Cambodia - Asia Tenggara · The Journey · Traveling

Looking For Sunrise in Cambodia

Behind the temples of Angkor Wat, Cambodia. Behind the sky and clouds. When the sky spitting red streaks. Exotic beauty of Cambodia in Siem Riep, it’s about 6 hours drive from Phenom Penh. Traveling by plane for nearly 3 hours and one transit at Changi Airport. This is the view I get, a red tinge when the sun rises.

Reflection of light from the lake around Angkor Wat. And entered the temple area is rising as the sun rises in the surface. So beautiful experience, can’t forget the moment 🙂

DSCN0037

Sebelum subuh, aku sudah terbangun. Tidur yang sangat nyenyak sekali saat itu, ketika semalam sebelumnya cukup lelah dengan perjalanan dari Phenom Penh menuju Siem Riep. Sekitar 5 jam menggunakan Mini Van, bertarif 15 USD didalam Van hanya ada aku yang warga negara Indonesia, sementara yang lainnya adalah asli penduduk lokal.

Tak ada pilihan lain untuk menaiki bus malam yang lebih murah sekitar 12 USD, karena saat landing di Phenom Penh ketika sore hari sungguh bukan waktu yang baik untuk berjalan-jalan di kota asing yang belum pernah kamu kunjungi, apalagi saat itu tak ada alasan untuk menunggu.

Ketiga teman yang berencana traveling bersama, sudah mengabari untuk memberi tahu ketika sampai di Siem Riep. Sebuah kota lain berkilo-kilo meter jauhnya tempat kompleks Angkor Wat berada. Beruntungnya, salah satu teman sempat berkenalan dengan supir tuk-tuk baik hati, yang katanya jujur. Safy namanya, kamu bisa mencari dia di Facebook dengan nama Safy Angkor Wat.

DSCN0046
Sukaaaa, nada langit yang seperti ini berkesan romantis

Safy yang mengantar kami berkeliling Angkor Wat dan Candi Bayon, serta seputaran Siem Riep. Membawa saya mengunjungi kantor pos, rumah makan khusus muslim, dan shuttle bus untuk kembali ke Phenom Penh keesokan harinya.

Mengunjungi negara yang lebih kecil dengan perekonomian di bawah Indonesia, memang terkesan biasa-biasa saja? tapi menurutku tidak. Karena bahkan Indonesia yang memiliki Candi Borobudur super megah pun masih harus belajar dari Kamboja untuk mengemas pariwisatanya. Kompleks Angkor Wat yang sangat besar ini, untuk memasukinya tiap turis harus membeli tiket seharga 20 USD untuk satu hari.

Tak banyak kendaraan yang bisa masuk, hanya tuk-tuk yang bisa disewa untuk mengantarkan para pelancong mengunjungi kompleks candi. Tuk-tuk biasa disewa selama sehari dengan tarif sekitar 15-20 USD. Menurutku ini cukup rasional, dengan kondisi perjalanan yang sangat jauh tuk-tuk jadi alat transportasi nyaman dan cukup mura bila kamu pergi bersama beberapa teman. Namun untuk yang backpacker sendirian, rasanya harus mencari partner dadakan, karena akan terasa sangat mahal biaya hidup dan transportasi disini.

Mata uang Dollar lebih mendominasi dibanding mata uang lokal setempat. Baru ketika membayar air mineral yang harganya dibawah satu dolar, kita akan diberi kembalian uang lokal Kamboja. Satu Dollar hampir setara dengan 4000 mata uang lokal mereka. Untuk makan, sebenarnya masih cukup terjangkau, karena kisaran harga untuk satu porsi menu rata-rata 2-5 Dollar USD.

Gambar

 

Sehari saja cukup untuk secara garis besar mengunjungi Angkor Wat. Walaupun mengang kompleks candi ini amat besar dan luas. Permukaan candi relatif sudah banyak goresan maupun usang dimakan waktu, tapi karena itu Angkor Wat dan Bayon misalnya terlihat sangat asli.

Sejak awal memasuki kompleks ini hawa udara pagi sudah terasa, semburat merah matahari terbit yang masih terhalangi awan pun menyiratkan nada tersendiri. pemandangan eksotis dan indah di sebua kota asing. Mungkin juga karena ini para turis yang kebanyakan bule sangat suka, mereka ratusan jumlahnya sudah berkumpul di depan danau tepat menghadap Angkor Wat sejak pukul 5 pagi. Sementara matahari di Siem Riep baru benar-benar naik sekitar pukul 6.30.

unnamed (15)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s