat orang lokal. Orang lokal bisa berarti kenalan baru, teman, atau driver taksi, tuk-tuk. Saya pernah pakai petunjuk peta tapi nggak juga ketemu.

3. Rata-rata harga postcard murah kok kalau di rupiahkan Rp.5000 per satuan dan kamu bisa bayar lebih murah kalau beli banyak. Asal jangan beli di bandara aja.

4. Siapin uang perangko, ada minimal tertentu misalnya tidak kurang dari 25.000 Dhong untuk negara Asia, lokasi negara nentuin banget.

5. Siapin alamat teman yang ingin dituju. Ini penting, sayang banget kalau udah sampai kantor pos tapi alamatnya nggak tahu atau kertas catatannya ketinggalan.

6. Pilih gambar atau foto menarik dari negara tersebut. Ini loh yang buat postcard lucu dan seru, sekalian juga prangkonya pilih yang unik.

7. Bagi saya memberi postcard ke teman sebagai souvenir bikin teman kita terinspirasi juga untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s