The Journey · Traveling · Vietnam - Asia Tenggara

Dimana Pho Halal? Sluuuurppppp, Kulineran HCMC – Vietnam

Vietnam terkenal dengan kuliner mi kuah yang mereka sebut Pho. Penampilan mie Pho, mirip mie bakso (tanpa bakso), waduuu… bisa-bisa diomelin sama orang sana nyama-nyamain Pho dengan Bakso. Pho ini banyak banget tambahan daun-daunan, mie bihun putih tipis yang lembut itu… dicampur dengan kuah dan irisan daging diatasnya. Rasanya ajaib, kamu harus coba. slurrrrrrp

Ah,….. ke Vietnam tapi belum pernah coba Pho pasti rugi rasanya. Daun ajaib, basil yang bikin rasanya juga asing di mulut gue karena memang belum pernah coba. slurrrrrp, slurrrppp.

Gambar
Penampakan Beef Pho yang bagi gue halal karena dimasak di panci berbeda

Bagi muslim seperti saya, daging pork atau bacon alias pig yang seringkali jadi bahan baku Pho juga kuah Pho jelas nggak bisa dimakan. Ampun Tuhan, lebih cinta mana, makan atau pencipta makanan?? tapi….tapi ternyata ada Pho halal, dimasak beda panci dengan Beef Pho atau Chicken Pho dan Pork Pho. Temen traveling bareng saya, @akichi2212 ketemu kedai Pho halal di deket Backpacker 2 Hostel, tempat kita menginap. Warungnya sampingan juga sama Hoa Sen University di sekitaran Jalan Le Lai, 500 meter dari Ben Thanh Market. Saya nggak bisa bilang ini 100% halal karena mereka memang nggak mencantumkan label halal, tapi ya paling nggak si penjual memakai panci berbeda untuk memasaknya.

By the way ini kita lagi ngomongin Pho halal yang di Vietnam lho ya, bukan restoran Pho 24 yang juga ada di Indonesia. Menurut saya sih, pasti beda Pho lokal sama Pho yang tersebar di banyak negara. Pho halal lainnya, kamu bisa temukan di sekitar pasar malam Ben Thanh Market. Melipir sedikit ke arah gang besar dekat warung yang sederetannya juga bisa ditemui makanan asal Jiran.

Kedai-kedai yang menjual nasi lemak dan teh tarik, tapi mungkin karena penjualnya orang Malaysia, rasa Pho- nya kurang sedap, kurang ajaib dari yang saya coba di deket Hostel Backpacker 2. Harganya juga lebih mahal sekitar 45.000-an dhong Vietnam sementara Pho pertama yang saya coba cuma 35.000 dhong Vietnam. Murah, lumayan buat pengisi perut kosong meski tanpa nasi.

Mari kita samakan dulu konsep soal makanan halal. Penting nih buat muslim, haiiii sesama muslim yuk perhatikan makanan kita. Suatu ketika waktu tahun lalu traveling ke Phuket Thailand saya kecolongan makan makanan yang kena minyak babi. Street food yang menggoda dan menurut saya halal karena merasa membeli ayam bukan pork atau nama lainnya bacon, atau pig itu. Tapi perhatiin lagi deh, tempat memanggang makanan di street food, kan satu panggangan. Kenalah unsur tidak halal disana, meski yang saya makan bukan babi. Pelajaran nih, pantes aja agak mual.

Gambar
irisan cabai dan jeruk nipis yang buat tambah sedap

Jadi akhirnya setelah itu gue cari tahu konsep makanan halal itu apa aja?

1. Jangan digoreng dengan minyak, panggangan, atau panci yang sama dengan pork

2. Tempat makan sampai garpu sendok juga nggak boleh sama

3. Jadi bukan soal kita makan pork atau nggak

Cuma buat lebih yakinnya carilah tempat makan yang punya sertifikat halal, itu kalau di Singapura susah banget tapi ada. Dulu waktu liputan di Singapura, public relation yang mengurus wartawan bilang gitu. So, trik-nya lihat tempat masaknya apakah dimasak bersamaan? *agak susah ini*

Kadang buat cari aman saat traveling ke negara aneh saya lebih milih makan buah aja, sarapan pisang atau makan roti aja. Makan buah atau jenis makanan yang kira-kira tanpa pork seperti kembang tahu atau pilih sea food.

 

Leave a Reply

